Mau Jadi YouTuber atau Vlogger? Ini 5 Jurusan Kuliah yang Bisa Bantu Kamu Wujudkan Mimpi Kamu

Apakah kamu ingin jadi YouTuber atau vlogger terkenal seperti Raditya Dika, Aulion, Daniel Middleton, Smosh, dan lain-lain? Kamu juga bisa seperti mereka asalkan kamu juga memilih jurusan kuliah yang tepat, sehingga kamu bisa mewujudkan mimpi kamu untuk jadi YouTuber. Berikut adalah 5 jurusan kuliah yang bisa bantu kamu untuk jadi YouTuber atau vlogger.

1. Jurusan Komunikasi

Jurusan Komunikasi (Unsoed)

Untuk bisa tampil di YouTube, tentunya kamu harus paham cara-cara berkomunikasi yang baik. Jangan sampai video kamu malah banyak dislike-nya gara-gara kamu nggak bisa menyampaikan isi videonya dengan baik. Di jurusan komunikasi ini nanti kamu bakal belajar banyak hal, seperti cara-cara berkomunikasi, personal branding, media sosial, produk siaran, dan lain sebagainya.

2. Jurusan Perfilman

Ilustrasi jurusan perfilman (Zettamedia)

Di jurusan terkait perfilman ini kamu bakal belajar banyak aspek film di dalamnya, seperti cara menyutradarai sebuah film dengan baik, pembuatan skenario, videografi, sampai menentukan ide dan pendukung. Jangan sampai video kamu itu dibuat asal tanpa punya alur dan pengisi video yang jelas serta menarik.

3. Jurusan Animasi

Ilustrasi jurusan animasi (Smk6surakarta)

Jurusan ini juga bisa menunjang kamu untuk jadi YouTuber. Pasalnya beragam animasi unik dan menarik bisa jadi ‘nilai jual’ tersendiri di YouTube, biar video yang kamu buat dan unggah nggak gitu-gitu aja. Kemampuan software editing tentu juga jadi kebutuhan utama agar animasi yang kamu buat mendukung video kamu.

4. Jurusan Audio

Ilustrasi jurusan audio (Sharingdisana)

Nggak cuma butuh visual yang keren, buat jadi YouTuber juga perlu paham soal audio yang keluar dari video tersebut. Percuma jika visual bagus, tapi suara nggak pas dengan gambar, atau ternyata suaranya nggak enak didengar, seperti ada suara yang nggak diinginkan masuk. Penguasaan software audio bisa jadi nilai plus buat video kamu.

5. Jurusan Teknologi Informasi

Ilustrasi jurusan teknologi informasi (Genmuda)

Di dunia digital, pastinya kamu butuh banyak wawasan untuk mengembangkan video-video yang kamu buat di akun atau channel kamu. Nah, di jurusan terkait Teknologi Informasi banyak pelajaran yang cocok untuk kebutuhan kamu mengatur akun kamu. Misal data syntic, social media analitic, SEO, dan cara memonetisasi akun.

Itulah 5 jurusan yang bisa bantu kamu untuk jadi YouTuber atau vlogger. Tentunya selain jurusan kuliah yang kamu ambil, dibutuhkan juga kreativitas yang tanpa batas dari dalam diri kamu. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...