Gagal Registrasi Kartu SIM? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan


Kartu SIM (Grid)

Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan kewajiban untuk registrasi kartu prabayar. Registrasi tersebut harus melalui SMS dan dilakukan sejak 31 Oktober 2017 kemarin. Pengguna bisa mendaftarkan nomornya melalui SMS ke 4444 dan memasukkan nomor Kartu Keluarga serta NIK. Namun ternyata, registrasi ini tak semudah yang dibayangkan. Ada masyarakat yang beberapa kali gagal meregistrasikan nomornya. Jika JB’ers merupakan salah satunya, maka ini 5 hal yang bisa kamu lakukan.

1. Terus mencoba registrasi

Registrasi gagal (Grid)

Jika gagal, maka jangan panik. Kamu tak sendirian, karena banyak juga orang yang bernasib sama denganmu. Tetaplah tenang dan coba cek kembali nomor NIK dan KK kamu. Mungkin saja operator selulernya sedang sibuk dan penuh, sehingga waktu responnya tak seperti biasanya.

2. Mengulang registrasi

Kartu SIM (Tirto)

Kamu bisa mengulang registrasi sebanyak kurang lebih 5 kali dengan format ULANG#NIK#NOMORKK#. Jika tetap gagal, operator seluler pilihanmu akan mengirimkan pesan tindakan lanjutan. Ingat, jangan panik.

3. Mengecek di Dukcapil

Dukcapil (Sonora)

Salah satu alasan mengapa registrasi gagal adalah data KK dan NIK kamu belum terdaftar di database Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri. Alasan kedua adalah datamu masih mengantri untuk dimasukkan ke Dukcapil. Jika nomor KK dan NIK tidak tervalidasi atau masih dalam antrean, registrasi tak akan bisa dilakukan. Kalau sudah begini tak ada yang bisa kamu lakukan selain menunggu data kamu tervalidasi.

4. Registrasi manual ke gerai operator

Gerai operator seluler (Wisatabdg)

Pengguna yang gagal registrasi bisa langsung pergi ke gerai operatornya masing-masing yang terdekat. Di sana, kamu lalu diminta untuk isi surat pernyataan dan lakukan registrasi secara manual.

5. Registrasi secara online

Kartu SIM (Suarasurabaya)

Masing-masing operator sudah menyediakan layanan registrasi online via internet, kecuali Indosat. Berikut link untuk registrasi secara online.
Telkomsel: https://mobi.telkomsel.com/ulang
XL: https://registrasi.xl.co.id/ulang
Smartfren: https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php
Tri: https://registrasi.tri.co.id/

Semoga 5 hal di atas bisa membantu JB’ers untuk registrasi kartu SIM agar lebih tenang. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak