Ingin Jadi Hebat Bicara di Depan Umum, Hal Ini Wajib Banget Dipraktikkan


Tersenyum saat Melakukan Presentasi (wooster.edu)

Di dunia kerja saat ini, tidak mungkin ada pekerjaan yang tidak menuntut kita untuk berkomunikasi, baik secara personal communication ataupun mass communication. Namun juga tidak jarang masih banyak orang yang grogi, walaupun hanya berbicara pada klien, rekan kerja, ataupun pelanggannya. Apalagi jika disuruh presentasi, bisa-bisa keringet dingin duluan.

Selain di dunia kerja, berbicara di depan umum pasti akan selalu dilakukan oleh mahasiswa, namun terkadang masih ditemukan banyak cara yang salah. Namun kira-kira, apa yang membuat Steve Harvey, Ellen Degeneres, Oprah Winfrey hinggan Komika Pandji bisa menaklukkan audience dengan bicaranya dan berakhir dengan tepuk tangan meriah? Caranya hanya dengan 5 P’s!

 

1. Pelajari

Jadi Rajin Belajar (shutterstock.com)

Cara pertama ini mutlak harus kamu lakukan yaitu pelajari materimu dan pahami tujuan bicara kamu. Mempelajari materimu, tentu akan membuatmu lebih percaya diri dalam menyampaikan pesan namun tanpa mengetahui tujuan bicaramu, it will sound empty. Mengetahui tujuanmu berbicara akan membantumu untuk menentukan kata yang akan digunakan dan penyampaian seperti apa yang baik untuk dilakukan. Percaya deh, hal ini krusial! Tapi jika kamu sudah lakukan dengan baik, kamu pasti mulus dalam proses berbicara nanti.

 

2. Pada Siapa?

Seminar (ronneb.com)

Cara berbicara pada orangtua dan remaja tentu saja berbeda. Maka dari itu, mengetahui siapa yang akan menjadi pendengarmu itu akan memudahkanmu untuk membuat materi. Bahkan tak jarang, dengan mengetahui audiences-mu, bisa menentukan tingkat nervous kita loh! Cara ini bisa dilakukan dengan bertanya kepada panitia, mengamati audiences pada presentasi sebelumnya, atau mungkin sekadar berbincang sedikit dengan penonton sebelum memulai presentasi. Dijamin, deg-degan kamu berkurang.

 

3. Pahami

Ilustrasi menerangkan (Koreandramafashion)

Nah kalo poin kedua tadi adalah kenali audience, maka di poin ketiga ini justru kamu sempatkan diri untuk internalisasi. Maksud dari internalisasi di sini adalah bayangkan ketika kamu berbicara nanti. Bayangkan semua hal-hal baik yang akan kamu ucapkan, dan juga bayangkan situasi yang ingin kamu dapatkan. Namun, internalisasi ini harus dilengkapi dengan kamu yang memahami kelebihan dan kekurangan kamu. Jangan pernah berusaha untuk tampil sangat sempurna, karena hal itu justru bisa menjadi bumeran untuk kamu, tapi tampilah sebaik yang kamu bisa. Jangan memaksakan hal yang kamu tidak bisa, lebih baik tonjolkan kebiasaanmu.

 

4. Practice

Ilustrasi latihan berbicara di depan umum (Pixabay)

Nah, hal ini yang paling sering ditinggalkan. Practice makes perfect, so do it! Praktikkanlah apa yang telah kamu persiapkan dengan baik, lalu lengkapi dengan gestur tubuh yang sesuai. Berbicaralah di depan kaca atau ajaklah teman dan saudaramu untuk mendengarkan dan mintalah pendapat mereka. Tambahkan sedikit guyonan untuk menghidupkan suasana. Biasakan pandangan untuk menyapi rata dari kanan hingga kiri dan jangan standing still. Bergeraklah dengan normal, ini bisa mencairkan kegugupanmu ketika berbicara nanti.

 

5. Present

Ilustrasi presentasi (Pixabay)

Finally, the day has come! Mempelajari materi hingga berlatih sudah kamu lakukan, tahap terakhir yang harus kamu lakukan adalah present atau hadir. Bukan hanya fisik yang hadir, tapi pikiranmu harus sepenuhnya juga hadir. Buang jauh-jauh pikiran negatif, dan hadirlah untuk apa yang akan kamu lakukan. Yakin banget, pasti lancar presentasi kamu! Be present and start your presentation!

Nah itu dia tadi 5 P’s, nggak sulit kan JB’ers? Jadi, langsung aja dipraktikkan dari sekarang. Good luck! (rei)

“Communication work for those who work at it”

– John Powell


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak