Don't be Captious

Peduli Sosial, Ini 5 Artis Indonesia yang Jadi Duta PBB

Artis Indonesia (Fotojet)

Menjadi seorang artis, tentu segala kegiatannya bisa terpantau media. Di antara artis-artis itu, ada yang penuh dengan prestasi dan membanggakan. Bahkan, prestasinya itu bisa dibilang mendunia, hingga diakui oleh PBB dan akhirnya menjadi dutanya. Siapa saja artis Indonesia yang pernah ditunjuk jadi duta PBB?

1. Reza Rahadian

Reza Rahadian (WowKeren)

Aktor yang satu ini banyak membintangi film-film sukses Tanah Air, seperti “My Stupid Boss”, “Rudy Habibie”, hingga “Gerbang Neraka”. Aktor bertalenta ini kemudian ditunjuk sebagai Duta untuk United Nations Development Programme (UNDP) pada 2016 lalu. Reza berkampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai Sustainable Development Goals (SDG) di Indonesia. Salah satu proyek yang ia kampanyekan adalah Bring Water for Life, yang berlokasi di Sumba Timur. Proyek ini menargetkan penggalangan dana sebesar Rp 350 juta untuk membangun instalasi pompa air bertenaga surya.

2. Sherina Munaf

Sherina Munaf (Okezone)

Saat usianya masih sangat muda, yaitu 14 tahun, Sherina yang masih menjadi penyanyi cilik sudah menjadi utusan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF), lembaga PBB yang berfokus pada bantuan untuk anak-anak. Saat itu, ia mengkampanyekan program wajib belajar sembilan tahun dan mengajak masyarakat membuat akta kelahiran. Pelantun lagu “Pergilah Kau” ini juga menyumbangkan semua pendapatan dari hasil rekamannya pada saat itu kepada UNICEF.

3. Ferry Salim

Ferry Salim (Okezone)

Aktor yang pernah membintangi film “Ca Bau Kan” ini dinobatkan sebagai Duta Kehormatan Nasional untuk UNICEF. Ferry aktif berkampanye kepada orang tua mengenai pentingnya pendidikan dan kesehatan bagi anak. Ia menjual beraneka produk UNICEF seperti kertas surat, alat tulis, dan boneka, lalu hasil penjualannya disumbangkan bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkannya. Ayah tiga anak ini telah menjadi duta sejak September 2004 silam dan mengakui bahwa dirinya memiliki perhatian besar terhadap kondisi anak-anak.

4. Anggun C. Sasmi

Anggun C. Sasmi (Radiofrance)

Penyanyi asal Indonesia yang sudah go international ini pernah menjalani proyek internasional untuk memerangi kelaparan. Anggun berpartisipasi dalam upaya global untuk menawarkan bantuan bagi negara-negara dunia ketiga yang dilanda kemiskinan. Pelantun lagi “Snow in Sahara” ini turut bersuara di kegiatan sosial PBB, ia pernah ditunjuk sebagai Duta Pangan untuk Food and Agriculture Organization (FAO) pada tahun 2009.

5. Luna Maya

Luna Maya (Hargo)

Aktris dan juga presenter ini membantu PBB melalui Badan Pangan Dunia. Ia melaksanakan kegiatan-kegiatan sosial yang menangani kasus kelaparan di Indonesia. Luna pernah ditunjuk sebagai Duta Pangan untuk World Food Program (WFP). Luna mengelilingi beberapa titik di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat sekitar.

Keren-keren yah prestasi mereka berlima? Semoga saja bakal lebih banyak lagi artis Indonesia yang ditunjuk jadi duta oleh PBB. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...