Dont be Captious
Foto Caving dalam Goa (secrets.com)

Saat Berwisata ke Goa Eksotik, Lakukan Trik Ini Agar Foto Caving Kamu Menarik

Baru-baru ini sedang hits wisata goa yang foto-fotonya bermunculan di berbagai sosial media. Ada banyak goa kekinian yang bisa kamu kunjungi di Indonesia seperti Goa Jomblang, Goa Pindul, Goa Suci, Goa Terawang, dan masih banyak lagi. Banyaknya anak muda yang melakukan wisata goa tak hanya karena ingin menantang adrenalin, juga karena ingin mengeksplore keindahan dalam goa melalui caving. Caving ini merupakan salah satu bentuk kegiatan menyusuri goa. Sebagai anak muda kekinian, tentunya ketika sedang caving, kamu ingin mengabadikannya dalam jepretan foto. Sayangnya saat kamu berfoto di dalam goa, hasil foto yang dihasilkan biasanya tak seindah hasil foto wisata alam lainnya karena ada banyak kendala yang akan kamu temukan saat berfoto dalam goa, mulai dari hasil yang buram, cahaya yang tidak bagus, dan lain sebagainya. Untuk itu, JadiBerita akan memberikan lima cara jitu yang bisa kamu coba agar hasil foto cavingmu terlihat keren. Simak baik-baik ya JB’ers!

1. Cari Sumber Cahaya Alami

Cahaya Alami di Goa Jomblang (www.xtremespots.com)

Cahaya alami yang didapat dari matahari adalah cahaya terbaik yang dibutuhkan agar hasil foto bisa tampil baik. Tapi jika kamu sedang caving di dalam goa, bisakah menemukan sumber cahaya dari matahari? Bisa saja kok JB’ers, biasanya sumber cahaya matahari ini bisa kamu temukan di bagian ujung atau mulut goa. Tapi tak menutup kemungkinan di dalam goa juga ada cahaya matahari tersebut seperti yang ada pada Goa Jomblang di Yogyakarta. Cahaya matahari yang masuk di celah-celah goa sering disebut dengan cahaya dari surga karena tampilannya yang sangat cantik.

2. Permukaan Goa yang Tak Rata Membuatmu Butuh Tripod

Menggunakan Tripod untuk Foto Dalam Goa (www.palljokull.net)

Karena permukaan di dalam goa tidak rata dan agak licin, sebaiknya kamu menggunakan tripod agar kamu terhindar dari jatuh atau terpeleset saat sedang memotret. Tripod memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan dan fokus saat mengambil gambar. Saat meletakkan kamera di tripod, jangan lupa untuk meletakkan handuk di atas kamera karena terkadang ada tetesan air yang menetes dari atas dinding goa. Lebih bagus lagi jika kameramu sudah dilengkapi pelindung kamera anti air.

3. Manfaatkan Headlamp untuk Menambah Cahaya

Menggunakan Headlamp (riarich.files.wordpress.com)

Memotret di dalam goa memang tidak butuh pencahayaan ekstra karena kondisi goa yang minim penerangan. Kamu bisa saja menggunakan flash dalam kameramu, tapi tentu saja hasilnya tidak akan terlalu bagus karena cahaya terlalu dekat dengan lensa kamera. Saat caving di dalam goa, biasanya kamu akan dibekali dengan helm untuk menjaga keselamatan. Pilihlah helm yang memiliki lampu agar nanti kamu bisa bebas mengambil gambar dengan tambahan cahaya yang lebih terang dan tahan lama.

4. Menggunakan Self Timer untuk Kurangi Getaran

Gunakan Self Shutter Saat Foto Dalam Goa (Pinterest.com)

Pasti di antara kamu ada yang bertanya-tanya, kenapa hasil foto di dalam goa kebanyakan terlihat buram. Itu karena tangan yang memotret bergetar. Suasana di dalam goa tentunya berbeda dengan suasana di luar. Selain gelap, dingin, kamu berjalan melalui jalanan berbatu yang tidak rata sehingga kondisi fisik bisa cepat lelah. Saat memotret, tanpa kamu sadari tanganmu agak bergetar sehingga hasil foto tidak fokus. Selain tripod, gunakan juga self timer atau kabel remote shutter release agar membantu hasil foto jadi kece. Dengan self timer, kamu juga bisa ikut berfoto ramai-ramai dengan temanmu.

5. Pilih Format RAW Dibanding JPEG

Foto dengan Format RAW (ngenespanol.com)

Jika biasanya kamu menggunakan format JPEG pada hasil fotomu, cobalah untuk menggantinya menjadi format RAW karena format RAW ini memiliki banyak keunggulan, baik itu dari segi kualitas hingga bisa diedit dengan banyak pilihan. Tak hanya kamera DSLR, tapi juga kamera ponsel juga bisa menggunakan format RAW untuk menyimpan hasil foto. Kamu bisa mendownload aplikasi kamera yang mendukung format RAW di ponsel seperti Camera FV-5, A Better Camera, Mi2raw Camera, Manual Camera, dan masih banyak lagi. Tampilan kamera dari aplikasi tersebut mirip dengan kamera DSLR sehingga kamu memiliki opsi pengaturan yang lebih banyak. Berhubung format RAW ini membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, jadi bekali kameramu dengan memori eksternal yang besar ya JB’ers!

Sekarang kamu sudah tahu khan bagaimana caranya menghasilkan foto yang kece meski berada di dalam goa. Selamat mencoba JB’ers!

(rei)

Apa Komentarmu
Loading...