10 Areal Konservasi Terluas di Dunia


Daerah kawasan konservasi adalah lokasi yang ditunjuk dan dijaga untuk nilai-nilai ekologi, alam dan atau budaya. Pemerintah bekerja dengan konservasionis untuk memastikan bahwa daerah ini terus berfungsi secara alami, dengan sedikit campur tangan manusia. Saat ini, ada lebih dari 160.000 kawasan lindung di dunia yang mencakup 10 sampai 15 persen dari luas permukaan di dunia , darat maupun lautan.

10. Taman Nasional Northeast Greenland

Taman Nasional Northeast Greenland
Taman Nasional Northeast Greenland

Dengan luas sebesar 927.000 kilometer persegi , taman nasional ini meliputi seluruh bagian timur laut Greenland, ini adalah taman nasional terbesar di dunia. Ini lebih besar dari 163 negara (ada sekitar 194 negara di dunia). Tanah tersebut dihuni oleh beruang kutub, walrus, rubah arktik, burung hantu salju dan lembu kesturi, antara spesies lainnya. Timur Laut Greenland adalah taman nasional paling utara di dunia.

9. Kawasan Konservasi Laut Chagos

Laut Chagos
Kawasan Konservasi Laut Chagos

Dengan luas 545.000 km persegi , bagian dari Wilayah Samudera Hindia Inggris, Area Perlindungan Laut Chagos adalah cagar laut terbesar di dunia. Lebih besar dari negara Prancis. Tujuh dari atol Chagos adalah keajaiban untuk melihat dan kaya akan keanekaragaman hayati.

8. Kepulauan Kawasan Lindung Phoenix

Kepulauan Kawasan Lindung Phoenix
Kepulauan Kawasan Lindung Phoenix

Terletak di Republik Kiribati, ini adalah kawasan lindung cagar laut terbesar di Samudera Pasifik dan yang pertama di dalam air , luasnya 408.250 kilometer.

7. Monumen Laut Nasional Papahanaumokuakea

Monumen Laut Nasional Papahanaumokuakea
Monumen Laut Nasional Papahanaumokuakea

US Monumen Nasional yang terletak di negara bagian Hawaii memiliki luas 360.000 km persegi. Monumen ini terdiri dari sepuluh pulau dan atol di Kepulauan Hawaii Northwestern. Daerah ini adalah rumah bagi 7.000 spesies yang berbeda.

6. Great Barrier Reef Marine Park

Great Barrier Reef Marine Park
Great Barrier Reef Marine Park

Great Barrier Reef berisi karang cluster terbesar di dunia dan merupakan rumah bagi beberapa jenis biota laut yang eksotis. Taman ini didirikan untuk melindungi sebagian besar Great Barrier Reef Australia dari kerusakan lebih lanjut. Meskipun manusia diperbolehkan untuk mengunjungi daerah tersebut, izin yang diperlukan sangat ketat. Luas: 345.400 km persegi.

5. Kawasan Konservasi Transfrontier Kavango-Zambezi

Kawasan Konservasi Transfrontier Kavango-Zambezi
Kawasan Konservasi Transfrontier Kavango-Zambezi

Kawasan lindung meliputi lahan di Angola, Botswana, Namibia, Zambia dan Zimbabwe di benua Afrika. Dirancang untuk mendorong pariwisata lintas batas dan beberapa migrasi mamalia di seluruh perbatasan, Kavango-Zambezi Transfrontier Kawasan Konservasi diciptakan oleh Taman Perdamaian Foundation dan World Wide Fund for Nature. Luas: 287.132 kilometer

4. Galapagos Marine Reserve

Galapagos Marine Reserve
Galapagos Marine Reserve

Luasnya 133.000 km persegi , Kepulauan Galapagos terletak di 1.000 kilometer di lepas pantai Ekuador. Galapagos Marine Reserve adalah cagar laut terbesar di negara berkembang dan cadangan terbesar kedua di dunia. Daerah ini adalah rumah bagi banyak spesies biota laut, termasuk hiu, paus, penyu, ikan dan sinar. Ada campuran arus laut panas dan hangat dan air tawar dan air laut, jadi ada beberapa spesies unik di daerah tersebut. Charles Darwin mempelajari banyak spesies sini untuk membentuk Teori Evolusi.

3. Great Limpopo Transfrontier Park

Great Limpopo Transfrontier Park
Great Limpopo Transfrontier Park

Dengan luasnya sebesar 99.800 kilometerpersegi , terletak di Mozambique , Afrika Utara dan Zimbabwe. Di kawasan ini terdapat binatang – binatang Afrika yang dilindungi seperti gajah , jerapah , African leopards , cheetah , dan hyenas.

2. Air and Tenere Natural Reserve

Air and Tenere Natural Reserve
Air and Tenere Natural Reserve

Luas :  77.360 kilometerpersegi. Di bawah badan UNESCO World Heritage , kawasan perlindungan dengan setengah udara pegunungan timur dan setengah padang gurun barat , ada 2 area perlindungan yaitu cagar alam dan tempat suci.

1. Wrangell-St. Elias National Park

Wrangell-St. Elias National Park
Wrangell-St. Elias National Park

Luas: 53.321 km persegi. Terletak di selatan Alaska, AS. Taman Nasional ini juga telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, dan disertakan dalam Biosphere Reserve Internasional. Ini adalah taman nasional terbesar di Amerika Serikat, dan lebih besar dari sembilan negara. Terletak di taman, Mt. St Elias adalah gunung tertinggi kedua di Kanada dan Amerika Serikat; sembilan dari 16 puncak tertinggi di AS. (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
33
Love
OMG OMG
21
OMG
Yaelah Yaelah
51
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
41
Keren Nih
Ngakak Ngakak
71
Ngakak