Ingin Liburan Lancar? Hindari Pesawat Delay dengan Trik Cerdas Ini

Bepergian dengan menggunakan pesawat memang bisa menyingkat waktu perjalanan. Tapi hal tersebut tak melepas kemungkinan dari permasalahan klasik yang akan menimpamu saat pergi menggunakan pesawat yakni terkena delay. Ada banyak faktor yang menyebabkan pesawat terkena delay, mulai dari cuaca yang buruk, kerusakan mesin atau komputer, pembersihan pesawat, kelalaian kru pesawat, kondisi bandara penuh, dan  masih banyak lagi. Waktu keterlambatan pesawat normalnya sekitar 10-30 menit, tapi ada juga yang sampai berjam-jam sehingga membuat kamu kesal hingga merusak mood selama perjalanan. Untuk mengnatisipasi hal ini ternyata ada tiga tips yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui atau memprediksi kalau pesawat kamu akan terkena delay, yaitu:

 

1. Update Prakiraan Cuaca

Update Prakiraan Cuaca (www. weather.com)

Salah satu penyebab terbesar pesawat delay adalah cuaca yang sedang buruk. Kamu bisa mengatasinya dengan selalu mengupdate prakiraan cuaca di bandara tempat kamu berangkat hingga di bandara tujuan. Namanya juga prakiraan cuaca, memang tidak 100% tepat dan benar. Tapi setidaknya kamu bisa bersiap-siap kalau sampai pesawatmu terkena delay seperti dengan membawa buku bacaan atau memindahkan film ke dalam tabletmu agar tidak bosan selama menunggu pesawat.

 

2. Pantau Keberadaan Pesawat Lewat Aplikasi dan Situs

Gunakan Website Pemantau Pesawat (www.cronosal.web.id)

Selain update prakiraan cuaca, kamu juga bisa memantau keberadaan pesawat. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pemantau pesawat seperti GateGuru. Aplikasi ini bisa menentukan lokasi terkini pesawat yang kamu gunakan dengan memasukkan nama maskapai penerbangan dan nomor penerbangan untuk memulai proses tracking. Selain aplikasi, kamu bisa memantau keberadaan pesawatmu melalui situs pemantau pesawat seperti www.flightaware.com atau www.flightstats.com. Cara kerjanya sama dengan aplikasi pemantau pesawat. Jadi setelah kamu memasukkan nama maskapai dan nomor penerbangan, kamu akan melihat dengan detail apakah pesawat tersebut sedang dalam perjalanan, sudah mendarat, atau mengalami delay.

 

3. Cerdas Memilih Waktu Keberangkatan

Memilih Waktu Keberangkatan (traveloka.com)

Salah satu cara untuk menghindari terkena pesawat yang delay adalah dengan memilih waktu keberangkatan yang tepat. Biasanya orang-orang yang memilih untuk bepergian pada pagi hari yakni sekitar pukul 04.00-08.00 pagi jarang terkena delay. Meskipun ada delay, waktunya tidak sampai berjam-jam. Jadi kalau kamu ingin bepergian dengan menggunakan pesawat, sebaiknya pilih jam-jam tersebut sehingga bisa terhindar dari delay. Selain itu, keuntungan memilih penerbangan di pagi hari adalah harganya yang jauh lebih murah dibanding penerbangan siang, sore, dan malam.

 

4. Hindari Maskapai Penerbangan dengan Reputasi Delay yang Tinggi

Hindari Maskapai yang Sering Delay (cntraveler.com)

Terakhir adalah hindari untuk menggunakan maskapai penerbangan yang terkenal dengan kasus delay yang cukup tinggi. Jika kamu belum pernah menggunakan maskapai penerbangan tersebut, lebih baik kamu mencaritahu reputasinya melalui teman atau keluargamu. Siapa tahu sudah ada yang pernah menggunakan maspakai penerbangan tersebut dan pernah mengalami kejadian pesawat delay yang tidak mengenakkan. Kamu juga bisa mengeceknya melalui komentar yang ada di forum atau blog para traveler karena sudah pasti mereka lebih sering bepergian dengan maskapai penerbangan yang berbeda-beda.

Semoga dengan adanya tips di atas, kamu bisa terhindar atau bisa mengatasi keterlambatan pesawatmu ya JB’ers!

(rei)

Apa Komentarmu
Tunggu Dong...