Don't be Captious

Ramah Traveler Muslim, Kamu Nggak Perlu Bingung Saat Berada di 5 Negara Non Muslim Ini

Musala di Jepang (Jpninfo)

Buat JB’ers yang beragama Islam, atau Muslim, mungkin agak bingung jika ingin traveling ke luar negeri, karena tak semua negara menyediakan fasilitas bagi traveler Muslim. Jika kamu ingin tenang saat bepergian ke luar negeri, bisa ke negara-negara yang ramah Muslim berikut ini meskipun negara-negara itu non Muslim.

1. Thailand

Masjid di Koh Panyi (Naeem)

Mayoritas warga Thailand memang menganut agama Buddha. Sedangkan umat Muslimnya mencapai 4,6% dan banyak tinggal di kawasan selatan Thailand, seperti Pattani, Yala, Satu, Narathiwat serta Songkhla Chumphon. Dengan umat Muslim yang cukup banyak, masjid di Negeri Gajah Putih ini pun jumlahnya lumayan. Salah satu Masjid yang patut kamu kunjungi adalah Masjid Kubah Emas Panyi. Selain itu kamu juga bisa menemukan makanan halal di berbagai spot di Thailand.

2. Britania Raya

Masjid Sentral London (Bujangmasjid)

Islam menjadi agama terbesar kedua di Britania Raya dengan persentase 2,8%. Warganya pun ramah dengan turis Muslim. Untuk tempat beribadah, ada beberapa masjid yang bisa dikunjungi seperti London Central Mosque di London, Inggris. Selain itu, Glasgow, Skotlandia juga dikenal ramah Muslim. Masjid, toko serta restoran halal tak sulit ditemui di kota cantik ini. Di sini terdapat Glasgow Central Mosque, masjid pertama yang berdiri di Skotlandia.

3. Jepang

Makanan halal di Jepang (Tribunnews)

Jepang diketahui memiliki puluhan masjid dan jumlah restoran halal yang banyak di beberapa daerah. Beberapa toko dengan tulisan ‘We Sell Halal Japanese Products’ juga terus bertambah. Kota di Jepang yang dikenal ramah Muslim adalah di Asakusa, karena semua makanan yang dijual di restoran di sini telah bersertifikat halal. Ada pula sebuah restoran sushi, salah satunya Asakusa Sushi Ken yang menggunakan cuka halal ditambah dengan pasokan hasil laut segar.

4. Prancis

Menara Eiffel (Thisisinsider)

Prancis merupakan salah satu negara Eropa dengan komunitas Muslim terbesar. Jumlahnya sekitar 10% dari keseluruhan warga Prancis. Tak mengherankan jika banyak dibangun masjid di sana. Yang paling megah adalah Masjid Raya Paris, yang disebut-sebut sebagai masjid terbesar di Eropa. Restoran dengan makanan halal juga sudah tersedia. Selain Marseille, penduduk muslim paling banyak tinggal di Strasbourg, ibu kota Alsace, wilayah metropolitan terbesar ke-9 di Prancis.

5. Taiwan

Masjid di Taiwan (Kapanlagi)

Taiwan pernah meraih predikat sebagai salah satu dari 10 tempat wisata dunia yang disukai wisatawan Muslim oleh MasterCard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2015. Hingga saat ini sudah ada 84 industri perhotelan dan rumah makan yang memiliki sertifikat halal. Seluruhnya tersebar di beberapa penjuru Taiwan. Musala dan toilet khusus pun dibangun di berbagai fasilitas umum, guna mengakomodir wisatawan Muslim untuk beribadah. Seperti di taman-taman nasional, bandara, stasiun kereta, dan hotel-hotel. Untuk masjid, Taiwan memiliki tujuh masjid besar yang tersebar dari utara sampai selatan, dan terletak di wilayah metropolitan. Salah satu masjid tertuanya ialah Masjid Taipei, yang juga kerap menjadi destinasi wisata.

Nah, dengan adanya negara yang ramah Muslim itu, negara mana yang ingin JB’ers kunjungi? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...