BAGIKAN
Luweng Sampang (Instagram)

Kamu pasti tahu tentang tempat wisata bernama Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Mungkin kamu punya keinginan untuk pergi ke sana suatu saat nanti. Jika sekarang kamu masih belum bisa ke sana, ada alternatif lain yang bisa kamu kunjungi. Enaknya, kamu nggak perlu ke luar negeri. Tempat itu adalah Luweng Sampang di Gunungkidul.

Luweng Sampang adalah tempat wisata alam yang menawarkan panorama air terjun sebagai daya tariknya. Mengapa dinamakan Luweng Sampang? Luweng dalam Bahasa Jawa berarti lubang. Disebut luweng demikian karena dari atas air terjun ini nampak seperti membelah dua bongkah batu besar yang nampak seperti lubang. sedangkan Sampang merupakan nama desa tempat air terjun ini berada.

Luweng Sampang (Instagram)

Tinggi air terjun ini nggak terlalu tinggi,hnya sekitar 5 meter saja. Namun keindahannya jelas nggak kalah dengan air terjun lainnya seperti Sri Gethuk, terlebih belum banyak pengunjung yang menyambanginya.

Luweng Sampang (Instagram)

Air terjun Luweng Sampang nampak lebih elok jika dinikmati dari bawah. Kamu akan melihat air terjun yang seolah membelah dua buah batu besar. Batuan karst yang terkikis oleh aliran sungai di sisi kanan dan kiri air terjun ini membentuk ornamen-ornamen unik. Sekilas kamu mungkin akan melihat relief berupa guratan-guratan di sekitar badan sungai yang mirip dengan batuan di Grand Canyon, Arizona. Nggak heran jika tempat ini dijuluki Grand Canyon Mini. Grand Canyon tentu memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada curug di Luweng Sampang. Tapi kalau soal keindahan, Luweng Sampang tentu nggak kalah sedap dipandang.

Luweng Sampang (Instagram)

Selain air terjun utama, tempat wisata ini juga memiliki 2 air terjun dengan ukuran lebih kecil dan sebuah kolam. Untuk mengunjungi Luweng Sampang disarankan pada musim hujan. Ini karena pada musim kemarau ada kemungkinan air sungai berdebit rendah dan mulai mengering. Kamu mungkin akan kecewa datang kesana. Walaupun pada musim hujan batuan akan lebih licin, setidaknya kamu akan terpuaskan dengan keindahan dan ketenangan yang tersaji di Luweng Sampang.

Luweng Sampang (Twitter)

Karena keindahannya, jelas banyak anak muda penyuka selfie berbondong-bondong datang ke sini. Bahkan ada juga yang menjadikan lokasi air terjun ini untuk melakukan foto pre-wedding. Spot favorit yang sering digunakan adalah bagian atas tebing yang memiliki lekukan-lekukan sehingga memungkinkan orang-orang untuk duduk sambil berfoto seolah akan meluncur. Ada pula anak-anak muda yang mengambil foto indahnya air terjun dari bawah, dan yang cukup menantang adalah foto saat melompat dari atas tebing.

Jadi, nggak perlu ke Grand Canyon kalau di Indonesia sendiri punya lokasi serupa dengan pemandangan yang keren. (tom)

Apa Komentarmu