Don't be Captious

Mengunjungi 5 Pulau Tak Berpenghuni di Indonesia dengan Pemandangan Memukau, Serasa Milik Sendiri!

Pulau Selayar (Sulselekspres)

Membayangkan liburan akhir tahun dengan mengunjungi pulau-pulau eksotis yang ada di Indonesia pastinya seru. Di musim-musim liburan, hampir semua wisata pulau di Indonesia biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan asing. Tapi, di Indonesia juga ada pulau yang tak berpenghuni. Artinya, di pulau tersebut tidak ada aktivitas manusia atau belum tersentuh oleh tangan-tengan manusia. Nah, buat kamu yang ingin berlibur serasa di pulau pribadi, bisa mendatangi 5 pulau tak berpenghuni ini.

1. Pulau Intata

Pulau Intata (Regykurniawan)

Pulau Intata ini merupakan pulau tak berpenghuni yang paling eksotis di Indonesia, karena lautnya yang jernih, dan pasir putihnya yang memanjakan mata. Pulau ini merupakan salah satu pulau kecil di antara 11 pulau terluar yang berada di provinsi Sulawesi Utara. Di Intata tidak tersedia penginapan, karena memang pulau ini tidak berpenghuni. Tapi jangan khawatir, kamu bisa mampir ke Pulau Kakorotan yang berada di seberang Pulau Intata. Penduduk Karorotan yang ramah bakal bersedia menampung kamu di rumah mereka.

2. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan (Lihat)

Pulau tak berpenghuni selanjutnya terletak di Kota Padang, yaitu Pulau Pasumpahan. Pulau ini menyuguhkan panorama laut yang sangat indah, memiliki garis pantai yang cukup panjang, dan dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil. Pulau-pulau kecil itulah yang membuat Pasumpahan ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan.

3. Pulau Mandiki

Pulau Mandiki (Tanahnusantara)

Pulau yang satu ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di daerah Sumbawa Barat. Ciri khas dari pulau ini yaitu terdapat banyaknya batu besar maupun kecil yang tersebar di sekelilingnya. Oleh sebab itu, pulau ini juga kerap disebut dengan nama Pulau Batu. Selain itu, ada pula yang menyebutnya sebagai Pulau Genang yang berarti gendang, karena bentuknya yang mirip gendang. Pulau ini memiliki perairan yang jernih, sehingga kamu dapat snorkeling atau menyelam untuk mengeksplorasi keindahan bawah lautnya. Selain itu, jika bernyali besar, kamu dapat mendaki tebing batu tertinggi yang ada di pulau ini. Umumnya, tebing ini menjadi titik favorit para wisatawan yang menyambangi Pulau Mandiki.

4. Pulau Pombo

Pulau Pombo (Lihat)

Pulau yang tak berpenghuni selanjutnya terletak 5 km dari Pulau Ambon, Maluku Tengah. Pulau Pombo memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistemnya yang cukup tinggi, oleh sebab itulah Pulau Pombo dijadikan sebagai kawasan konservasi baik daratan yang ditunjuk sebagai cagar alam maupun perairan yang mengelilinginya sebagai taman wisata alam laut. Di pulau ini kamu bisa berenang, snorkling, menyelam, memancing, trekking, pengamatan burung, jalan kaki mengelilingi pulau, dan berbagai aktivitas wisata alam lainnya. Di pulau ini kamu juga akan menemukan burung Pombo. Spesies burung ini terbang hilir mudik dengan jumlah yang cukup banyak.

5. Pulau Selayar

Pulau Selayar (Ksmtour)

Pulau ini terletak di seberang utara kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau Selayar memiliki pantai-pantai dengan pasir putih yang sangat halus, seperti Pantai Pamatata, Pantai Tanaera, atau Pantai Lansangireng. Tidak hanya keindahan pantai, Pulau Selayar juga siap menyajikan panorama bawah laut yang indah di Taman Nasional Takabonerate. Pada bawah laut dari Takabonerate ini memiliki karang atol dengan luas 220 ribu hektar dan merupakan karang atol terbesar di Asia Tenggara serta terbesar ketiga di dunia. Biota bawah laut cantik yang dapat kamu temui adalah beraneka ragam ikan, siput laut, penyu, karang berwarna-warni dan biota laut lainnya.

Jadi, pulau mana yang akan kamu kunjungi dalam rangka long weekend ini? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...