Nilai Mata Uang 5 Negeri Ini Lebih Rendah dari Rupiah, Cocok Buat Backpacker-an Hemat


Backpacker (Pxhere)

Jika kamu berpikiran bahwa berwisata ke luar negeri membutuhkan biaya yang mahal, mungkin kamu perlu pikir-pikir lagi. Sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa bepergian ke luar negeri dengan biaya yang lebih murah. Salah satunya adalah dengan cara backpacker. Tentunya, ke luar negeri dengan backpacker-an ini juga nggak sembarangan negara bisa kamu kunjungi. Nah, buat kamu yang memang ingin ke luar negeri dengan backpacker-an, bisa kunjungi 5 negara yang nilai mata uangnya setara atau lebih rendah dari rupiah berikut ini.

1. Vietnam

Halong Bay, Vietnam (Pixabay)

Vietnam memiliki mata uang bernama Dong. Saat artikel ini ditulis, 1 Dong nilainya setara dengan Rp 0,5. Sebagai gambaran, bersantap di gerai restoran cepat saji asal Amerika Serikat di Vietnam dihargai sekitar 70 ribu Dong atau setara Rp 40 ribu. Keuntungan lain bagi kamu yang berlibur ke Vietnam adalah negara ini bebas biaya visa karena termasuk Negara Asia Tenggara. Lumayan, bisa makin menghemat biaya pengeluaran kamu.

2. Nepal

Pegunungan di Nepal (Pixabay)

Di kalangan orang Indonesia yang suka traveling, memang Nepal merupakan salah satu negara yang terkenal murah. Saat ini, 1 Nepal Rupee setara dengan Rp 131. Untuk harga makanan di warung makan Nepal berkisar 250 Nepal Rupee atau setara Rp 32 ribu. Nepal juga termasuk salah satu negara yang menerima wisatawan asal Indonesia dengan visa on arrival sehingga lebih mudah dalam proses masuk Nepal.

3. Iran

Gunung Damavand, Iran (Flickr)

Negara Persia ini menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki situs sejarah dengan arsitektur indah, Iran juga terkenal murah. Saat ini, nilai 1 Real Iran setara dengan Rp 0,35. Untuk biaya makan, kamu nggak usah khawatir. Karena satu kali makan di restoran standar Iran sekitar 150 ribu Real atau setara Rp 50 ribu. Selain itu, Iran juga menerapkan kebijakan visa on arrival untuk wisatawan asal Indonesia.

4. Belarusia

Minsk, Belarusia (Flickr)

Walaupun biaya hidup di Eropa terkenal mahal, nyatanya, ada satu negara yang nilai tukar mata uangnya hampir mirip dengan Indonesia. Negara tersebut adalah Belarusia. Di sana, nilai 1 Rubel (mata uang Belarusia) setara dengan Rp 0,7. Sekadar informasi, ternyata biaya hidup di Minsk, yaitu ibu kota Belarusia, sekitar 23,97 persen lebih murah dari Jakarta.

5. Paraguay

Paraguay (Wikimedia)

Salah satu negara eksotis di Amerika Selatan, Paraguay, juga terkenal akan biaya hidup yang rendah. Di sini, nilai 1 Guarani Paraguay setara dengan Rp 2,4. Biaya makan di restoran cepat saji asal Amerika Serikat di sana sekitar 25 ribu Guarani atau setara Rp 60 ribu.

Bagaimana? Lumayan terjangkau kan berwisata di 5 negara tersebut? Hal yang paling penting ketika kamu berkunjung ke negara lain adalah menikmati setiap perjalanan dan pengalaman baru yang kamu temukan, karena hal itu belum tentu bisa kamu dapatkan kembali. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak