Riska Wahyuni, Pelajar SMA Sekaligus Atlet Judo Peraih 20 Medali Emas


Riska Wahyuni (HAI)

Seorang atlet biasanya berusia 20 tahun ke atas. Namun ternyata nggak semua atlet berusia 20an tahun. Salah satunya adalah Riska Wahyuni, yang kini masih duduk di kelas 11.

Riska Wahyuni adalah salah satu siswi berprestasi di SMKN 11 Jakarta yang masih duduk di kelas 11 dengan jurusan Akuntansi. Perempuan yang sering disapa Riska ini terkenal sebagai atlet judo. Ia sudah menjuarai banyak kejuaraan judo baik tingkat sekolah, daerah, nasional, maupun internasional.

Di sekolah, sikap dan perilaku Riska sama dengan murid lainnya. Namun lain halnya jika ia sudah mengenakan Judogi (baju untuk latihan judo). Bela diri asal Jepang ini tentunya nggak mudah dilakukan, tetapi Riska mampu mengalahkan lawan-lawannya di tiap pertandingan. Nggak heran jika dia hingga kini berhasil meraih 20 medali emas, 3 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Riska Wahyuni saat tanding (Instagram)

Riska mengikuti latihan Judo sejak tahun 2011, walau sempat berhenti pada saat kelas 2 SMP karena ingin fokus belajar. Tetapi keahlian Riska nggak luntur, dan ia memutuskan untuk mengasah kemampuannya itu setelah masuk SMK.

Kepiawaiannya dalam judo nggak diragukan lagi. Medali emas sekaligus perdana berhasil Riska raih di kelas 20 kg tingkat sekolah se-DKI pada oktober 2011. Kompetisi yang pernah ia menangi adalah Internastional Cup Judo Frendly Games. Di final ia bertemu dengan atlet judo asal Jepang.

Kabar terakhir, Riska Wahyuni menjuarai POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) 2017. Ia berhasil menyabet medali perunggu di cabang olahraga judo kelas under 40 kg. acara dua tahunan ini diselenggarakan di GOR Universitas Katholik Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah, 10-12 September 2017 lalu.

Riska mengungkapkan bahwa sebelum bertanding di POPNAS, ia dikarantina selama 1 bulan guna mempersiapkan pertandingan dengan sangat matang.

Riska Wahyuni bersama ibunya (Instagram)

“Alhamdulillah meskipun menang juara 3 saya tetap bersyukur, Karen senggaknya saya pulang ke Jakarta tanpa tangan kosong, melainkan membawa medali perunggu, tetapi saya nggak puas dan ingin latihan lebih keras lagi agar bisa memenangkan juara 1,” ujar Riska seperti dikutip dari Haigridid, Selasa (20/2/2018).

Ni Kadek Anny Andini adalah salah satu sosok atlet judo yang menginspirasi Riska Wahyuni. Ni Kadek Anny Andini dikenal sebagai salah satu atlet judo kelas 52-57 kg putri SEA GAMES 2015 di Singapura dan berhasil meraih mendali emas untuk Indonesia.

“Mengikuti bela diri judo nggaklah mudah, kita harus kuat mental, fisik dan harus punya tujuan yang benar-benar membuat kita berprestasi,” pungkas Riska.

Bagi yang belum tahu, judo merupakan olahraga bela diri asal Jepang yang mengandalkan stamina, teknik bantingan dan kuncian. Olahraga ini sangat rawan membuat orang yang menggelutinya cedera. Begitu juga dengan Riska, ia pernah mengalami cedera bahu kanan sampai tulangnya tergeser. Namun hal ini nggak membuatnya kapok, dan malah menjadi motivasinya untuk terus jadi yang terbaik.

Meski masih SMA, namun prestasi Riska sudah berderet. Bukan nggak mungkin Riska bakal menjadi atlet yang mendunia, seperti senior-seniornya. Sukses terus untuk Riska. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
91
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
81
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak