Don't be Captious

5 Kalimat Bijak Presiden Joko Widodo untuk Bakar Semangatmu Jadi Pemimpin Sejati

Presiden Joko Widodo (Businessinsider)

Di balik kesederhanaannya, Presiden RI Joko Widodo atau yang kerap disapa Jokowi memang memberi kita banyak pelajaran yang begitu menginspirasi, terutama dalam hal menjadi seorang pemimpin. Menjadi pemimpin tidaklah mudah, karena banyak rintangan yang menghalang. Bagaimana cara kita melewati rintangan itulah yang membuktikan kita pantas jadi seorang pemimpin. Berikut adalah 5 kalimat bijak Presiden Jokowi untuk bakar semangatmu jadi pemimpin sejati.

1. “Pemimpin harus melihat, mendengar, dan berbicara kepada rakyatnya, karena seorang pemimpin lahir dari mereka.”

Presiden Joko Widodo (Techno)

Presiden Jokowi membuktikan bahwa menjadi seorang pemimpin tak harus datang dari kalangan politikus atau petinggi partai. Jokowi membuktikan bahwa menjadi pemimpin itu, bisa lahir dari warga biasa atau sipil. Pemimpin itu lahirnya dari rakyat, karena rakyat sendirilah yang memilih.

2. “Jangan berhenti sebelum lelah.”

Presiden Joko Widodo (Midlandsminerals)

Lelah adalah hal yang biasa. Namun jangan sampai rasa lelah ini membuatmu bermalas-malasan. Jadi berhentilah ketika kamu benar-benar lelah dan kemudian bangkit lagi, sampai jiwa dan ragamu tak mampu lagi untuk melanjutkan.

3. “Dibutuhkan kepemimpinan yang mampu memecah keheningan, menerobos dengan gebrakan, bukan yang monoton dan rutinitas sehingga membosankan.”

Presiden Joko Widodo (Tirto)

Pemimpin harus mampu mengontrol dan mengendalikan sistem, membangun gebrakan serta menciptakan inovasi baru. Hal ini akan membuat kita semakin kuat untuk bersaing secara global karena perkembangan dunia yang begitu cepat.

4. “Hidup adalah tantangan, jangan dengarkan omongan orang, yang penting kerja, kerja dan kerja.”

Presiden Joko Widodo (Merdeka)

Setiap orang memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri-sendiri. Namun dalam menjalani hal tersebut, terkadang ada batu ganjalan yang cukup mengganggu. Di sinilah komitmenmu diuji. Kamu harus tetap fokus dengan tugas dan tanggung jawabmu, jangan sampai keluar jalur, sehingga hasil nyata akan terlihat nantinya.

5. “Bangsa Indonesia tak ingin menjadi macan, melainkan menaklukkan macan. Karena bangsa Indonesia tidak ingin ditakuti melainkan disegani.”

Presiden Joko Widodo (Fajar)

Indonesia adalah bangsa yang besar. Kita tak ingin menjadi bangsa yang seperti macan, namun Indonesia harus bisa menaklukkan macan dan mampu bersaing. Indonesia ingin menjadi bangsa yang disegani dunia, bukan ditakuti.

Itulah tadi beberapa kalimat bijak dari Presiden Jokowi yang bisa memberi kita banyak inspirasi. Jika kamu ingin menjadi pemimpin, belajarlah dari presiden kita ini. Semoga juga, bangsa kita semakin maju ke depannya dan menjadi bangsa yang disegani dunia. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...