Tak Perlu Diet Ekstrem, Kamu Cukup Lakukan 5 Kebiasaan Sederhana Ini untuk Turunkan Berat Badan


Diet (Pixabay)

Menurunkan berat badan sudah pasti butuh pengorbanan dan juga rencana, salah satunya adalah dengan merencanakan diet dan rajin berolahraga. Namun jelas diet dan olahraga membutuhkan waktu dan usaha yang keras. Jika JB’ers ingin turunkan berat badan namun tak ingin melakukan diet ekstrem, kamu cukup lakukan 5 kebiasaan sederhana ini.

1. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih (Ragam-manfaat)

Tak banyak yang tahu bahwa kekurangan air atau dehidrasi pada tubuh dapat memicu kehilangan banyak energi yang membuat berat badan menjadi bertambah. Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat membuatmu merasa lebih cepat kenyang. Satu jam sebelum makan, minumlah air putih setidaknya setengah liter air. Bila kamu bosan meminum air putih biasa, tambahkan saja dengan mencelupkan mentimun atau lemon di dalamnya.

2. Mengunyah makanan lebih lama

Makan (Grid)

Otak kita ternyata membutuhkan waktu untuk bisa merespon rasa “kenyang” itu bila kita telah makan selama 20 menit. Bila kita makan terlalu cepat, hasilnya otak kita masih merasa bahwa makanan yang masuk belum cukup. Lagipula, makan dengan perlahan-lahan dan mengunyah dengan benar dapat mencegahmu makan dengan porsi yang terlalu banyak. Biasakan mengunyah setidaknya sampai 20 kali sebelum menelannya.

3. Jalan kaki setelah makan

Jalan kaki (Revelwallpapers)

Setelah makan, ada baiknya kamu berjalan-jalan keliling rumah atau ka mana saja. Alasannya adalah apabila kamu melakukan beberapa aktivitas ringan setelah makan, maka hal itu dapat mengaktifkan reseptor GLUT–4, dimana pada saat itu otot-ototmu mampu menyerap glukosa yang baru saja kamu konsumsi.

4. Jangan makan makanan yang terlalu matang

Makan (Pxhere)

Hindari kebiasaan memasak makanan terlalu matang. Makanan yang dimasak dengan suhu panas yang tinggi dan terlalu lama dapat menyebabkan hilangnya kandungan nutrisi di dalamnya. Apabila kita kekurangan nutrisi, akibatnya kita akan kekurangan energi dan membuat kita merasa lapar terus-terusan. Akibatnya, kita menebus rasa lapar itu dengan makan-makanan junk food yang jelas dapat membuyarkan dietmu.

5. Makan di meja makan

Makan di meja makan (Pixabay)

Saat sedang makan, jauhi ponsel, laptop, atau televisimu, dan makan di meja makan. Biarkan otakmu benar-benar berkonsentrasi pada makananmu. Makan sambil nonton televisi, browsing internet di laptop, atau chatting di ponsel akan membuatmu tak fokus sehingga otak tidak akan mendapat sinyal kenyang dari perutmu. Otak akan terus menginginkan mulutmu untuk terus mengunyah dan menyuruh tanganmu untuk terus memasukkan makanan ke dalam mulutmu. Akibatnya, porsi makanmu bisa lebih banyak dari biasanya dan nggak terkontrol lagi.

Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sepele seperti di atas, ternyata kamu bisa menurunkan berat badan lebih cepat dari yang kamu duga. Kebiasaan tersebut tak hanya mudah untuk dilakukan, namun juga berdampak baik bagi kesehatan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak