Ini 5 Gaya Belajar yang Dimiliki Tiap Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Untuk bisa belajar, entah itu pelajaran sekolah atau kuliah, tiap orang memiliki gaya atau metodenya masing-masing. Jadi jangan heran jika gaya belajar teman kamu itu berbeda dengan gaya belajar kamu, karena cara untuk bisa meraih konsentrasi itu berbeda-beda. Berikut adalah 5 gaya belajar yang dimiliki tiap orang, yang mungkin saja salah satunya adalah gaya belajar kamu.

1. Verbal (linguistic)

Ilustrasi baca buku (Forumlenteng)

Gaya belajar ini lebih menyukai terapan auditori. Dia lebih mudah menghafal ketika pelajaran tersebut diceritakan. Kalau ada drama, dia pasti bisa menjiwai dan lebih mudah untuk menghafal skripnya. Cara menerapkan gaya belajar verbal ini biasanya adalah menghafal sambil berbicara. Dengan begitu baru pelajarannya bisa masuk ke otak.

2. Physical (kinesthetic)

Ilustrasi belajar (Pxhere)

Gaya belajar ini lebih mudah menghafal ketika dia bisa menyentuh, atau menggunakan badannya sendiri untuk belajar. Ketika sudah dewasa, gaya belajar seperti ini lebih menyukai berdiri dan mondar-mandir untuk berpikir atau menghafal sesuatu.

3. Aural (auditory – musical)

Ilustrasi dengar musik (Profileplaylist)

Biasa dimiliki oleh pemusik, gaya belajar seperti ini lebih terbiasa menghafal jika ditemani musik. Dia termasuk tipe orang yang tetap bisa konsentrasi biar ada musik sekencang apapun.

4. Visual (spatial)

Ilustrasi gaya belajar visual (Dramabeans)

Gaya belajar ini lebih menyukai menghafal dengan gambar-gambar. Dia merupakan observant yang bagus, bahkan sampai ke detail-detailnya. Kalau untuk menghafal apapun, dia lebih menyukai itu dicetak dan ditempel ke seluruh kamarnya agar lebih masuk di otak.

5. Social (interpersonal) dan Solitary (intrapersonal)

Ilustrasi diskusi (E-nash)

Biasanya, gaya belajar ini seseorang yang punya cara berkomunikasi yang baik. Dia lebih bisa menyerap semua informasi ketika dalam diskusi. Di dalam kelas, dia lebih bisa menghafal ketika ada pertanyaan yang dijawab daripada mendengarkan penjelasan panjang. Gaya belajar seperti ini identik dengan orang ekstrovert. Sementara gaya solitary lebih suka ketika sendirian. Dia lebih mudah menghafal ketika suasana sedang sepi, dan lebih percaya hasil pekerjaannya dibandingkan hasil pekerjaan orang lain. Kurang lebih gaya belajar seperti ini dimiliki oleh orang introvert.

Mana dari kelima gaya belajar itu yang menggambarkan dirimu? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...