Biar Gampang Dapat Kerja, Kamu Bisa Pilih 5 Jurusan Kuliah yang Paling Dicari Perusahaan Ini

Ada satu hal yang sering bikin teman-teman kita galau setelah lulus SMA. Bukan soal asmara, namun soal galau memilih jurusan kuliah yang akan diambil jika ingin meneruskan ke tingkat pendidikan tinggi. Ketakutan akan hal itu memang wajar, karena nggak sedikit yang khawatir salah jurusan, dan akhirnya jadi sulit mendapatkan kerja. Untuk bisa menjawab kegalauan kamu, berikut ini adalah 5 jurusan kuliah yang paling dicari perusahaan, jadi setelah lulus kamu bisa langsung dapat kerja.

1. Desain

Ilustrasi desainer (HAI)

Sesuai namanya, anak-anak desain akan banyak mengerjakan tugas yang berhubungan dengan hal berbau desain, mulai dari pakaian sampai soal web. Dino Martin, CEO dari Karir.com, mengatakan bahwa perusahaan nggak sekadar mencari desainer web yang umum. Menurutnya, perusahaan akan mencari desainer web yang memiliki kemampuan spesifik seperti UX (User Xperience) dan UI (User Interactive Desainer).

2. Statistik

Ilustrasi statistik (HAI)

Mungkin kamu nggak bakal ambil jurusan ini jika nggak suka dengan matematika. Namun, suka nggak suka, perusahaan justru mencari lulusan yang ahli matematika. Menurut Dino, 4 atau 5 tahun mendatang, jurusan dunia digital Indonesia akan semakin kompleks dan akan memiliki putaran data yang sangat besar, jadi perusahaan akan membutuhkan seorang analyst big data yang kuat. Lulusan jurusan statistik nantinya bisa jadi seorang ahli aktuaria di perusahaan asuransi.

3. Industri kreatif

Ilustrasi perfilman (HAI)

Industri kreatif ini banyak wujudnya, mulai dari film, musik, sampai digital. Banyak perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang perfilman, yang mencari lulusan broadcasting atau perfilman, untuk bisa memajukan perfilman Indonesia. Selain itu, animator Indonesia juga banyak dicari. Banyak contoh animator Indonesia yang akhirnya bisa berkarya di film-film Hollywood.

4. Kedokteran

Dokter gigi (HAI)

Dari dulu sampai sekarang, Kedokteran jadi salah satu jurusan mainstream paling banyak dipilih buat meneruskan jenjang pendidikan kita. Alasannya jelas. Jurusan ini dinilai mampu menelurkan lulusan yang punya prospek kerja menjanjikan di masa mendatang. Mulai dari dokter umum, sampai dokter-dokter spesialis seperti mata, gigi, atau bahkan penyakit dalam. Yang paling utama, semua orang, tanpa kecuali, nggak selamanya sehat, ada juga yang bisa sakit. Karena itu profesi dokter menjadi salah satu profesi yang harus ada untuk menyembuhkan orang sakit.

5. Teknik komputer

Ilustrasi teknik komputer (HAI)

Jurusan ini nggak beda jauh kayak statistik, sebagian besar akan berhubungan dengan logika dan hitung-hitungan rumit ala matematika. Meski terkesan berat, nyatanya lulusan dari jurusan ini cukup diminati perusahaan, baik itu yang kecil atau besar, mengingat bahwa sekarang tren perusahaan start up berbasis teknologi dan digital sedang naik daun. Itu artinya, banyak lulusan dari jurusan ini dibutuhkan oleh perusahaan.

Jadi, sudah putuskan mau ambil jurusan apa untuk kuliah kamu nanti? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...