Menanti Keindahan Sunrise di Dringo, Telaga Tercantik Se-Jawa

Ada banyak cara melakukan liburan murah meriah. Yang paling gampang mungkin adalah jalan-jalan ke gunung atau pantai. Bicara tentang gunung atau dataran tinggi, salah satu tempat yang bakal jadi tujuan wisatawan adalah Dieng. Di Dieng ini terdapat satu telaga cantik, yang bernama Telaga Dringo.

Banyak artikel yang berlalu lalang di internet menyebutkan bahwa Telaga Dringo merupakan KW dari Telaga Ranukumbolo. Sepintas telaga ini memang mirip tapi jelas bukan tiruan dari telaga yang ada di kaki Gunung Semeru. Untuk keindahannya berani diadu dan nggak kalah indah pastinya. Bahkan disebut-sebut inilah telaga  paling cantik se-Jawa.

Telaga Dringo (Instagram)

Telaga cantik ini terletak di Kabupaten Batang, perbatasan dengan Banjarnegara, Jawa Tengah. Rutenya nggak jauh dari objek wisata Dieng, sejalur dengan Kawah Candradimuka. Nama Dringo sendiri diambil dari nama tumbuhan yang secara alami banyak tumbuh di kawasan tersebut, yaitu dlingo. Pemandangan indah di sekeliling danau plus kondisi alam yang dingin membuat banyak pengunjung yang datang ke sana untuk berkemah. Satu yang mereka tunggu-tunggu yaitu keindahan matahari terbit alias sunrise di pagi hari.

Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, bahwa di tengah telaga hidup seekor kerbau bertanduk emas. Hewan sahabat petani ini diceritakan sebagai penjaga telaga. Karenanya warga sekitar meyakini bahwa bala akan tiba jika telaga nggak dirawat. Namun memang belum ada warga yang pernah melihat langsung kerbau bertanduk emas.

Telaga Dringo (Instagram)

Selain mitos tersebut, yang menarik dari Telaga Dringo adalah keberadaan 10 makam di puncak Bukit Cemeti di sisi kanan telaga. Katanya makam-makam tersebut merupakan peristirahatan penyebar agama Islam di sana. Namun belum diketahui detail dari 10 makam tersebut. Warga sekitar juga mengaku tak mengetahui asal usulnya.

Telaga Dringo ini merupakan destinasi wisata yang memang belum banyak dikunjungi wisatawan karena akses jalannya yang sangat menanjak, tanah bebatuan. Apalagi untuk menuju ke Telaga Dringo pun kita harus lagi treking selama 20 menit jalan tanah dan berbatu. Namun rasanya belum lengkap ke Dieng jika kamu  belum mengunjungi Telaga Dringo ini walaupun telaga ini terletak di Banjarnegara.

Telaga Dringo (Instagram)

Jika kamu berniat untuk berkemah, jangan lupa untuk membawa peralatan dan juga bekal untuk menginap semalam di telaga ini. Jangan lupa juga untuk bawa kamera untuk foto pemandangan matahari terbit di sana. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...