Don't be Captious

Selain di Mal, Ini 5 Ide Liburan yang Bisa Kamu Lakukan Bareng Gebetan Biar Makin Dekat

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Jika sedang liburan, ke mana kamu bakal mengajak gebetan kamu jalan? Biasanya, mal jadi pilihan untuk tempat jalan bareng gebetan. Padahal, masih ada tujuan lain yang bisa kamu pilih. Biar nggak ke mal melulu, berikut 5 ide liburan yang bisa kamu lakukan bareng gebetan biar makin dekat.

1. Coba kereta bandara

Kereta Bandara Soekarno Hatta (Detik)

Akses ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng sekarang kian mudah dengan adanya kereta. Nggak ada salahnya nih kamu coba kereta tersebut walau nggak ada niat bepergian jauh. Kamu bisa naik kereta api bandara dari Stasin BNI City atau Sudirman Baru seharga Rp 70 ribu untuk sekali jalan.

Jadwal kereta mulai dari 03.51 pagi di Sudirman Baru dan berakhir pukul 21.51. Perjalanan selalu ada tiap jam. Untuk sampai bandara Soekarno Hatta, waktu yang ditempuh nggak sampai satu jam. Selama di kereta kamu akan menikmati beragam fasilitas, salah satunya stop kontak untuk charge daya gadget. Interiornya juga baru, nyaman, dan cukup modern. Lumayan, kamu bisa mencoba fasilitas keren sambil PDKT sama gebetan kamu.

2. Tur China Town

Pantjoran Tea House (Nowjakarta)

Menjelang perayaan tahun baru Imlek, kamu dan gebetan bisa jalan-jalan di daerah penuh kekhasan budaya Tiongkok. Di Jakarta kamu bisa membuat mini tur China Town yang mencangkup beberapa lokasi, seperti Chandra Naya, Pantjoran Tea House, Pasar Gloria, Pantjoran Gang Kalimati, Klenteng Dharma Bhakti, Klenteng Toa Se Bio, Gereja Santa Maria de Fatima, dan Pasar Petak Sembilan. Selain jalan-jalan di kawasan China Town itu, jangan lupa untuk cicip beragam kuliner khas, seperti kopi es Tak Kie, cong fan, mipan, kue tieh 68 Ncek Santung, dan lainnya.

3. Keliling Jakarta dengan bus city tour

Bus City Tour (Kompas)

Bertahun-tahun tinggal di Jakarta, tapi nggak tahu seluk beluk wisata di ibu kota? Maka kamu wajib untuk ikut keliling Jakarta dengan bus city tour yang disediakan gratis oleh pemerintah. Bis ini juga tingkat, sehingga kamu bisa menikmati hiruk pihuk tiap sisi Jakarta dari ketinggian.

Bus yang dinamakan Mpok Siti ini punya beragam rute yang beroperasi dari pagi hingga malam. Pukul 09.00-17.00, Mpok Siti bakal ajak kamu menelusuri sejarah Jakarta bertajuk “History of Jakarta” dan sensasi berbelanja ke berbagai tempat lewat “Shopping Experience”. Sedangkan pada pukul 17.00-23.00, Mpok Siti menantang kamu untuk ikut jelajah kuliner dan seni bertajuk “Art and Culinary”. Sedangkan kalau hari Minggu Mpok Siti beroperasi mulai pukul 09.00-19.00.

4. Melihat keindahan burung di Babakan Siliwangi, Bandung

Forest Walk Babakan Siliwangi (Piknikyok)
Kalau selama ini kamu jalan-jalan ke Bandung cuma ke tempat itu-itu saja, kamu sekarang harus coba yang lain. Di Babakan Siliwangi yang belum lama ini disulap menjadi makin ciamik, memungkinkan kamu untuk melakukan beragam aktivitas seru selain selfie, salah satunya eksplorasi keindahan burung.

Kegiatan serupa juga pernah diadakan sebuah organisasi bernama Ranggon Environtmental Education Centre. Bertajuk Bandung Bird Walk, kegiatan mereka berupa jalan-jalan di Babakan Siliwangi sembari mengamati alam, khususnya burung pasti berkesan dan bikin wawasan bertambah.

5. Bikin layang-layang di Museum Layang-layang

Museum Layang-layang (Sindonews)

Main layang-layang waktu kecil pasti sudah jadi hal lumrah. Kamu bisa mengenang masa-masa itu, bahkan layangannya bikin sendiri di Museum Layang-layang yang berlokasi di Pondok Labu, Jakarta. Selain bikin layang-layang sendiri, di museum ini kamu bisa belajar banyak soal layang-layang. Mulai dari sejarahnya di Indonesia sampai beragam jenis layangan unik bahkan dari manca negara. Biaya masuknya sebesar Rp 15 ribu dan dibuka setiap hari, kecuali hari libur nasional. Museum ini beroperasi dari pukul 09.00-16.00.

Itulah 5 ide liburan yang bisa kamu lakukan bareng gebetan selain ke mal. Semoga kamu bisa makin dekat dengan gebetan, dan berujung jadian. (tom)

Latest article