Don't be Captious

Cukup dengan Biaya Rp 500 Ribu, Kamu Sudah Bisa Kunjungi 5 Pantai Eksotik yang Ada di Pulau Jawa Ini

Pantai Nampu (Garispantai)

Salah satu alasan mengapa kita cinta dengan Indonesia, adalah keindahan alamnya yang luar biasa. Termasuk pantai-pantai tropis dan eksotis yang seakan belum terjamahi dan tebing batu kapur alami yang menyejukkan mata untuk dipandang. Jika kamu pikir untuk bisa datang ke pantai tropis dan eksotis itu membutuhkan biaya yang mahal, maka kamu keliru. Pasalnya, untuk bisa ke pantai itu, kamu hanya perlu biaya kurang dari Rp 1 juta. Nah, jika kamu kebetulan tinggal di Pulau Jawa, maka kamu bisa mengunjungi pantai eksotik di Pulau Jawa hanya dengan biaya Rp 500 ribu berikut ini.

1. Pantai Srau, Pacitan

Pantai Srau (Instagram)

Dikeliling oleh pemandangan pegunungan hijau yang menyejukkan mata, pantai ini dapat kamu temukan di antara bukit berbatu dan lautan biru yang memisahkan antar pulau. Di pantai, terdapat beberapa kios kecil lokal yang menawarkan minuman dan makanan ringan. Datanglah ke tempat ini pada saat matahari terbit atau hingga matahari terbenam, yang bakal menawarkan kamu pemandangan yang memukau. Untuk mencapai pantai ini dari Jakarta, kamu bisa pakai transportasi darat. Dari Terminal Pulogadung naik bis ke Pacitan (Rp 180 ribu), lalu dari Pacitan, kamu harus menyewa motor untuk pergi ke lokasi (Rp 70 ribu). Total, kamu butuh biaya kurang lebih Rp 250 ribu atau Rp 500 ribu PP.

2. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Menganti (Instagram)

Di pantai ini, kamu bisa malas-malasan di bukit hijau dan tebing yang elok yang dibatasi oleh pasir putih pantai dan lautan biru di mana para nelayan berlayar untuk menangkap ikan dengan menggunakan perahu tradisional yang bernama Jukung. Untuk bisa mencapai pantai ini dari Jakarta, kamu harus naik kereta Kutojaya Utara ke Kebumen dari Stasiun Pasar Senen dengan biaya Rp 110 ribu, lalu dilanjutkan dengan menyewa mobil untuk ke Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, berjarak 1,5 jam berkendara dari Kota Kebumen dengan biaya Rp 250 ribu per hari. Total kamu butuh biaya kurang lebih Rp 360 ribu, maksimal Rp 500 ribu untuk PP.

3. Pulau Karya, Jakarta

Pulau Karya (Instagram)

Pulau Karya adalah salah satu pulau tropis yang wajib kamu kunjungi, apalagi karena terletak tidak jauh dari kota Jakarta. Di sini, kamu dapat berkemah di tepi pantai, menikmati angin pantai nan sepoi-sepoi yang membuat kamu terlelap dan bangun dengan pemandangan alam yang seakan belum terjamah. Kamu juga bisa snorkeling di lautan jernih yang dikeliling oleh ikan warna-warni dan terumbu karang yang cantik. Cara untuk ke sana kamu bisa mulai dari Muara Angke ke Pulau Pramuka dengan biaya Rp 45 ribu per orang. Setelah itu kamu bisa naik ojek perahu ke Pulau Karya dengan biaya Rp 5 ribu per orang. Total biaya untuk pulang pergi adalah sekitar Rp 100 ribu.

4. Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta

Pantai Wedi Ombo (Instagram)

Perjalanan selama 2,5 jam dari kota Yogyakarta akan mengantarkan kamu ke Pantai Wedi Ombo, sebuah teluk indah dengan pasir putih lembut yang dikelilingi oleh terumbu karang. Lautan biru di lokasi ini juga mempunyai ombak tinggi yang cocok untuk digunakan sebagai wahana berselancar, tempat impian bagi para peselancar. Dari Jakarta, kamu harus naik kereta Gajahwong dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta, dengan biaya Rp 150 ribu. Setelah itu, kamu bisa menggunakan TransJogja, pergi menuju ke Terminal Giwangan dengan biaya Rp 3.500. Dari sana, bisa lanjut naik bis ke Terminal Wonosari dengan biaya Rp 7 ribu, lalu naik angkot jurusan Wonosari-Jepitu dengan biaya Rp9 ribu, dan terakhir naik ojek ke pantai dengan ongkos Rp 7 ribu. Kurang lebih biaya pulang pergi ke pantai ini adalah Rp 353 ribu.

5. Pantai Nampu, Wonogiri

Pantai Nampu (Instagram)

Laut di Pantai Nampu sangat jernih, sejernih birunya langit pada hari yang cerah. Pasir di pantai ini juga sangat lembut, seakan menjadikan tempat ini menjadi tempat liburan yang asyik untuk dihabiskan bersama pasangan. Nggak banyak orang yang tahu lokasi Pantai Nampu, jadi kamu dapat menikmati keindahan alam di sini dengan tenang dan tidak penuh dengan keramaian. Untuk mencapai pantai ini, kamu bisa naik kereta dari Stasiun Pasar Senen ke Solo dengan biaya Rp 170 ribu, lalu lanjut naik kereta ke Wonogiri Rp 4 ribu. Terakhir, kamu bisa sewa mobil dengan harga mulai dari Rp 250 ribu per hari. Total biaya perjalanan ini sekitar Rp 598 ribu.

Ternyata kamu tak perlu merogoh kantong dalam-dalam ya untuk mencari surga pantai tersembunyi yang tak terlalu jauh dari Jakarta. Jadi, kapan kamu mulai berangkat ke pantai-pantai di atas? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...