5 Langkah Agar Rumah Minimalis Kamu Jadi Terlihat Mewah


Kamar rumah minimalis (Pixabay)

Rumah minimalis tipe 36 kini menjadi pilihan generasi milenial sebagai rumah tinggal mereka. Alasannya adalah selain harganya lebih murah dan keterbatasan lahan, memiliki rumah minimalis juga tak sulit untuk dirawat. Namun, banyak yang beranggapan memiliki rumah mungil seperti rumah minimalis tipe 36 artinya nggak bisa memiliki hunian yang mewah, karena ukurannya yang sangat kecil. Faktanya, meskipun rumah kamu itu tipe 36, kamu bisa bisa mengakalinya agar terlihat mewah. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Pilih warna terang untuk interior

Contoh interior warna terang (Pixabay)

Salah satu trik untuk membuat ruang-ruang mungil yang terdapat di dalam rumah tipe 36 agar tidak terasa sumpek adalah dengan menghindari warna-warna gelap baik pada dinding, lantai, maupun plafond ruangan. Ruangan dengan warna terang cenderung memberikan kesan leluasa dan luas pada rumah tipe 36 dan tentunya hal ini juga akan terkesan lebih mewah daripada ruangan sempit dengan warna yang gelap.

2. Maksimalkan pencahayaan

Contoh pencahayaan pada salah satu ruangan (Pxhere)

Salah satu cara untuk membuat ruangan terasa luas dan mewah adalah pencahayaan yang baik. Maka dari itu, penting sekali untuk mengatur bukaan-bukaan semaksimal mungkin untuk mengatur pencahayaan yang masuk ke rumah minimalis tipe 36. Selain untuk pencahayaan, bukaan-bukaan ini juga bisa membantu mengatur sirkulasi udara dalam rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan skylight untuk mendapatkan tambahan cahaya dari atas ruangan. Dengan begitu ruangan jadi jauh lebih terang dan terkesan mewah.

3. Meninggikan langit-langit ruangan

Ruang tamu ceiling tinggi (Pxhere)

Kamu bisa membuat ruang terkesan mewah dan luas jika kamu menaikkan ketinggian ceiling atau langit-langit ruangan. Ruang-ruang terbuka tanpa sekat adalah pilihan ruang paling pas untuk mengaplikasikan langit-langit ruang yang tinggi. Untuk ruang yang terlalu sempit, kamu nggak perlu mengaplikasikan hal ini karena justru akan membuat ruang tersebut nggak terasa proporsional.

4. Manfaatkan cermin

Contoh ruangan dengan cermin (Pxhere)

Memilih salah satu dinding dan mengantinya dengan cermin bukan hanya membuat ruang terasa lebih luas tetapi efek reflektif juga akan memberikan kesan mewah pada ruangan. Bagian lain pada rumah minimalis tipe 36 yang sangat pas untuk dipalikasikan cermin adalah dinding backlash pada dapur. Karena permukaannya yang licin, cermin pada backlash dapur juga sangat efisien karena mudah dibersihkan dari noda-noda sisa memasak.

5. Pakai perabot mewah yang nggak makan tempat

Jam dinding (Pxhere)

Meski ruangan dalam rumah minimalis tipe 36 sangat terbatas, bukan berarti kamu nggak bisa berkreasi dengan material atau dekorasi-dekorasi mewah. Kamu bisa meletakkan perabotan mewah yang nggak makan tempat seperti lukisan, jam dinding, atau poster kanvas. Kamu juga bisa mengaplikasikan lampu kristal sederhana pada ruang-ruang utama dengan ceiling yang sudah ditinggikan.

Itulah 5 langkah agar rumah minimalis kamu jadi terlihat mewah. Selamat mencoba! (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
51
Ngakak