Don't be Captious

Ini 5 Prestasi Indonesia di Kancah Internasional Selama 2017 yang Bikin Bangga

Kibarkan bendera Indonesia (Mozaic)

Tahun 2017 akan berakhir nggak lama lagi. Selama 2017 ini, Indonesia sukses membuat kagum dunia, karena nggak hanya menyabet gelar juara di satu ajang kompetisi, melainkan berbagai kompetisi tingkat internasional. Apa saja prestasinya? Berikut deretan prestasi yang pernah diraih Indonesia di kancah internasional selama 2017.

1. Ajang Miss International 2017

Kevin Lilliana (kanan) mendapat ucapan selamat dari Miss Internatinal 2016 Kylie Verzosa (Kompas)

Kevin Liliana, perwakilan Indonesia dalam ajang Miss International 2017 dinobatkan sebagai pemenang menggantikan Miss International 2016, Kylie Verzosa. Kevin berhasil mengalahkan tujuh puluh kontestan dari berbagai negara dan membawa pulang prestasi kemenangan pertama bagi Indonesia di ajang kecantikan ini. Selain menjadi juara pertama, Kevin juga menyabet penghargaan Miss Best Dresser berkat gaun rancangan desainer kondang Ivan Gunawan.

2. Kompetisi Video Pariwisata UNWTO 2017

Video ini adalah pemenang kompetisi video pariwisata UNWTO (United Nations World Tourism Organization) 2017 yang dihelat di Tiongkok pada September 2017 lalu. Video perwakilan Indonesia ini berhasil menjadi juara mengalahkan 63 video dari berbagai negara. Kemenangan ini juga yang pertama bagi Indonesia. Video pariwisata Wonderful Indonesia yang berjudul “The Journey of a Wonderful World” juga memenangkan dua kategori sekaligus, yaitu Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan People’s Choice Award 2017.

3. Ajang Miss Grand International 2017

Kostum Indonesia di Miss Grand International 2017 (Thehive)

Baju di ataslah yang menghantarkan Dea Rizkita menyabet penghargaan Best National Costume di ajang bergengsi Miss Grand International 2017 di Vietnam November lalu. Kostum perwakilan Indonesia ini berhasil mengalahkan kesembilan kontestan lain termasuk negara tuan rumah. Kostum yang sangat artistik ini adalah karya Maya Ratih Couture yang berkolaborasi dengan Morphacio Body Art. Tidak tanggung-tanggung, berat kostum yang dikenakan oleh Dea ini mencapai 27 kg! Desain cantik gaun ini juga mengandung makna tersendiri yang mendeskripsikan Indonesia.

4. Lomba Tembak ASEAN Army Rifle Meet (AARM) ke-27

Indonesia juara lomba tembak ASEAN Army Rifle Meet (Tniad)

Dunia militer Indonesia juga berhasil mempersembahkan prestasi yang membanggakan pada bulan November lalu. TNI AD berhasil menjadi juara umum dalam lomba tembak ASEAN Army Rifle Meet (AARM) ke-27 yang diselenggarakan di Singapura dengan perolehan 9 trofi, 31 medali emas, 10 medali perak, dan 10 medali perunggu. Kontingen Indonesia yang totalnya berjumlah 62 orang berhasil mengalahkan sembilan peserta lain yang merupakan negara-negara ASEAN.

5. Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017

The Resonanz Children’s Choir (Kompas)

Di bidang musik, ada prestasi yang diraih oleh The Resonanz Children’s Choir (TRCC). TRCC merupakan kelompok paduan suara anak asal Jakarta yang memang kerap bergaung namanya berkat berbagai perolehan prestasi baik tingkat nasional maupun internasional. Salah satu prestasi mereka yang membanggakan adalah perolehan juara umum dalam kompetisi paduan suara international Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017. Lomba paduan suara yang dihelat di Italia pada Juli 2017 lalu juga menobatkan TRCC sebagai juara dalam kategori Children’s Choir dan kategori Gospel and Spirituals.

Nah, sekarang kamu jadi lebih tahu ‘kan betapa hebatnya putra dan putri Indonesia lewat segudang prestasinya? Mungkin saja tahun depan kamulah yang bakal meraih prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Loading...