Menjelajah 5 Destinasi Wisata di Ujung Kulon yang Masih ‘Perawan’


Ujung Kulon (Instagram)

Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) menjadi tempat konservasi badak bercula satu dan hewan langka lainnya. Selain bisa melihat hewan langka tersebut, Taman Nasional Ujung Kulon ini ternyata memiliki banyak destinasi wisata alam lainnya yang masih perawan alias masih belum banyak tersentuh tangan jahil manusia. Di mana saja itu?

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang (Instagram)

Pulau ini dihuni aneka ragam satwa seperti rusa, banteng, biawak, ular, monyet, dan burung merak. Di pulau ini ada beberapa spot snorkeling yang bagus untuk penikmat wisata taman bawah laut, salah satunya di Ciapus dan Legon Kulon. Ke pulau ini bisa menggunakan kapal dengan waktu tempuh dua jam.

2. Pohon Kiara

Pohon Kiara (Instagram)

Pohon ini istimewa karena usianya 100 tahun lebih, sangat besar, dan sulit ditemui di tempat lain. Sebesar apa pohon ini? Untuk bisa merangkul pohon ini, harus dilakukan oleh 35 orang dewasa. Tempat ini cocok buat kamu yang lagi bosan dengan suasana pantai.

3. Tanjung Layar

Tanjung Layar (Instagram)

Tempat ini merupakan titik nol kilometer Pulau Jawa. Terdiri atas gugusan karang dengan pemandangan Samudera Hindia dan Selat Sunda. Pantai Tanjung layar merupakan pertemuan arus perairan Samudera Hindia dan Selat Sunda. Untuk ke lokasi ini, kita bisa menggunakan perahu nelayan menyeberangi laut atau berjalan kaki menyusuri hutan Ujung Kulon melalui wilayah Ciramea dan Cibom yang bisa dijadikan lokasi berkemah.

4. Sungai Cigenter

Sungai Cigenter (Instagram)

Selain menjadi tempat badak bercula satu mencari minum dan makan, lokasi ini juga tempat wisata kano atau kanoing. Kamu bisa menyusuri sungai ini dengan kano dengan pemandangan hutan di kanan dan kiri kamu. Untuk ke lokasi ini, hanya bisa ditempuh menggunakan kapal nelayan selama dua setengah jam.

5. Pulau Oar

Pulau Oar (Instagram)

Destinasi ini merupakan wisata murah meriah dengan jarak tempuh dari Wisma Sarang Badak hanya sekitar 30 menit saja. Dengan hamparan pasir putih, beningnya air laut yang terlihat ekosistemnya, ditambah rerimbunan hutan, menambah eksotisnya pulau seluas lima hektar tersebut. Wisatawan pun bisa berkemah dan snorkeling di lokasi itu.

Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu dari 5 tempat di atas? Ingat, ke mana pun kamu berwisata, jangan lupa untuk nggak membuang sampah sembarangan untuk menjaga keindahan alamnya. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak