VIDEO: Aksi Keren Silat Harimau Minangkabau di Film Black Panther


T'Challa vs Killmonger (YouTube)

Sudah nonton film “Black Panther”? Dari segi adegan laga, film yang satu ini memang terlihat keren. Gaya bertarung T’Challa yang lincah dan kuat, mau dia memakai kostum Black Panther maupun nggak, sangat mencuri perhatian. Namun tahukah kamu, kalau ternyata adegan pertarungan Black Panther itu memasukkan unsur silat?

Hal ini diungkapkan sendiri oleh pemeran T’Challa, Chadwick Boseman, dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh Straits Times. “Tim produksi kami sangat memerhatikan koreografi, yang menggabungkan capoeira dari Brasil, tinju Dambe (Nigeria), gulat Senegal, pertarungan tongkat Zulu dan seni bela diri Asia Tenggara, seperti muay thai dan pencak silat, untuk menciptakan warisan budaya Wakanda yang kaya,” kata Chadwick Boseman.

Chadwick Boseman juga mengunggah sebuah klip video di akun Instagram miliknya. Dalam video itu, Boseman sedang berlatih gerakan yang menyerupai pencak silat, namun sebenarnya gerakan itu sudah tercampur dengan gerakan bela diri lainnya, bukan murni pencak silat. Hal ini menghindari perselisihan netizen mengenai sebuah video yang menunjukkan bahwa sesi pelatihan Boseman menyebar di bulan Mei, di mana netizen percaya bahwa tindakan dalam pelatihan Boseman adalah gerakan silat.

Silat sendiri adalah seni bela diri asal negara-negara rumpun Melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Bela diri ini dipilih sebagai referensi adegan perkelahian melalui riset yang mendalam oleh sutradara “Black Panther”, Ryan Coogler.

Salah satu aliran bela diri silat itu adalah Pencak Silat Harimau yang terkenal di Minangkabau. Di tanah Minang, bela diri ini bisa dikenal dengan sebutan Silek Harimau. Sebagai salah satu varian dari aliran pencak silat, Silek Harimau meniru gerakan harimau seperti melompat dan menendang. Mungkin ini pas dengan Black Panther yang memang mengandung unsur harimau.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mana adegan yang memasukkan unsur silat di dalamnya. Memang sulit, karena adegan pertarungannya sudah mencampur berbagai macam bela diri, namun tetap saja, unsur silat harimau itu masih ada. Dalam beberapa adegan, terlihat T’Challa mengalahkan lawannya dengan cepat. Hal ini merupakan salah satu khas dari Silat Harimau, yang memang bela diri untuk menjatuhkan lawannya dengan cepat.

Berikut adalah salah satu adegan pertarungan dalam film “Black Panther”.

Sebagai perbandingan, ini adalah video Silat Harimau.

Nah, melihat koreografer luar negeri saja sampai berminat mengintegrasikan unsur-unsur silat harimau ke adegan pertarungan film “Black Panther”, semoga saja seni bela diri yang dikatakan sebagai salah satu seni bela diri yang terancam punah ini juga kembali diminati oleh penduduk Indonesia sendiri. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
101
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak