Melepas Penat di Telaga Sunyi, Danau Biru di Banyumas yang Masih Asri dan Sepi

Rutinitas keseharian di perkotaan cukup membuat stres berkepanjangan. Karena itu, nggak ada salahnya jika kita menyempatkan waktu untuk menghindari perkotaan sejenak. Salah satu caranya yaitu dengan mengunjungi Banyumas, salah satu kabupaten di Jawa Tengah.

Kabupaten Banyumas di Purwokerto memiliki satu tempat wisata yang sangat indah, namanya Telaga Sunyi. Disebut sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Purwokerto, meskipun secara teknis danau ini berada di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Telaga Sunyi (Instagram)

Telaga Sunyi bersumber dari mata air Gunung Slamet. Airnya begitu jernih dan sejuk, sampai warnanya terlihat kebiruan. Bagian dasar kolam sedalam 5 meter pun bisa terlihat jelas dengan mata telanjang. Airnya yang dingin juga bisa diminum langsung. Relatif aman karena memang masih dekat mata air, jadi belum tercemar polutan.

Meski kamu bisa berenang di sini, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi. Demi keamanan, para pengunjung nggak  diperbolehkan berenang di telaga ini jika cuaca sedang mendung atau hujan. Disarankan juga untuk nggak berenang di bagian bawah telaga, dikarenakan arusnya yang sangat kencang dan berbahaya.

Telaga Sunyi (Instagram)

Sesuai namanya, suasana di telaga ini memang sunyi. Telaga yang tenang dan kucuran air terjun menjadikan suasana terasa syahdu, cocok untuk merenung dan melepas penat. Nggak heran kalau danau ini kerap jadi tempat bertapa di masa lalu.

Selain peraturan, ada lagi beberapa mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar tentang telaga ini. Salah satunya kita nggak  boleh berkata kasar atau kotor jika berkunjung ke telaga ini. Konon, jika kita berkata-kata nggak pantas di telaga ini, kita akan terdorong tiba-tiba ke dasar telaga. Lain lagi halnya dengan adanya mitos yang mengatakan bahwa jika ada pasangan muda yang berwisata ke telaga ini, mereka akan bertengkar dan pada akhirnya berpisah.

Telaga Sunyi (Instagram)

Terlepas dari mitos yang menyertainya, Telaga Sunyi tetap menjadi objek wisata yang dicari, terutama oleh para traveler kekinian dan penggila selfie. Di tempat ini semua foto bisa terlihat Instagrammable. Foto di tepiannya saja sudah terlihat indah, apalagi kalau foto underwater, semakin keren lagi buat dipasang di Instagram kamu.

Kamu butuh tempat untuk menenangkan pikiran dan melepas penat? Telaga Sunyi ini cocok buat kamu. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...