Deretan Kuliner yang Jadi Viral Tahun 2017 Karena Paling Banyak Diburu


Banana Nugget (@bananugget_jkt)

Setiap tahun selalu ada saja hal yang menjadi viral di media sosial, baik itu sebuah berita kejadian, artis ternama, hingga kuliner kekinian. Baik itu makanan maupun minuman yang menjadi viral ini awalnya karena memiliki inovasi yang unik dan menarik, banyak diposting atau dipublikasikan oleh para artis atau tokoh kenamaan, serta ada juga yang dipasarkan dengan cara yang berbeda. Hal inilah yang membuat kuliner-kuliner tersebut diburu banyak orang sehingga antrian saat membelinya bisa mengular panjang. Tapi anehnya, kita bahkan rela mengantri berlama-lama karena penasaran ingin mencoba langsung seperti apa kelezatan kuliner tersebut. Di tahun 2017, ada tujuh kuliner kekinian yang menjadi viral, yaitu:

1. Es Kopi Susu

Es Kopi Susu (@ralineshah)

Di urutan pertama ada es kopi susu yang keberadaanya kini sudah menjamur di berbagai tempat. Sesuai dengan namanya, es kopi susu merupakan kopi jenis espresso yang dicampur dengan susu dan krim kelapa sehingga citarasanya bercampur antara manis dan pahit. Es kopi susu sebenarnya sudah lama ada, tapi minuman ini jadi viral berkat kedatangan presiden Joko Widodo ke salah satu gerai es kopi susu yakni Es Kopi Tuku yang berada di kawasan Fatmawati. Sejak saat itu, es kopi susu jadi terkenal dan banyak diburu. Beberapa gerai es kopi susu yang paling terkenal di Jakarta adalah Kopi Oppa di Cempaka Putih, Sagaleh di Gandaria, Kopi Kebut di Cideng, dan masih banyak lagi.

2. Jus Mangga Thailand

King Mango (@mahanenirosa)

Kedua ada jus mangga Thailand yang mulai menjadi viral sejak pertengahan tahun 2017. Jus mangga Thailand ini awalnya hanya dijajakan di bazar-bazar kuliner yang ada di Jakarta. Berhubung masyarakat Indonesia sangat suka dengan buah mangga dan cuaca di Jakarta cukup panas, minuman yang satu ini jadi sangat digemari. Ditambah lagi jus mangga Thailand ini disajikan dalam gelas plastik yang ukurannya sangat jumbo. Siapa yang tidak tergoda untuk mencicipnya? Jus mangga Thailand merupakan perpaduan dari jus mangga biasa yang diberi krim di bagian tengahnya dan potongan buah mangga segar di atasnya. Gerai jus mangga Thailand yang paling terkenal adalah King Mango, Go Mango!, Mango Mango, dan Mango Tango.

3. Ayam Geprek Mozarella

Ayam Geprek Keprabon Express (@ayamkeprabonexp.jembatanlima)

Dari minuman segar, kita menuju ke makanan yang awalnya merupakan kuliner kaki lima. Ayam geprek mozarella merupakan hasil inovasi dari ayam geprek khas Yogyakarta. Makanan ini menjadi viral sejak dipadukan dengan keju mozarella. Berbeda dengan ayam yang digunakan pada ayam geprek tradisional, ayam geprek mozarella menggunakan ayam yang digoreng dengan baluran tepung sehingga citarasanya renyah. Ketenaran ayam geprek mozarella ini juga karena citarasanya yang pedas karena diberi sambal. Kamu bisa memilih level pedas sesuai selera dan hal ini sering dijadikan tantangan. Gerai ayam geprek mozarella yang banyak diburu adalah iAyam Geprek, Ayam Bengkel Prekkk, Ayam Keprabon Express, Ayam Geprek Berseri, Ayam Blenger PSP, dan Ayam Geprek Wong Sugih.

4. Sate Taichan

Sate Taichan (pergikuliner.com)

Bagi penyuka kuliner kaki lima, pastinya JB’ers tahu fenomena sate taichan yang meramaikan dunia kuliner di awal tahun 2017. Pada saat kemunculannya, sate ini sering dikira sebagai sate yang berasal dari Jepang. Padahal aslinya sate ini benar-benar berasal dari Indonesia. Sate taichan taichan pertama kali muncul di kawasan Senayan. Sate taichan merupakan sate yang terbuat dari daging ayam yang dibakar lalu disajikan bersama dengan perasan jeruk limau dan cocolan sambal yang super pedas. Kalau kamu ingin mencoba sate taichan yang rasanya enak, kamu bisa mencoba Sate Taichan 87 Bang Ocit di Senayan, Sate Taichan Bang Toyib di Sunter, Sate Taichan Rakab di Panglima Polim, Sate Taichan H Yogi di Meruya, dan Sate Taichan Bintaro.

5. Pisang Nugget

Banana Nugget (@ayutingting92)

Masyarakat Indonesia sangat suka menyantap gorengan, salah satu jenis gorengan yang disukai adalah pisang goreng. Hal inilah yang membuat pelaku bisnis kuliner membuat pisang nugget atau yang lebih dikenal dengan nama banana nugget. Tak seperti pisang goreng kebanyakan, pisang nugget merupakan pisang yang dipotong seukuran nugget dan dibalur dengan tepung panir dan digoreng hingga garing. Pisang nugget ini disajikan dengan aneka topping seperti lelehan cokelat dengan beragam rasa, kacang almond, oreo, biskuit, serta keju. Camilan yang satu ini memang baru mulai viral di awal bulan November 2017 dan menjadi viral pada bulan Desember 2017 sejak para artis mulai mempromosikannya. Pisang nugget yang sering direkomendasikan artis adalah Wow Banana, Bananugget, Babananugget, dan Banana Nona.

6. Cheese Tart

Egg Cheese Tart (@pablo_cheese_tart_indonesia)

Cheese Tart merupakan dessert yang paling viral di pertengahan tahun 2017. Hal ini bisa kamu lihat dari antrian yang panjang mengular di beberapa gerai cheese tart yang ada di Jakarta seperti di Pablo, Hokkaido Baked Cheese Tart, Uncle Tetsu, dan Cheesess. Dalam hitungan beberapa jam saja, stok cheese tart bisa langsung ludes terjual. Cheese tart awalnya sangat popular di Osaka, Jepang berkat keunikannya karena memiliki lapisan luar yang renyah tapi lembut di dalam. Lalu dessert ini mulai muncul di Indonesia dan ternyata citarasanya cocok di lidah masyarakat Indonesia.

7. Kue Oleh-oleh Milik Artis

Bandung Makuta (hargamenu.net)

Terakhir ada kue oleh-oleh milik artis ternama Indonesia. JB’ers tentunya tahu kue yang bernama Bandung Makuta milik Laudya Cynthia Bella, Malang Strudel milik Teuku Wisnu, Medan Napoleon Milik Irwanysah, Surabaya Snowcake milik Zaskia Sungkar, Jogja Scrummy milik Dude Harlino, Princess Cake milik Syahrini, Gigieat Cake milik Nagita Slavina, dan masih banyak lagi. Berkat nama pemiliknya, kue-kue ini sukses diburu para pecinta kuliner dan tak jarang kue-kue ini kehabisan stok di gerainya.

Dari sekian banyak kuliner yang jadi viral di tahun 2017 tersebut, JB’ers sudah pernah mencoba yang mana saja? (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak