Don't be Captious

Nggak Semuanya Harus Bayar di Ibu Kota, Ini 5 Destinasi Wisata Gratis di Jakarta

Taman Suropati (Angkutkoper)

Banyak orang bilang, jika hidup di Jakarta, maka segala sesuatunya harus bayar, terutama jika ingin berwisata. Ternyata, tak semua tempat wisata di Jakarta harus bayar untuk bisa masuk. Kamu masih bisa mencari destinasi gratisan di ibukota. Tidak cuma murah, destinasi ini juga tidak kalah cantik dengan yang berbayar. Di mana saja? Berikut tempat-tempatnya yang bisa JB’ers kunjungi.

1. Taman kota

Taman Menteng (Ulinulin)

Dikenal sebagai kawasan penuh gedung bertingkat, Jakarta Pusat rupanya memiliki taman-taman kota yang menyuguhkan udara bersih lengkap dengan pepohonan rindang dan pastinya bebas dikunjungi kapan saja. Taman tersebut yaitu, Taman Menteng di Jl. HOS Cokroaminoto, Taman Amir Hamzah di Jl. Matraman Dalam II, Taman Situ Lembang di Jl. Lembang, dan Taman Suropati di Jl. Diponegoro. Keempat taman ini pun dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Lihat saja, di Taman Menteng ada lapangan basket, futsal, air mancur, dan wahana permainan anak. Lain lagi dengan Taman Situ Lembang, di sini pelancong bisa berjalan di atas jalur refleksi. Untuk Taman Menteng dan Taman Suropati, mau pagi atau pun malam selalu jadi tempat nongkrong anak-anak muda dan komunitas.

2. Pelataran Monas

Monas (Konsumenreview)

Monumen Nasional (Monas) di Jakarta Pusat, tentu sudah dikenal sebagai landmark Kota Jakarta. Siapapun yang berlibur ke Jakarta wajib datang ke sini. Enaknya, kamu tidak perlu membayar sepeser pun kalau hanya menikmati keindahan Monas dari pelatarannya. Pelataran Monas atau Taman Monas memang menjadi tempat asyik buat kamu berkumpul bersama teman atau keluarga. Di sekeliling area Monas banyak lahan berumput dengan pepohonan yang rindang. Biasanya, banyak traveler yang nongkrong, lari pagi atau sore, bermain sepeda, futsal, dan masih banyak lagi.

3. Kota Tua

Kota Tua (Tribunnews)

Untuk menikmati suasana Kota Tua, wisatawan bisa merasakan sepuas mungkin dengan gratis, tapi tidak untuk museum-museum yang ada di dalamnya. Memasuki area kawasan yang menjadi surga fotografi ini, traveler bisa melihat bangunan-bangunan tua dengan arsitektur bergaya Belanda. Serunya lagi traveler bisa mengelilingi Kota Tua dengan berjalan kaki. Kota Tua yang terletak di Jakarta Barat ini selalu ramai oleh wisatawan. Sejarah tentu jadi daya tarik utamanya.

4. Museum Art Mon Decor

Museum Art Mon Decor (Detik)

Belum banyak traveler yang tahu kalau museum keren Art Mon Decor bisa dimasuki secara gratis. Museum yang berada di Jl. Rajawali Selatan Raya No 3, Jakarta Pusat ini tidak seperti museum lain yang umumnya gelap dan menimbulkan kesan angker. Di dalam, kamu langsung melihat ada banyak koleksi lukisan terpampang di sana. Dekor dalam ruangan memang sengaja dibuat seperti galeri lukisan. Seluruh lantai yang mengisi gedung, diisi dengan karya seniman yang sudah kawakan. Uniknya, setiap 3 bulan sekali, museum akan mengganti temanya.

5. Taman Proklamator

Taman Proklamator (Tribunnews)

Jalan-jalan ke daerah Cikini, Jakarta Pusat, sempatkanlah mampir di Taman Proklamor. Dulunya di taman ini berdiri rumah milik Bung Karno. Nama jalannya pun berbeda, dulu bernama Jl. Pegangsaan Timur dan kini diubah menjadi Jl. Proklamasi. Taman ini terkenal dengan dua patung raksasa Sang Proklamator Bangsa, Sukarno dan Hatta yang berdiri tegak di tengah taman dengan lapangan luas di hadapannya. Di antara patungnya, terdapat ukiran teks proklamasi. Wisatawan dapat melihatnya dengan jelas.

Buat kamu yang ingin berwisata tanpa mengeluarkan biaya untuk masuk, bisa langsung ke tempat-tempat di atas. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...