Don't be Captious

Mau Keliling Asia Tenggara Cuma dengan Budget Rp 5 Juta? Bisa! Begini Caranya

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Siapa yang nggak mau dapat kesempatan untuk bisa jalan-jalan ke luar negeri? Jalan-jalan ke luar negeri memberikan sensasi yang berbeda dengan saat kita traveling di dalam negeri. Sebelum traveling keliling dunia, kamu bisa memulainya dengan keliling Asia Tenggara. Kenapa Asia Tenggara? Asia Tenggara ini kerap menjadi target para traveler Tanah Air karena aksesnya lebih mudah dan murah. Untuk traveling ke Asia Tenggara ini kamu nggak perlu capek-capek ngurus visa.

Di antara negara-negara di Asia Tenggara, kamu bisa memilih Asia Tenggara daratan (ATD) sebagai destinasi tujuan. Wilayah ATD sendiri melingkupi Malaysia Barat (Semenanjung Malaysia), Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Kamboja. Dengan begini, kamu bisa lebih hemat karena nggak harus selalu menggunakan perjalanan udara yang lebih mahal. Kamu bisa memilih jalur darat, baik bus maupun kereta, yang harga tiketnya lebih murah. Melalui jalur darat, momen travelingmu pasti akan jadi momen yang lebih menantang dan tak terlupakan. Rute ini juga cocok untuk kamu yang ingin traveling namun dengan budget minim berkisar Rp 5 juta.

Meski dengan budget dan waktu terbatas, banyak aktivitas yang tak kalah seru yang bisa kamu lakukan di negara Asia Tenggara daratan ini. Berikut ini tempat-tempat yang bisa kamu kunjungi di Asia Tenggara dengan budget Rp 5 juta.

1. Marina Bay Sands, Singapura

Marina Bay Sands (Pixabay)

Perjalanan traveling ke ATD ini bisa kamu mulai dari Jakarta pada pagi hari bertolak ke Singapura dengan menggunakan pesawat. Kini banyak tersedia tiket pesawat murah meriah yang bisa kamu beli. Di negara yang dijuluki Negeri 1001 Larangan ini kamu bisa menikmati indahnya destinasi wisata yang menjadi ikon Singapura yaitu kawasan Marina Bay Sands selama sehari penuh. Wisata di sekitar Marina Bay Sands dan Gardens by the Bay menjadi pilihan karena dua tempat wisata ini bisa kamu kunjungi secara gratis tanpa dipungut tiket masuk.

2. Kuala Lumpur, Malaysia

GoKL bus (Jalanja)

Dari Singapura kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Malaysia dengan menggunakan kereta. Karena perjalanan darat ini memakan waktu lama, kamu bisa memanfaatkannya untuk istirahat. Sekalian menghemat biaya penginapan. Agar waktu travelingmu efisien, kamu bisa naik kereta dari Singapura sekitar pukul 23.55 waktu setempat. Kereta yang memasang tarif sekitar Rp 180 ribu ini akan membawamu sampai di Malaysia pada pukul 06.30. Selama di Malaysia ini kamu bisa keliling Kuala Lumpur secara gratis dengan naik GoKL bus. Dengan fasilitas gratis dari pemerintah Malaysia ini kamu bisa mengunjungi objek wisata menarik di pusat kota Kuala Lumpur seperti Dataran Merdeka, KL Tower, KLCC, juga Bukit Bintang. Puas jalan-jalan kamu bisa beristirahat semalam di Kuala Lumpur. Jangan takut akan membuat budgetmu membengkak, karena ada beberapa hostel yang menawarkan tarif murah, yakni di bawah Rp 300 ribu per malam.

3. Bangkok, Thailand

Grand Palace Bangkok (Freegreatpicture)

Untuk melanjutkan perjalanan ke Bangkok, Thailand, kamu bisa menggunakan Kereta Antarbangsa yang berangkat pada pukul 09.30 waktu setempat dengan harga tiket sekitar Rp 400 ribu. Perjalanan darat ini memakan waktu lama yakni lebih kurang selama 22 jam. Kamu baru akan tiba di Negeri Gajah Putih ini pada pukul 06.00. Di sini, banyak kuil yang ramah untuk kantong traveler berbudget terbatas alias gratis. Salah satunya Wat Patum Wanaran yang ada di pusat Bangkok. Untuk kamu yang suka fotografi juga bisa hunting foto di sekitar Grand Palace. Sebelum beranjak ke destinasi berikutnya, kamu bisa menginap dulu di beberapa penginapan yang menawarkan harga murah, mulai dari Rp 100 ribu per malam.

4. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat (Pixabay)

Dari Bangkok kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Kamboja. Sayangnya, moda transportasi darat antara dua negara ini terbatas dan tidak 24 jam. Untuk menuju Kamboja kamu bisa menggunakan bus yang berangkat pada pukul 09.00. Bus yang mematok harga tiket sekitar Rp 380 ribu ini akan mengajakmu menikmati perjalanan dari Bangkok ke Kamboja selama 8 sampai 10 jam. Lamanya perjalanan darat jadi tidak akan terasa saat kamu sudah menginjakkan kaki di Kamboja. Di negara yang dijuluki sebagai Neraka Dunia ini kamu bisa singgah ke kawasan Angkor Wat. Di malam hari, kamu bisa menikmati suasana indahnya kuil yang dibangun selama 30 tahun itu.

5. Kota Pantai Mui Ne, Vietnam

Pantai Mui Ne (Wikimedia)

Sayangnya, karena budget dan waktu yang terbatas kamu diharuskan bertolak ke Vietnam di hari yang sama kamu tiba di Kamboja. Tepatnya pada pukul 22.30 dari Siem Reap kamu harus menuju Ho Chi Minh, Vietnam. Namun begitu, untuk sampai di Ho Chi Minh ini kamu harus berganti bus. Rute yang dilewati jalur darat ini adalah bus dari Siem Reap ke Phnom Penh dan Phnom Penh ke Ho Chi Minh. Untuk bisa menggunakan moda transportasi ini kamu harus merogoh kocek lebih kurang Rp 360 ribu. Sesampainya di Vietnam, kamu bisa melepas lelah dengan ditemani panorama alam di Kota Pantai Mui Ne. Cara seru dan asyik liburan di kota ini adalah menggunakan motor sewaan dengan tarif sekitar Rp 90 ribu per hari. Cara ini lebih murah dan lebih memberi kesempatan untuk mengeksplor Mui Ne sepuas-puasnya. Sebelum ke Kota Mui Ne, kamu bisa menyewa tempat penginapan yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 200 ribu di Ho Chi Minh.

Karena waku yang terbatas, dari Ho Chi Minh ini nantinya kamu bisa kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat. Kamu bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan. Jadi, siapkan rencana liburanmu mulai sekarang ya. (tom)

Latest article