Tadinya Nggak Terpakai, 5 Lahan Ini Disulap Warga Jadi Kebun Bunga yang Cantik dan Instagrammable


Kebun bunga cantik (Instagram)

Di berbagai daerah di Indonesia, terdapat beberapa kebun bunga dengan koleksi bunga yang cantik dan pemandangannya memanjakan mata. Namun tahukah kamu, jika beberapa di antaranya ternyata dibangun dari lahan kosong yang nggak terpakai? Berikut adalah 5 lahan yang disulap jadi kebun bunga yang cantik dan Instagrammable.

1. Taman Dewari

Taman Dewari (Instagram)

Taman yang baru dibuka tanggal 10 Februari lalu ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Taman bunga ini cocok untuk kamu yang menyukai hobi fotografi. Di taman seluas 2.800 meter ini, kamu akan puas untuk berfoto dengan latar belakang ribuan bunga matahari yang tengah mekar. Perpaduan dari warna kuning bunga matahari dengan langit warna biru akan membuat pesona foto kamu menarik. Pemilik taman bunga matahari tersebut adalah warga sekitar, bernama Zanial Amirin. Berawal dari hobinya berfoto-foto, ia akhirnya membuat spot foto yang bisa dinikmati bersama masyarakat. Untuk masuk ke taman ini, kamu hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp 5 ribu.

2. Sawah Ungu Indramayu

Sawah ungu Indramayu (Kumparan)

Sawah yang terletak di Blok Rong Desa Sekarmulya Kecamatan Gabus Wetan Indramayu itu memiliki warna yang berbeda karena yang ditanami varietas padi berwarna ungu, bernama black madras. Di sekeliling padi berwarna ungu ini ada hamparan padi biasa berwarna hijau. Pemilik sawah sendiri adalah warga sekitar bernama Hasan. Meski bukan baru-baru ini menanam padi, sawah Hasan itu baru viral sekarang. Banyak warga yang datang ke sana hanya untuk berfoto-foto. Tentang black madras sendiri, varietas ini mengandung serat lebih tinggi daripada padi biasa. Selain itu, kandungan gula yang rendah dalam black madras membuatnya baik dikonsumsi untuk penderita penyakit gula ataupun diabetes.

3. Eceng Gondok Kampar

Eceng Gondok Kampar (Instagram)

Wisata eceng gondok di Desa Koto Tibun, Kecamatan Kampar ini mirip seperti taman bunga Keukenhof di Belanda. Tempat ini awalnya merupakan galian tambang, yang berbentuk seperti kolam seluas 8 hektar. Lalu warga sekitar menyulapnya menjadi surganya eceng gondong dengan bunga-bunga eceng (Eichhhoria crassipe) berwarna ungu lavender mengapung. Untuk melihat amparan eceng gondok, kamu hanya perlu membayar parkir saja.

4. Kebun Mawar Jember

Kebun Mawar Jember (YouTube)

Desa Karang Pring di Kecamatan Sukorambi, Jember, Jawa Timur, menawarkan wisata menarik. Ladang kosong di desa ini disulap oleh 130 orang petani menjadi kebun bunga mawar. Keindahan bunga-bunga mawar di desa ini, dapat dinikmati oleh pengunjung yang ingin melihat-lihat dan memetik langsung bunga mawar di kebun milik petani. Nggak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapatkan wawasan tentang merawat bunga. Untuk masuk ke kawasan lahan kebun, pengunjung nggak perlu membayar tiket masuk, namun jika ingin membeli dan memetik langsung bunga mawar dari tangkainya, pengunjung cukup membayar Rp 20 ribu untuk satu kantong plastik.

5. Taman Bunga Amarilis

Taman Bunga Amarilis (Instagram)

Taman bunga yang terletak di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, ini mampu menarik perhatian masyarakat tiap tahunnya. Taman bunga Amarilis ini mulai dikenal masayarakat pada tahun 2015. Pemilik taman bunga Amarilis ini adalah warga sekitar yang bernama Sukadi. Ia mengembangkan lahan seluas 5 ribu meter persegi menjadi tempat wisata yang Indah. Walaupun taman ini sempat rusak karena diinjak pengunjung yang datang, kini pemiliknya memasang garis pembatas antara pengunjung dan bunga agar tetap terjaga keindahannya.

Itulah 5 kebun bunga yang dibuat dari lahan kosong yang nggak terpakai. Mana yang jadi lokasi favorit kamu? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak