Jalan-jalan ke Bontang Belum Lengkap Jika Belum Nikmati Eksotisnya Pulau Beras Basah


Pulau Beras Basah (Instagram)

Kamu suka traveling mengunjungi pantai atau wisata bahari? Jika iya, maka kamu wajib mengunjungi pulau yang satu ini jika kebetulan kamu sedang traveling ke Bontang. Pulau itu adalah Pulau Beras Basah.

Pantai Pulau Beras Basah adalah obyek wisata pasir putih yang berada di Kota Bontang, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau ini merupakan pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar, sebelah timur Pulau Kalimantan. Yang khas dari Pulau Beras Basah adalah adanya sebuah mercusuar tinggi, yang sayangnya sudah nggak terpakai.

Pulau Beras Basah (Instagram)

Pulau ini memiliki pasir yang putih dan panorama pantai yang memanjakan mata. Nggak cuma pemandangan pantainya, alam bawah laut di pulau ini juga nggak kalah memukau. Nggak heran banyak wisatawan yang ke sini untuk menyelam dan menikmati pemandangan bawah lautnya.

Di tengah pulau, terdapat sebuah pondokan sederhana, yang cukup luas untuk sekedar menaruh barang bawaan atau sebagai tempat untuk istirahat. Pohon-pohon rimbun di sekitarnya terlihat kokoh meski lokasi nya berada di atas pulau berpasir.

Pulau Beras Basah (Instagram)

Bagi kamu yang ingin mengelilingi pantai Pulau Beras Basah, bisa memesan kapal yang ditumpangi menuju ke Pulau ini untuk mengantarmu mengelilingi kawasan laut di Pulau Beras Basah. Kamu bahkan bisa menikmati rindangnya pohon kelapa di pinggir pantai dengan duduk dan bersantai di gazebo yang disediakan untuk pengunjung.

Lalu, kenapa pulau ini dinamakan Pulau Beras Basah? Nama Beras Basah diambil dari kata “Beras” dan “Basah” atau bisa ditafsirkan sebagai beras yang selalu basah. Nama ini disematkan pulau kecil ini karena menurut cerita rakyat yang berkembang, pada zaman dulu kala ada kapal pengangkut bahan pangan milik kesultanan Kutai yang berlayar dan tenggelam di Selat Makassar.

Pulau Beras Basah (Instagram)

Kapal pengangkut beras tersebut kemudian karam dan beras-beras muatan tenggelam ke dalam laut. Lama-kelamaan sebagian beras yang tidak tenggelam menjadi semacam gundukan. Gundukan beras inilah yang kemudian diyakini sebagai cikal bakal warna pasir putih yang ada di pulau Beras Basah.

Yang perlu diingat, sebelum ke pulau ini, ada baiknya kamu membeli dulu perlengkapan atau perbekalan secukupnya di kota Bontang, karena di pulau ini masih minim fasilitas. Apakah setelah melihat keindahan pulau ini, kamu jadi ingin ke sana? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak