Don't be Captious

Baru Masuk Kerja? Ini 5 Cara Ampuh agar Hubunganmu dengan Rekan Terjalin Baik

Ilustrasi kerja (Inovasee.com)

JB’ers baru saja lulus tes interview dan masuk ke sebuah dunia nyata yang bernama pekerjaan. Jangan risau, JB’ers hanya perlu beradaptasi dan berteman dengan semua rekan kerja agar hubungan kamu dengan rekan di kantor terjalin dengan baik. Berikut Jadiberita rangkum khusus buat JB’ers pelajari bagaimana supaya hubungan dengan terman di kantor terjalin dengan baik. Yuk lihat!

1. jangan pilih-pilih teman kerja

Memilih teman memang sebuah keharusan. Akan tetapi, berbeda konteksnya jika kamu memasuki dunia kerja. Kamu harus ramah dengan siapa pun. Dan tentunya berteman dengan semua orang di kantor akan menjadi keharusan bagimu. Jangan pilih-pilih teman di kantor. Semua bagian di kantor tujuan sama dengan tujuanmu, memajukkan perusahaan. Jadi, coba jalin hubungan baik dengan siapapun maka kamu akan dengan semakin mudah untuk mencemplungkan diri di dunia kantor tersebut.

2. kalau bisa bina hubungan sampai ke luar kantor

(i.huffpost.com)

Siapa bilang dengan teman kantor hanya akan membicarakan perintilan kantor semata. Namanya juga ‘teman’ tentu bisa kamu bawa ke dunia luar kerja yang tentunya akan membuat kalian saling memahami karakter. Hal itu akan memudahkan kamu untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan mengetahui karakternya. Jika dia orang yang bersifat sulit beradaptasi tentu tidak akan kamu ajak kerjasama untuk hal-hal yang menurut kamu akan sulit dia lakukan. Dengan kamu mengenal karakter mereka kamu juga akan tahu hal apa yang disukai atau tidak disukai untuk kamu lakukan. Hal yang akan menurunkan semangatnya bekerja dan lainnya.

3. pastikan kamu bisa diandalkan kantor

(boundless.org)

Pelajari banyak hal. Tidak menutup kemungkinan pengetahuan yang kamu miliki akan berguna untuk membantu teman kantormu yang kesulitan. Jika kamu mampu bekerja di luar dari job atau bagian kerja kamu. Maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh teman kantor. Akan tetapi, jangan jadikan ini sebagai kesombongan ya JB’ers. Semua orang punya kelebihan dan juga kelemahan loh.

4. atasi konflik dengan profesional, usahakan juga saling menghormati

(talkinglifestyle.com.au)

Bila berpapasan dengan rekan kerja entah di kantor atau di luar kantor, bilang “hai” dan senyum. Jangan sungkan untuk membicarakan berita-berita terkini ketika sedang istirahat makan siang atau ketika suasana tidak terlalu sibuk.

Jika kamu memiliki masalah pribadi, jangab dibawa ke area kantor. Apabila permasalahannya bersumber dari teman kerja kamu berusahalah tetap profesional dengan tidak memasang wajah cemberut. Apalagi sampai tidak bertegur sapa padahal pekerjaanmu mengharuskan kamu berinteraksi dengan dia. Coba tahan sedikit perasaan risih kamu agar aktivitas pekerjaan tetap berjalan dengan baik.

5. hindari bicara terlalu lebai atau berlebihan yang dapat menyinggung orang

(photograph)

Pikirkan setiap hal yang ingin kamu bicarakan. Pastikan tidak menyinggung siapapun yang akan mendengarkannya. HIndari topik yang akan menyebabkan ketidaknyamanan dari teman kamu, seperti persoalan gaji, agama, masalah pribadi, dan lain halnya. Jika kamu ingin membicarakan hal-hal sensitif tadi lebih baik cari teman yang memang kamu yakini tidak bermasalah jika kamu mmebahasnya. Jangan juga kamu melakukan curhat colongan atau celetukan yang berniat meyindir yang nantinya hanya akan mebuat kehebohan di kantor kamu ya JB’ers!

Jadi, apa kamu sudah siap menjalin hubungan baik dengan teman kantor? Kalau sudah, segera lakukan 5 hal yang Jadiberita paparkan ya JB’ers! Selamat bekerja! Selamat mencoba!

(rei)

 

Apa Komentarmu
Loading...