Budget Super Minim, Kamu Tetap Bisa Keliling Indonesia, Begini Caranya

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia menyimpan kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa. Keindahan alam ini tentu saja bisa menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Meski demikian, banyak orang yang menahan diri untuk nggak jalan-jalan atau berwisata keliling Indonesia dikarenakan masalah biaya. Tapi tenang saja, meskipun kamu memiliki budget super minim, kamu tetap bisa keliling Indonesia. Begini caranya.

1. Melakukan perjalanan malam

Bus malam (Mobilkomersial)

Jika kamu ingin keliling Indonesia, pastikan kamu melakukan perjalanan malam. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menghemat biaya penginapan. Memulai perjalanan pada malam hari memungkinkan kamu bisa tidur di dalam kereta, pesawat atau bus malam, yang jelas nggak mengeluarkan biaya dibandingkan menginap di hotel. Selain itu, untuk tiket pergi-pulang, sebaiknya pilih pada hari biasa karena harga tiket biasanya akan melonjak naik pada akhir pekan. Selain lebih terjangkau, perjalanan pada hari biasa dan malam hari juga akan menghindarkanmu dari kemacetan sehingga kamu dapat menghemat banyak waktu.

2. Makan di warung pinggir jalan

Makan di pinggir jalan (Moccaluna)

Jalan-jalan keliling Indonesia nggak bakal lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Namun, untuk urusan makan, lebih baik kamu hindari restoran atau rumah makan yang mahal. Cari tahu apakah ada warung atau pasar tradisional yang juga menjajakan makanan serupa. Harga makanan di warung tepi jalan atau kaki lima tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan harga makanan di restoran. Hal ini bakal berguna jika kamu jalan-jalan ke kota besar (Jakarta, Surabaya), kota yang banyak turis internasional (Bali), atau kota yang dekat dengan negara lain (Tanjungpinang, Medan), yang harganya relatif lebih mahal.

3. Mencari teman di berbagai kota

Ilustrasi kontak teman (Pexels)

Jika kamu memiliki teman di berbagai kota yang tersebar di Indonesia, maka kamu beruntung. Bisa jadi saat kamu bepergian ke kota tempat mereka tinggal, mereka akan mengizinkanmu untuk menginap di rumah mereka. Selain itu, teman atau kenalanmu di daerah yang sama sekali belum pernah kamu singgahi juga bisa memberikan rekomendasi tempat-tempat murah yang nggak banyak orang tahu. Jika kamu nggak punya kenalan di kota selain tempat tinggal kamu, nggak sulit kok mencari kenalan atau teman baru yang bisa kamu temui di Indonesia. Sebelum berencana untuk jalan-jalan, luangkan waktu kamu untuk bergabung dengan komunitas wisata yang bisa kamu temukan dengan mudah melalui keajaiban internet.

4. Bawa pakaian secukupnya

Cewek bawa koper (Pixabay)

Masalah yang satu ini biasanya paling bisa membuat para cewek pusing. Ingatlah bahwa mengelilingi Indonesia itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Serta memungkinkan kamu untuk berpindah-pindah pulau dan tempat lebih dari dua kali. Biar nggak repot, maka bawalah pakaian dengan jumlah sedikit sehingga memudahkan kamu untuk membawanya tanpa rasa berat saat harus berpindah lokasi. Untuk menyiasati agar nggak kehabisan pakaian, bawalah detergen cair sehingga kamu bisa mencuci pakaian kotor. Bawalah pakaian kasual seperti kaos, celana panjang dan pendek serta beberapa pakaian dalam. Bagi para cewek, sebaiknya hindari juga pakaian yang terlalu seksi dan terbuka.

5. Nebeng

Nebeng (Wikimedia)

Namanya juga ingin jalan-jalan murah, apapun juga akan kamu lakukan untuk menekan biaya pengeluaran. Salah satu biaya terbesar yang akan menguras isi dompetmu saat berlibur adalah ongkos atau biaya transportasi. Karena masih asing dengan medan dan daerah sekitar, kamu tentunya akan lebih sering menggunakan tranportasi umum yang terkesan praktis dan aman seperti taksi. Padahal jika hal ini tetap kamu teruskan, maka bukan nggak mungkin, budget liburanmu akan cepat terpangkas habis. Untuk menyiasatinya, kamu bisa meminta warga sekitar untuk memberimu tumpangan menuju tempat lain yang ingin kamu singgahi. Tentu saja kamu harus memintanya dengan cara yang sopan dan jangan memaksa.

Itulah 5 cara agar kamu bisa keliling Indonesia dengan budget yang super minim. Jadi, sudah tentukan mau liburan ke mana saja? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...