Dont be Captious
Malioboro (Onyahmelancong.blogspot.co.id)

Ikuti Tips Ini untuk Liburan ke Jogja dengan Budget di Bawah Rp 1 Juta

Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata favorit para kaula muda selain Bali dan Lombok. Meski sudah pernah datang ke Yogyakarta, tapi selalu saja ada keinginan untuk datang lagi ke kota pelajar ini. Entah itu untuk bernostalgia atau mencoba tempat-tempat wisata baru. Suasana kota Yogyakarta memang membuat kita selalu kangen. Coba saja kamu bayangkan hiruk pikuk di jalanan Malioboro, berburu batik, makan di angkringan, semua hal tersebut pasti tak akan bosan kamu lakukan jika liburan lagi ke Yogyakarta. Meski masih berada di kawasan Jawa Tengah, tapi tetap saja untuk berlibur ke Yogyakarta ini kamu harus mengeluarkan kocek yang lumayan. Rata-rata perjalanan liburan ke kota ini membutuhkan biaya minimal 1 juta. Tapi tenang saja JB’ers, ternyata kamu juga bisa kok berlibur ke Yogyakarta dengan budget di bawah 1 juta. Mari kita lihat tipsnya dari JadiBerita!

 

1. Pilih Transportasi yang Tepat

Kereta Gaya Baru Malam Selatan (kumpulanhottheadskaskus.blogspot.co.id)

Transportasi yang kamu bisa pilih dengan harga murah adalah kereta api. Cari hari keberangkatan weekdays, pilihan hari yang bisa kamu pilih adalah selasa, rabu, dan kamis agar harganya bisa lebih murah. Cari kereta api yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen karena ada banyak pilihan kereta ekonomi. Tenang saja JBers, sekarang kereta ekonomi sudah nyaman kok. Tak perlu takut kepanasan karena kereta ekonomi sudah dilengkap AC. Pedagang asongan juga tak boleh masuk sembarangan ke dalam gerbong kereta seperti jaman dulu. Proses pemesanan tiketnya bisa kamu lakukan secara online. Pilih kereta Bengawan dari Pasar Senen dengan tujuan Stasiun Lempuyang Yogyarakarta dengan harga Rp 74.000. Jika tak kedapatan kereta Bengawan, kamu bisa pilih kereta Gaya Baru Malam Selatan dengan tujuan yang sama dengan harga Rp 104.000.

 

2. Cari Penginapan Homestay

Deep Purple Homestay (@nurul_ndud)

Memilih penginapan homestay bagi backpacker dinilai jauh lebih murah dibanding menginap di hotel. Harga homestay mematok harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per malamnya. Fasilitas homestay yang ditawarkan tak kalah bagus kok dengan fasilitas di hotel. Ada AC, TV, serta wifi yang bisa kamu manfaatkan. Pilih homestay yang lokasinya dekat Malioboro atau Halte Trans Jogja. Pilihan homestaynya ada Deep Purple yang berada di Gedongkiwo MJ 1/784. Lokasinya hanya 1,5 km dari  Alun-alun Kidul dan 600 meter dari Halte Trans Jogja. Harga yang ditawarkan Deep Purple ini hanya Rp 50.000 saja per malam. Jika Deep Purple penuh, kamu bisa memilih Pondok 71 dengan harga menginap Rp 60.000 per malam. Pondok 71 ini berada di Jalan MT Haryono, Pugeran-MJ2 71.

 

3. Menyewa Motor untuk Berkeliling

Naik Motor Keliling Yogyakarta (aclasstrip.com)

Di Yogyakarta memang sudah ada Trans Jogja yang mirip dengan busway Jakarta, tapi jam operasionalnya tentu terbatas dan tidak bisa membawa kamu ke tempat wisata tertentu. Salah satu cara cerdik untuk bisa berkeliling di Yogyakarta adalah dengan menyewa motor. Untuk menyewa motor di Yogyakarta, kamu bisa mendatangi Rental Motor Fortuna yang ada di Jalan Pugeran Timur 22 Yogyakarta. Di sini kamu bisa menyewa motor manual dengan harga Rp 50.000 dan motor matic dengan harga Rp 75.000 per harinya. Persyaratannya tentu saja kamu memiliki SIM dan menyerahkan KTP asli sebagai jaminan. Tak bisa naik motor? Tenang saja JB’ers karena sekarang sudah ada jasa partner trip yang menawarkan peminjaman motor+pengemudi+BBM dengan harga Rp 150.000 saja. Kamu bisa cek website resminya di sini!

 

4. Santap Kuliner Kaki Lima Murah Tapi Enak

Makan Murah di Pasar Bringharjo (@riafinola)

Siapa bilang kulineran enak harus di restoran mahal? Jangan lupa kalau Yogyakarta terkenal dengan kuliner angkringan yang murah meriah. Untuk sarapan, kamu bisa pergi ke pasar tradisional Kota Gede atau pasar Bringharjo untuk mencicip kuliner serta jajanan lokal dengan harga di bawah Rp 10.000. Untuk makan siang, kamu bisa makan soto unik dengan batok kelapa di Saoto Bathok Mbah Katro yang ada di Jalan Candi Sambisari. Harga yang ditawarkan hanya Rp 5.000 saja. Sementara untuk makan malam, ada banyak pilihan yang bisa kamu coba seperti Sate Klatak Pak Bari di Pasar Jejeran Wonokromo dengan harga Rp 20.000 saja per porsinya. Setelah makan malam, jangan lupa untuk mampir untuk mencoba kopi arang fenomenal di Kopi Joss Lik Man yang ada di Jalan Wongsodirjan dengan harga hanya Rp 5.000 saja.

 

5. Pergi ke Tempat Wisata yang Ramah Budget

Wisata Gratis di Pinus Pengger Jogja (@abdrohim27)

Terakhir adalah tips untuk memilih tempat wisata yang ramah budget tapi memiliki penampilan kece yang instagramable. Ada banyak sekali wisata di Yogyakarta dengan harga tiket sekitar Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, bahkan ada juga wisata yang gratis dan hanya mengenakan biaya parkir kendaraan. Pilihan tempat wisata gratis yang bisa kamu pilih adalah Tebing Breksi, Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan, Pinus Pengger, serta Air Terjun Lepo. Sementara untuk tempat wisata dengan HTM Rp 5.000 ada Pintu Langit di Bukit Dahromono, Goa Kalisuci, Kalibiru, Kaliurang, Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, Pemandian Tirta Budi, dan masih banyak lagi.

Bagaimana JB’ers? Dengan budget kurang dari 1 juta, kamu sudah bisa menikmati liburan ala backpacker selama dua hari satu malam di Yogyakarta dengan puas. Yuk, langsung agendakan liburanmu ke Yogyakarta secepatnya!

(rei)

Apa Komentarmu
Loading...