Don't be Captious

Nggak Perlu Jauh-jauh ke Luar Negeri, Indonesia Punya 5 Danau yang Indah dan Keren

Danau Labuan Cermin (Pinterest)

Apakah JB’ers merupakan orang yang senang bepergian alias traveling? Jika jawabannya adalah iya, ke mana tujuan travel kamu? Apakah cukup di dalam negeri, atau harus ke luar negeri? Sebenarnya, kamu nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa menyaksikan keindahan alam yang memukau, karena di Indonesia telah tersedia banyak wisata alam dengan pemandangan yang memanjakan mata, salah satunya adalah wisata danau. Berikut adalah 5 danau di Indonesia yang memiliki keindahan dan keunikan yang memukau.

1. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin (Ksmtour)

Sesuai namanya, Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, sehingga kamu bisa melihat pantulan diri kamu di air danaunya. Danau ini sendiri terletak di kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini juga dikenal dengan nama Mirror Lake. Selain jernih, danau ini punya dua jenis air, yaitu air tawar dan air asin. Uniknya, air asin dan air tawar ini tak bercampur satu sama lainnya.

2. Danau Satonda

Danau Satonda (Ntbtimes)

Danau ini ada di tengah pulau Satonda, Nusa Tenggara Barat. Danau purba yang terbentuk di kawah Satonda ini dulunya sebenarnya berisi air tawar. Namun saat gunung Tambora meletus pada tahun 1815, terjadilah tsunami dahsyat yang menyapu pulau ini hingga air laut masuk ke Danau Satonda. Sejak saat itulah, air di Danau Satonda berubah menjadi asin hingga sekarang ini. Bahkan, tingkat keasinan di danau ini dikatakan melebihi keasinan air laut pada umumnya. Keunikan Satonda bukan cuma dari danau luas dengan air asin ini saja. Di pesisir pantainya, kamu akan menemukan keindahan lainnya. Pantainya dikenal memiliki pasir putih yang begitu mempesona dan terlihat begitu kontras dengan birunya lautan dan hijaunya pegunungan.

3. Danau Sentarum

Danau Sentarum (Nusantaranews)

Danau ini terletak di jantung Borneo atau tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Danau Sentarum berbeda dengan danau ‘konvensional’ lainnya, sebab Danau Sentarum sejatinya adalah daerah hamparan banjir (lebak lebung/floodplain).  Dengan letak dan kondisinya yang berada di tengah-tengah jajaran pegunungan menjadikan kawasan ini sebagai daerah tangkapan hujan. Danau ini disebut sebagai danau musiman karena saat musim hujan danau ini akan terendam air, sementara jika musim kemarau danau ini jadi kering dan ditumbuhi rerumputan.

4. Danau Di atas dan Danau Di bawah

Danau Diatas dan Danau Dibawah (Vebma)

Danau yang berada di Kabupaten Solok, daerah Bungo Tanjung, Alahan Panjang ini disebut juga sebagai Danau Kembar. Hal itu dikarenakan kedua danau ini memiliki luas hampir sama dan terletak berdekatan. Lokasi danau ini sangat strategis dan terletak di atas ketinggian sehingga udaranya sangat dingin. Danau Kembar menyajikan panorama yang superindah, berlatar pegunungan yang dibalut kabut. Sesuai namanya, satu danau terletak lebih tinggi dari yang lainnya. Uniknya, danau yang lebih tinggi justru disebut sebagai Danau Di Bawah sementara yang lebih rendah disebut Danau Di Atas.

5. Danau Pagaralam

Danau Pagaralam (Sportourism)

Danau yang satu ini beda dengan danau lainnya, karena danau ini memilik air berwarna merah darah, bukan hijau, biru, apalagi bening. Jika ditanya kenapa air di danau ini berwarna merah, hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa menjawabnya. Anehnya, meski terlihat berwarna merah, jika diciduk dengan tangan atau gayung, warna airnya tetap bening seperti air biasa. Danau ini berlokasi di perbukitan Raje Mandere, perbatasan antara kota Paragalam dan Kaur, Propinsi Bengkulu. Selain warna air danaunya yang unik, tempat ini memiliki satwa langka berupa kelabang raksasa berukuran lebar 30 cm dan panjangnya 50 cm, burung raksasa, serta kerbau yang telinganya dipenuhi sarang lebah. Dan lebih ajaibnya, rata-rata hewan di tempat ini jinak. Mereka berlaku layaknya hewan peliharaan kamu di rumah.

Keren dan unik ‘kan danau yang ada di Indonesia? Adakah di antara JB’ers yang tinggal di dekat danau-danau di atas? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...