Don't be Captious

5 Padang Rumput Terkeren di Indonesia, Bikin Liburan Kamu Serasa di New Zealand

Taman Nasional Alas Purwo (@tnalaspurwo)

Berwisata dengan mengunjungi padang rumput yang hijau tentunya bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa penat dan stres akibat padatnya aktivitas sehari-hari. Melihat pemandangan alam yang hijau serta menghirup udara yang sejuk di padang rumput pastinya membuat liburan kamu jadi lebih sehat. Saat mendengar kata padang rumput, kebanyakan orang langsung terbayang New Zealand yang terkenal akan padang rumputnya yang sangat hijau dan asri. Tapi JB’ers tak perlu pergi jauh-jauh ke New Zealand kok karena ternyata di Indonesia, kita juga punya padang rumput keren yang nggak kalah bagusnya dengan yang dimiliki New Zealand. Ingin tahu lokasinya ada di mana saja? Yuk, kita lihat!

 

1. Padang Rumput Cihideung

Padang Rumput Cihideung (elypra.blogspot.co.id)

Sudah banyak yang mengatakan kalau Padang Rumput Cihideung ini memang mirip dengan padang rumput yang ada di New Zealand. Lokasi Padang Rumput Cihideung berada di Jalan Cihideung, Parongpong, Lembang-Bandung. Awalnya padang rumput ini hanya berupa lahan kosong biasa, tapi kemudian mulai ditumbuhi oleh rumput-rumput hijau yang tumbuh subur hingga selutut orang dewasa. Kamu bisa mengunjungi padang rumput ini kapan saja dan tidak dikenakan biaya. Hanya saja, kamu harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola ya agar diizinkan masuk.

 

2. Padang Rumput Cikasur

Padang Rumput Cikasur (@amirxntr)

Padang Rumput Cikasur atau yang lebih dikenal dengan nama Padang Sabana Cikasur ini terletak di antara Gunung Argopuro atau Ginung Hyan dan Puncak Rengganis yang masuk dalam wilayah Purbalingga dan Situbondo, Jawa Timur. Ketika akan mendaki Gunung Argopuro, kamu pasti akan melewati padang rumput ini sehingga jangan heran kalau menemukan tenda-tenda para pendaki yang sedang beristirahat di sini. Padang Rumput Cikasur memang sangat luas dengan pemandangan pegunungan indah dan hawa yang sangat sejuk. Saat ke sini, jangan lupa untuk mampir ke Danau Sitanjung yang bisa menjadi latar background foto wisata alam instagramable kamu.

 

3. Padang Rumput Tegal Panjang

Padang Rumput Tegal Panjang (astacala.org)

Melintasi Padang Rumput Tegal Panjang akan mengingatkan kamu tentang desa di mana para Hobbit tinggal. Padang rumput ini memang terlihat sangat indah karena dikelilingi pohon-pohon serta aneka rerumputan yang beraneka jenis dan warna. Ketika musim kemarau tiba, kamu bisa menemukan abu sisa pembakaran di beberapa titik. Tenang saja JB’ers, hal ini dilakukan secara legal oleh warga setempat kok karena jika tidak dibakar, rumput yang meninggi bisa berbahaya bagi orang yang melintas. Padang Rumput Tegal Panjang terletak di Papandayan, Garut-Jawa Barat.

 

4. Padang Rumput Merbabu

Padang Rumput Merbabu (@yunias.robby)

Padang rumput yang satu ini bisa kamu lewati saat sedang mendaki Gunung Merbabu yang masuk kawasan Semarang-Boyolali-Magelang. Keindahan hamparan padang rumput hijau di jalur pendakian ini memang tak hanya dibilang mirip dengan padang rumput New Zealand, tapi juga dibilang mirip dengan bukit teletubbies karena pemandangan bukit-bukit hijau yang ada di dekatnya. Ada banyak rumput ilalang serta pohon-pohon kecil yang bisa membuat suasana hati kamu jadi lebih teduh saat sedang melewati Padang Rumput Merbabu ini.

 

5. Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo (@noerazhka)

Terakhir ada padang rumput hijau yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo. Kamu tak hanya bisa memandang hijaunya padang rumput yang menyatu dengan birunya langit, tapi kamu juga bisa melihat aneka satwa liar yang dilindungi dari kejauhan menggunakan teropong dari balik pagar pembatas atau dari atas gardu pandang. Taman Nasional Alas Purwo yang berlokasi di Tegaldlimo-Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi-Jawa Timur ini hanya bisa kamu datangi saat weekdays saja mulai dari jam 07.30 hingga 16.00 dengan membayar tiket masuk seharga Rp 15.000 untuk wisatawan lokal.

Kira-kira di antara kelima padang rumput di atas, mana yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu nih JB’ers?

(rei)

 

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...