Menjelajahi Alam Bawah Laut Pulau Kapoposang, Spot Diving Tercantik di Sulawesi Selatan

Keindahan bawah laut Pulau Kapoposang (Sportourism)

Jika ditanya mengenai spot diving terbaik di Indonesia, mungkin kebanyakan bakal menjawab Raja Ampat di Papua. Padahal, di daerah lainnya di Indonesia, masih banyak spot diving yang nggak kalah memukau. Salah satunya adalah di Pulau Kapoposang di Sulawesi Selatan ini.

Secara administratif, Pulau Kapoposang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pangkep. Namun, kamu bisa pergi ke sana melalui Pelabuhan Paotere di Makassar. Keindahan baharinya selalu menjadi alasan bagi turis lokal maupun mancanegara untuk berkunjung. Momen sunset juga tak boleh dilewatkan saat berlibur di sini.

Pulau Kapoposang (Instagram)

Meskipun nama Kapoposang tidak setenar wisata lainnya yang berada di Sulsel, tapi kawasan ini menyuguhkan panorama alam bawah laut dan menjadi spot diving juga snorkeling paling menarik di Sulsel. Keindahan biota laut di dalamnya masih terjaga ke-alamiannya.

Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam terumbu karang serta biota laut warna-warni. Terdapat total 14 spot diving, diantaranya Januar Point, Aquarium Point, dan Tanjung Point. Selain itu ada juga Shark Point, dimana pengunjung bisa merasakan sensasi menyelam bersama hiu. Tak heran jika tempat ini menjadi surga bagi para penyelam.

Pulau Kapoposang (Instagram)

Spot lain yang bisa kamu kunjungi selama di Pulau Kapoposang adalah Turtle Point. Wilayah ini merupakan habitat asli dan tempat bertelurnya penyu sisik. Kamu boleh melihat, namun jangan sampai mengganggu mereka ya. Sebab hewan ini diawasi oleh Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional.

Pemandangan bawah laut Pulau Kapoposang (Instagram)

Meskipun letaknya cukup jauh dari perkotaan, namun fasilitasnya sudah lebih dari cukup. Tersedia penginapan bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana pulau lebih lama. Selain itu, ada juga tempat persewaat alat diving. Sayangnya, akses telekomunikasi di sini masih cukup terbatas.

Tempat ini juga ditinggali oleh warga dari berbagai suku seperti Bugis dan Mandar. Mereka selalu ramah terhadap pengunjung. Pastinya akan membuat liburan terasa menyenangkan.

Penyu di bawah laut Pulau Kapoposang (Instagram)

Nah, jika kamu ingin mencari spot diving lain selain di Raja Ampat, nama Pulau Kapoposang wajib masuk daftar destinasi wisata kamu. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Nggak Harus Kebut Semalam, 5 Sistem Belajar Ini Bisa Bikin Kamu Sukses Hadapi Ujian

Mengenal Biby Alraen, Istri Rifky Balweel yang Kecantikannya Jadi Pusat Perhatian