Don't be Captious

Dari Air Terjun sampai Hutan, Ini 5 Destinasi Wisata Alam Memukau di Puncak Tertinggi Sumatera Selatan

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Beragam tempat wisata menarik bisa dinikmati di Sumatera Selatan. Mulai dari air terjun, gunung, hingga kawasan hutan indah ada di kawasan yang punya ibu kota Palembang ini. Semua itu bisa kamu lihat di Pagar Alam. Berikut ini adalah 5 wisata alam memukau di Pagar Alam.

1. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah (Instagram)

Untuk bisa mencapai air terjun ini para pengunjung sebelumnya harus melewati jembatan kayu khusus. Namun menurut laporan sebuah sumber, jembatan tersebut sudah rusak dan sebagai gantinya, wisatawan akan diajak menyusuri sungai dengan ban karet sebelum sampai ke Lematang Indah. Ongkos menyebrang dengan ban karet tersebut cukup murah, hanya sekitar Rp 5 ribu. Begitu sampai di air terjun, panorama alam yang begitu indah bakal sangat memanjakan mata.

2. Green Paradise

Green Paradise (Instagram)

Green Paradise memiliki hamparan lahan penghijauan yang sangat memanjakan mata. Di sini juga terdapat satu lokasi khusus yang ditumbuhi selada air, menandakan tingginya kualitas air. Selain itu ada juga air terjun yang oleh banyak pengunjung dijuluki sebagai niagara mini. Cukup dengan membayar tiket masuk Rp 5 ribu, pengunjung sudah bisa menikmati suasana penghijauan asri dan berkesempatan merasakan asyiknya memberi makan ikan-ikan yang berkeliaran di sini.

3. Gunung Dempo

Gunung Dempo (Instagram)

Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Berdiri 3.159 meter di atas permukaan laut, mereka yang bisa mencapai puncaknya bakal disuguhkan pemandangan dengan keindahan tiada tanding. Bagi yang nggak tertarik mendaki Gunung Dempo, nggak perlu khawatir, karena di sekitar sini ada banyak villa indah yang bisa disewa dan digunakan sebagai lokasi menghabiskan waktu bersama keluarga selama akhir pekan. Pemandangan di kaki Gunung Dempo nggak kalah indah dengan view di puncaknya. Jika ingin ke puncaknya, kamu harus melewati hutan, yang tentu saja juga bakal memanjakan mata.

4. Tugu Rimau

Tugu Rimau (Instagram)

Tugu Rimau cukup ikonik dengan adanya patung berbentuk hewan mirip harimau dan berpose sedang memegang obor. Pemerintah setempat mendirikannya pada 2004 silam untuk menyemarakkan penyelenggaraan PON VI. Selain dijadikan sebagai lokasi paralayang, daerah ini juga menjadi salah satu titik terbaik untuk menikmati pemandangan kota Pagar Alam dari ketinggian.

5. Danau Tebat Gheban

Danau Tebat Gheban (Instagram)

Danau ini termasuk danau indah yang nggak kalah dengan Danau Toba. Karena keindahannya, banyak yang sering berkemah di sekitar sini. Suasana sekitar Danau Thebat Gheban, bakal cukup ramai menjelang sore, sebab banyak penduduk sekitar sering memancing di sini. Selain itu, di kolam alami yang luasnya mencapai 4 hektar ini juga terdapat wahana keliling danau via rakit dan juga tambak udang.

Jika kamu kebetulan berkunjung Pagar Alam, nggak ada salahnya merasakan sejuknya udara pegunungan di kawasan Tugu Rimau atau memanjakan mata dan pikiran di Green Paradise. (tom)

Latest article