Ini 5 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Agar Bisa Berjalan Lancar


Sidang skripsi (Papasemar)

Sidang ujian skripsi barangkali terdengar menyeramkan. Apalagi bagi mahasiswa semester akhir yang sebentar lagi akan mengalaminya. Mendengar kata sidang saja sudah membuat bergidik, apalagi membayangkan suasana dan wajah-wajah dosen penguji nanti. Namun sebenarnya sidang skripsi bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti. Agar bisa menghadapi sidang skripsi dengan lancar, JB’ers bisa lakukan 5 tips berikut ini.

1. Latihan presentasi di depan teman kamu

Ilustrasi presentasi (Wikimedia)

Tidak sedikit mahasiswa yang menganggap dosen penguji skripsi adalah sosok yang mengerikan dan membuat nyali mereka menciut. Salah satu trik yang bisa kita lakukan untuk melath mental kita adalah, coba untuk presentasikan makalah skripsi yang kamu buat di hadapan teman-teman. Anggaplah seolah-olah teman-temanmu adalah dosen yang mengujimu dengan pertanyaan-pertanyaan seputar makalah skripsi kamu nanti. Dengan begitu kamu sudah memiliki gambaran apa yang akan terjadi saat hari kamu sidang.

2. Mengenal karakter dosen penguji

Ilustrasi dosen penguji (Orewahikun)

Sebelum sidang, sangat membantu jika kamu mencari tahu terebih dahulu bagaimana karakter dosen-dosen yang akan mengujimu nanti. Kamu bisa bertanya kepada para senior tentang karakter dosen-dosen atau pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh dosen yang akan menguji nanti. Hal ini bisa membuat mentalmu lebih siap dalam menjalani sidang.

3. Datang lebih awal

Jam weker (Pixabay)

Datang 1 jam atau 30 menit lebih awal di hari sidang skripsi kamu sangat disarankan agar kamu dapat memberi waktu untuk dirimu sendiri dalam menenangkan diri sebelum mulai diberikan pertanyaan-pertanyaan saat sidang. Datang lebih awal juga bisa kamu gunakan untuk kembali mengecek berkas-berkas yang akan diuji nanti, kemudian kamu juga bisa memeriksa LCD atau proyektor bekerja dengan baik dan lain sebagainya.

4. Jujur dalam sidang

Sidang skripsi (UI)

Maksud jujur di sini adalah kamu menyampaikan isi skripsi kamu apa adanya. Hindari juga menggunakan istilah sulit, yang kamu sendiri tak paham artinya, karena bisa saja dosen akan mempertanyakan istilah tersebut. Selain itu kamu juga harus menjawab semua pertanyaan dari dosen penguji kamu. Bersikap dan menjawab pertanyaan dengan jujur membuat sidang skripsimu berakhir sesuai keinginan. Yang paling penting, segala data yang kamu berikan kepada penguji adalah hasil yang jujur tanpa kebohongan.

5. Hindari begadang

Ilustrasi begadang (Flickr)

Alih-alih bisa menguasai materi dengan baik, begadang di malam sebelum sidang skripsi justru membuat otakmu tak fokus. Jika terbiasa begadang, cobalah untuk tidur cepat di malam sebelum sidang. Kamu bisa tidur jam 10 malam dan cobalah terapkan tips tidur yang berkualitas. Tidur yang nyaman dan tidak begadang akan membuatmu tetap bisa mempertahankan energi, tubuhmu lebih segar dan pikiranmu lebih fokus saat sidang skripsi.

Terapkan 5 tips di atas, dan semoga JB’ers bisa melalui sidang skripsi dengan lancar tanpa hambatan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
100
Ngakak