Jalan-jalan ke Karangasem, Kamu Wajib Kunjungi 5 Lokasi Ini untuk Lihat Pesona Bali


Bukit Asah (Instagram)

Saat jalan-jalan ke Bali, sebenarnya ada beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi selain wisata pantainya, seperti misalnya saat ke Karangasem. Kabupaten Karangasem ini terletak di Pulau Bali bagian Timur. Belakangan Kabupaten Karangasem banyak disorot lantaran kondisi Gunung Agung. Ada banyak tempat wisata spesial di Karangasem yang wajib dikunjungi, contohnya adalah 5 lokasi ini.

1. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur (Instagram)

Semenjak erupsi Gunung Agung, Pura Lempuyang Luhur menjadi semakin diminati. Salah satu sudut paling terkenal dari pura ini adalah gerbang pura yang tampak Gunung Agung langsung. Jika memotret dari sudut yang benar, maka akan tampak puncak Gunung Agung yang simetris di tengah gerbang pura. Pura Lempuyang Luhur adalah salah satu situs sembahyang penting bagi umat Hindu di Bali. Karena itu, wisatawan harus mematahi aturan setempat seperti dilarang berkata kotor dan berbusana dengan pantas.

2. Bukit Asah

Bukit Asah (Instagram)

Bukit Asah menjadi tempat yang tepat untuk melihat pemandangan laut, tebing, dan perbukitan hijau. Suasananya sangat tenang dan cenderung sepi pengunjung karena belum banyak diketahui wisatawan. Menariknya lagi, di Bukit Asah wisatawan bisa melihat pemandangan matahari terbit di pagi hari dan melihat pemandangan matahari terbenam di sore hari.

3. Tirta Gangga

Tirta Gangga (Instagram)

Titra Gangga adalah taman istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem pada tahun 1940an. Pada tahun 1963, Tirta Gangga hancur akibat erupsi Gunung Agung. Namun, tempat ini kemudian dibangun kembali, dan sampai sekarang menjadi taman air cantik di Karangasem. Di sini kamu bisa berfoto di tengah air mancur. Jika beruntung, maka kamu akan dikelilingi oleh ikan yang hidup di kolamnya.

4. Bukit Putung

Bukit Putung (Instagram)

Bukit Putung merupakan salah satu wisata yang sedang naik daun di Karangasem. Dari Bukit Putung wisatawan dapat melihat keindahan Bali Timur yang diselimuti tumbuhan hijau dan langsung mengarah ke laut. Sesekali ada monyet yang bergelantungan di pohon dan dapat dilihat jelas. Dari Bukit Putung juga tampak jelas Pulau Nusa Penida. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin menyegarkan pikiran, sekaligus ingin eksis di media sosial, karena memiliki pemandangan yang menyejukkan.

5. Desa Tenganan

Desa Tenganan (Instagram)

Jika ingin melihat cerminan Bali Aga atau Bali zaman kuno, berkunjunglah ke Desa Tenganan. Leluhur Tenganan dipercaya berasal dari Kerajaan Majapahit. Sampai saat ini penduduk desa masih memegang teguh peraturan adat yang sudah ada sejak abad ke-11. Peraturan adat tersebut mengatur sistem pemerintahan, hak tanah dan hak sumber daya alam, perkawinan, pendidikan, dan upacara adat. Kamu juga bisa menemukan kerajinan tradisional Bali khas di desa ini, seperti kerajinan lontar dan tenun ikat ganda gringsing yang langka di dunia.

Nah, jika kamu kebetulan ke Bali, tepatnya ke Karangasem, jangan lupa untuk mengunjungi 5 lokasi wisata di atas ya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak