Kamu Pelupa? Ini 5 Tips untuk Menambah Daya Ingat Kamu Agar Tak Jadi Pikun Dini

Apakah JB’ers termasuk orang yang pelupa? Kamu tak perlu meratapi nasib kamu itu, karena memang manusia diciptakan untuk tak pernah luput dari lupa. Namun jika sifat pelupa kamu itu sudah berlebihan, mungkin ada baiknya kamu melakukan 5 tips ini agar menambah daya ingat kamu sehingga tak lagi jadi pelupa.

1. Main game yang melatih otak

Sudoku (Pixabay)

Kamu sering lupa karena otakmu nggak dilatih sehingga sel otakmu nggak membentuk sel-sel baru yang membuatmu jadi lebih mudah mengingat sesuatu. Untuk melatih otakmu, kamu bisa memainkan game yang mengasah otak kamu di smartphone kamu, seperti misalnya Sudoku, Teka-teki Silang, dan game-game lainnya yang sederhana tapi bisa bikin mikir. Dengan main game sekitar 2 jam sehari, sinapsis di otakmu jadi lebih aktif dan bisa meningkatkan daya ingat.

2. Pakai cara asosiasi

Ilustrasi asosiasi (Freegreatpicture)

Cara mengingat dengan asosiasi sebenarnya adalah cara paling simple dan bisa membantu kamu untuk lebih mudah mengingat. Misalnya kamu berencana mau belanja kecap manis dan bawang putih di supermarket. Agar di supermarket kamu nggak kelupaan untuk membelinya, kamu bisa asosiasikan kedua benda tersebut dengan warna yaitu hitam dan putih. Jadi diingat saja, kalau sudah beli yang hitam (kecap manis) kamu juga harus beli yang putih (bawang putih).

3. Makan makanan kaya omega 3

Daging salmon (Pxhere)

Salah satu cara untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega 3. Makanan yang mengandung nutrisi ini bagus banget untuk kesehatan otakmu dan juga bermanfaat untuk mencegah Alzheimer. Kamu bisa dapatkan omega 3 pada ikan salmon, kenari, ikan tuna, kerang, kubis dan biji labu. Kamu juga bisa menambah asupan nutrisi omega 3 dalam bentuk suplemen instan yang banyak dijual di pasaran.

4. Menyediakan tempat khusus untuk barang tertentu

Tempat khusus barang milikmu (Pixabay)

Kamu sering lupa dimana kamu meletakkan kunci atau barang-barang yang sering keselip? Biar mood kamu nggak berantakan saat lagi buru-buru, letakkan barang-barang tersebut di tempat-tempat khusus. Misalnya kunci kendaraan di dekat pintu garasi, gunting di laci, jepit rambut di meja rias, dan barang-barang lain yang kamu sering k sembarangan. Biar nggak lupa, kamu juga bisa menandai barang-barang tersebut dan warna-warna yang mencolok agar mudah menemukannya.

5. Catat!

Catat (Pxhere)

Memang lupa itu manusiawi, tapi kalau kamu udah rada-rada pikun di masa muda, sebaiknya kamu harus lebih perhatian dengan kesehatan otakmu. Selalu latih otakmu dengan fokus ketika berbicara atau menerima informasi. Lalu, catat hal penting yang bisa membantumu. Mencatat di sini bisa berarti segala hal, termasuk mencatat nama orang yang baru kamu temui, jadwal meeting, atau daftar belanjaan. Dengan begini kamu tak akan lupa lagi.

Setelah JB’ers melakukan tips di atas, semoga nggak jadi pelupa lagi yah. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...