Ini 5 Tips Tetap Produktif Saat Terjebak Macet di Jalan

Macet (Indowarta)

Kemacetan adalah sebuah masalah yang hingga kini masih belum ada solusinya. Masalah ini tidak lepas dari perkembangan sebuah kota. Selain itu, semakin padat kota juga semakin mahal tempat tinggal. Maka, tak jarang kaum pekerja justru tinggal di daerah pinggiran. Artinya sehari-hari mereka bisa memakan waktu hingga 2 jam lebih untuk sampai ke kantor. Kalau sudah bertemu dengan keadaan ini, mungkin kamu bakal makin stres karena hanya bisa menunggu di dalam mobil. Tapi tunggu dulu, karena faktanya, kamu bisa tetap produktif meski tengah terjebak macet di jalanan. Berikut ini tips-tipsnya.

1. Mempelajari bahasa asing

Bahasa asing (Pixabay)

Waktu yang dihabiskan terjebak dalam lalu lintas dapat digunakan untuk memperlancar bahasa asing kamu, atau bahkan bahasa baru. Jika bahasa internasional yang umum seperti bahasa Inggris bukan masalah bagi kamu, saatnya mempelajari bahasa asing lainnya seperti bahasa Jepang atau Korea. Cara memulainya dengan menghapalkan 10 frasa baru sehari. Tambahan manfaat dari kegiatan ini adalah latihan yang baik buat otakmu, dalam melatih fokus agar jadi lebih baik dan tak mudah stres.

2. Membersihkan dashboard mobil

Dashboard mobil (Pxhere)

Kapan terakhir kali kamu membersihkan laci mobil? Apakah setelah beli mobil, laci mobilnya tak pernah dibersihkan? Kecuali mobil yang kamu kendarai itu baru, mungkin ada setidaknya sedikit sampah berdesakan di sana. Bisa setumpuk karcis parkir, uang receh berserakan, atau kertas-kertas lain yang sudah tidak berguna lagi. Nah, saat terjebak macet, kamu bisa mulai sedikit-sedikit merapikannya.

3. Mengolah tubuh

Peregangan otot di mobil (Semberani)

Ada jenis olah tubuh yang menjaga kesehatan kamu, yang sebenarnya bisa dilakukan saat duduk, dalam hal ini duduk di jok mobil. Mulai dari latihan pernapasan dalam, hingga sedikit peregangan otot. Untuk latihan peregangan otot, lakukan hanya saat mobil benar-benar berhenti. Latihan pernapasan sangat baik untuk menjaga organ tubuh mendapat pasokan oksigen yang cukup, serta menjaga otak kamu tetap fokus dan mengurangi stres.

4. Mendengarkan audio book

Ilustrasi mendengar audio book di mobil (Grid)

Jika kamu kebetulan berada di belakang kemudi, tentu kamu tak mungkin bisa membaca untuk meng-update pengetahuan serta skill. Cara terbaik, adalah dengan mendengarkan audio book. Pilih buku tentang pengembangan diri, biografi orang sukses, atau mungkin novel bahasa asing. Mendengarkan (membaca) adalah cara bagus untuk menambah pembendaharaan kata kamu. Percayalah, orang dengan rasa bahasa yang baik, cenderung membuat presentasi dengan lebih menarik.

5. Membersihkan e-mail atau membuat perencanaan

Ilustrasi e-mail (Freegreatpicture)

Saat terjebak macet, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan smartphone kamu. Jika kamu tidak di belakang kemudi, kamu bisa membersihkan kotak masuk di e-mail, membalas e-mail, atau bahkan membuat daftar tugas yang bisa dituntaskan hari ini. Ya, salah satu kunci sukses manajemen waktu yang baik adalah perencanaan. Buat perencanaan atau strategi bisnis saat macet jauh lebih bermanfaat daripada ngomel-ngomel di medsos.

Itulah 5 tips tetap produktif meski terjebak macet di jalan. Semoga bermanfaat buat JB’ers semuanya. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Bekerja Sesuai Passion atau Gaji Tinggi, Mana yang Harus JB’ers Pilih?

Selain Daniel Darryan Si Pasprampres Ganteng, Deretan Pengawal Ini Juga Pernah Hebohkan Netizen di Dunia