Don't be Captious

5 Nasihat Bijak dari Albert Einstein Biar Kamu Semangat dalam Meraih Sukses

Albert Einstein (Wikipedia)

Dalam kehidupan ini, kita semua tentu ingin sukses dalam segala aspek, baik itu aspek ekonomi, maupun aspek sosial. Arti sukses sendiri memang beragam dan jika tiap orang ditanya maka jawabannya akan beda. Ini karena kesuksesan adalah bagaimana mewujudkan mimpi dan impian yang sudah dicita-citakan. Agar JB’ers lebih semangat lagi dalam meraih kesuksesan, berikut adalah 5 nasihat bijak dari ilmuwan kondang Albert Einstein tentang bagaimana meraih kesuksesan.

1. “Imajinasi adalah segalanya. Imajinasi adalah penarik masa depan. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan.”

Einstein (Entrepreneur)

Bukan tanpa sebab Einstein mengeluarkan ungkapan tersebut. Banyak dari teori dan pencapaian besar yang dia cetuskan dan raih, bermula dari imajinasi. Satu hal yang bisa kita petik adalah hidup tanpa imajinasi seperti mengikuti aliran sungai: pasrah mengikuti apapun dan ke manapun arahnya. Dalam hidup, imajinasi dapat menjadi gambaran akan kesuksesan yang ingin kita capai. Tanpa imajinasi, hidup akan terasa hambar.

2. “Jangan pernah bercita-cita menjadi orang yang sukses tapi berpikirlah untuk menjadi manusia bernilai.”

Einstein (Onedio)

Definisi sukses bagi setiap orang akan berbeda-beda dan sifatnya sangat relatif. Ada yang menganggap bahwa sukses itu bergelimang materi dan harta yang banyak, namun ada juga yang mengatakan sukses itu adalah mencapai kebahagian dengan orang yang penuh kasih sayang. Kesuksesan akan menghampiri orang yang pantas menerimanya. Karena itulah, kamu harus berusaha untuk menjadi pribadi yang bernilai dan berharga, serta bisa bermanfaat bagi orang lain. Tanamkan dalam diri kamu bahwa sukses yang sesungguhnya adalah menjadi manusia bernilai dan bermanfaat bagi orang lain.

3. “Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.”

Einstein (Pinterest)

Jangan menjadi orang yang takut gagal, karena pengalaman dan sejarah membuktikan, bahwa penemuan yang mendunia diawali dengan kegagalan yang terjadi puluhan bahkan ribuan kali. Contohnya Thomas Alva Edison. Edison mewujudkan mimpinya untuk membuat lampu yang sekarang kita gunakan berkat jiwa pantang menyerah. Ia telah melalui seribu kali kegagalan. Namun dari kegagalan itu, ia bisa membuat lampu bohlam yang sangat bermanfaat dan bisa merubah peradaban. Tentu tak bisa dibayangkan jika pada saat itu Edison memutuskan untuk menyerah, dan berhenti setelah kegagalan pertamanya.

4. “Saya bukannya pintar. Boleh dikatakan hanya bertahan lebih lama menghadapi masalah.”

Einstein (Pasadenanow)

Bertahan lama pada satu masalah, atau tekun, bisa jadi merupakan ciri pribadi yang mampu meraih kesuksesan sejati. Ketekunan ini membuat seseorang memandang positif dari segala permasalahan yang dihadapi, dan kemudian memacunya untuk bisa mewujudkan mimpinya. Lewat kalimat ini, Einstein mengajarkan kita bahwa kesuksesan memang nggak akan datang secara instan. Hanya orang-orang yang tekun dengan apa yang ia kerjakan akan memperoleh kesuksesan dari apa yang ia kerjakan.

5. “Saya bukan memiliki bakat khusus. Hanya selalu menikmati rasa ingin tahu saja.”

Einstein (Linkedin)

Rasa ingin tahu yang besar akan memancing seseorang untuk melakukan sesuatu. Seperti Einstein, ia nggak bakal memecahkan banyak penemuan bila tidak memiliki rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu amat penting dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses. Ibaratnya, rasa ingin tahu adalah pemicu seseorang untuk berkembang. Banyak-banyaklah membaca dan berdiskusi dengan orang hebat. Mengejar jawaban rasa ingin tahu adalah salah satu rahasia kunci kesuksesan.

Itulah tadi 5 nasihat bijak dari Albert Einstein. Semoga bisa lebih memacu semangatmu dalam meraih mimpi dan cita-citamu. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...