Don't be Captious

Kenalan dengan Wanda Omar, Cewek Cantik yang Jago Main Bass dan Siap ‘Betot’ Hatimu

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pada umumnya, jarang ada cewek yang berminat untuk memainkan alat musik bass, meski pada faktanya terdapat beberapa band yang beranggotakan cewek sebagai bassis. Mulai dari bobot bass yang berat, sampai pada kekhawatiran akan rusaknya kulit jari karena bergesekan dengan senar bass saat memainkannya. Namun itu bukan halangan bagi Wanda Omar untuk bisa mendalami instrumen bass yang digemarinya. Siapakah Wanda Omar ini?

Kamu mungkin belum pernah dengar nama Wanda Omar, karena bisa jadi kamu menganggap Wanda ini adalah seorang model karena parasnya yang cantik. Namun ternyata, Wanda Omar ini termasuk ke dalam salah satu jajaran bassis top Indonesia. Nggak cuma cantik, yang merupakan daya tariknya, Wanda juga bisa dibilang bertalenta dalam memainkan alat musik bass. Namanya sudah ada di jajaran Bass Heroes II, kumpulan kompilasi karya bassis-bassis top Tanah Air seperti Bongky Marcel, Indro Hardjodikoro, Nissa Hamzah, Thomas Ramdhan, Icez, Barry Likumahuwa, Fajar Adi Nugroho, dan lain-lain.

Wanda Omar (Instagram)

Lalu, apa yang menginpirasi Wanda Omar, hingga dirinya tertarik untuk menjadi seorang pemain bass? Ternyata keinginannya menjadi pemain bass datang dari ayahnya, yang juga pemain bass. Penggemar musik RnB dan Soul ini pun mengaku sudah bermain bass sejak masih berusia 13 tahun. “Karena Papa adalah pemain bass, dari kecil udah diajarin musik oleh beliau. Nah karena menurut Papa lebih baik belajar basicnya dulu, maka udah belajar main gitar sejak kelas 4 SD. Lalu saat menjelang masuk SMP mulai di suruh belajar bass,” ujar cewek yang biasa di panggil Wanda ini, seperti dikutip dari Audiopromediacom, Senin (7/5/2018).

Awalnya, Wanda nggak tertarik untuk belajar instrumen tersebut, karena menurutnya lebih seru bermain gitar daripada bermain bass. Karena gitar itu simple, bisa dimainkan untuk nongkrong dan nyanyi sama teman. “Ternyata bass itu, walau kelihatannya nggak penting dan cuma memainkan satu-satu not aja, tapi kalau nggak ada berasa banget. Karena di semua aransemen musik pasti ada low frekuensinya, bass itu jadi detak jantungnya dalam sebuah lagu,” tambah cewek kelahiran 1996 ini.

Wanda Omar (Instagram)

Karena nggak mendapat izin mengambil kuliah jurusan musik, Wanda akhirnya kuliah jurusan Akuntasi di Universitas Pelita Harapan. Namun di sana dia malah bertemu dengan teman yang mengambil kuliah jurusan musik dan mulai bermain band serta ikut andil dalam beberapa proyek  musik. Di awal belajar bass, Wanda yang diberikan referensi oleh ayahnya untuk mendengarkan bass heroes sempat merasa asing karena mendengar instrumen ini dimainkan beda dari biasanya. Seiring berjalannya waktu, 10 tahun kemudian saat menjadi session player bersama Baim di band Jabal Rootz, ia ditawari untuk mengerjakan project bass.

Karena masih baru di dunia musik, tanpa pikir panjang tawaran tersebut diterima oleh Wanda. Di sinilah awal lonjakan karier yang sangat berpengaruh untuk Wanda. “Dulu tiba-tiba mas Baim kontak dan dia menawarkan project mirip bass heroes dari Dhani Pete. Eh, ternyata bener. Yang aku nggak nyangka hampir semua idola bassis yang dulu aku cuma denger doang bisa ketemu langsung, malah workshop, sharing, sampai satu panggung bareng. Mereka itulah yang banyak ngajarin aku,” papar Wanda.

Wanda Omar (Instagram)

Kalau kamu ingin melihat keseharian Wanda Omar, bisa langsung ke akun Instagramnya, @wandaomar. Kamu juga bisa melihat vlog Wanda, dengan nama wanda wilda di YouTube, dimana dia mengunggah video covernya dan terkadang me-review alat musik yang digunakannya. Sukses terus untuk Wanda, dan teruslah berkarya. (tom)

Latest article