Nasehat Momo untuk Bikin Skripsi


Udah pada tau kan kalo mahasiswa yang udah semester akhir dan kalo pengen lulus harus buat skripsi. Yang udah pada lulus kuliahnya ato yang lagi kuliah semester akhir pasti juga ngerasain suka duka pas lagi bikin skripsi. Berikut momo rangkum kesulitan para mahasiswa yang lagi ngerjain skripsi :

1. Nggak Niat Belajar

Makanya kalo emang mau kuliah jangan cuma asal pengen dapet gelar ato karena pengen ngisi waktu luang aja. Kegiatan saat kuliah kalo nggak di lakuin dengan setulus hati, pasti nantinya bakal nimbulin rasa males. Momo udah bilang kalo hal ini karena salah, bukan nggak punya. Salah motivasi sewaktu niat masuk kuliah yang bakal bikin semuanya sulit.

2. Nggak disiplin

Dari kecil kita udah diajarin sikap disiplin terutama dari orang tua dan guru, tapi sikap disiplin yang momo maksud lebih ke sikap displin cara nguasain sama mahamin ilmu/jurusan saat masuk kuliah. Mahasiswa yang nggak punya sikap disiplin sama ilmu/jurusannya bakal berasa percuma kuliah.

3. Nggak pede

Percaya diri modal gede buat temen-temen JB yang masih berstatus mahasiswa sewaktu ngerjain skripsi. Kalo temen-temen JB punya rasa percaya diri sama kemampuan yang ada di dalem diri, hal itu bakal ngebantu temen-temen. Kalo nggak pede ya wassalam. Sama kayak kita kalo mau nembak cewe. Kalo nggak pede nembak tuh cewe, ya nggak bakal dapet tuh cewe.

4. Susah nangkep pelajaran

Kalo lagi ada jam kuliah jangan ngobrol ato tidur, coba perhatiin apa yang dosen bahas. Kalo perlu catet ulang biar bisa di bahas lagi bareng sama temen-temen yang laen (nggak harus temen sekelas). Nanti saat semester akhir semua catetan ato ilmu yang pernah di bahas sama dosen bakal ke ulang lagi sewaktu nyusun skripsi. Terlebih lagi buat temen-temen JB yang susah nangkep pelajaran dari dosennya mending ikutin saran momo yah!

5. Nggak aktif

Buat temen-temen JB yang pendiem, berubah yah jangan jadi pendiem terus. Soalnya mahasiswa yang nggak aktif ngembangin ilmunya (pribadi ato kelompok) bakal nyesel pas nyusun skripsi karena nggak tau apa-apa. Orang yang lebih aktif pasti lebih banyak pengalamannya.

6. Nggak pernah ngasah

Punya piso kalo nggak pernah di asah pasti bakal kodol (tumpul). Sama kayak ilmu yang kita punya. Saat kuliah kalo udah nerima pelajaran dari dosen, biasain latihan nguji ilmu temen-temen. Bisa pake cara ngajar ato ngisi soal latihan yang ada di buku. Banyak cara menuju JadiBerita. Jangan keabisan akal yah buat latihan.

7. Pembunuh motivasi belajar

Kalo udah waktunya ngerjain skripsi biasanya ada pembagian dosen pembimbing. Ada yang dapet dosen killer dan ada juga dosen pembimbing asik. Yang dapet dosen killer pasti udah drop duluan sebelum ngerjain skripsinya. Temen-temen harus tau kalo dosen killer itu tingkat disiplinnya lebih tinggi, bukan dosen pembunuh yang nggak pernah ngelulusin anak didiknya. Dan yang terpenting jangan kehilangan motivasi aja.

8. Nggak doyan buku

Buku adalah ilmu dan membaca adalah pengetahuan. Orang yang seneng dan sering baca punya banyak ilmu pengetahuan yang ngetem di otaknya. Mulai baca hari ini dan jangan cuma baca saat kalo lagi butuh aja. Saat menulis skripsi temen-temen JB pasti butuh banyak buku buat bahan referensi. Kalo di baca sekaligus pasti kelenger, makanya cicil dari sekarang.

9. Jadilah pesaing

Persaingan kadang menimbulkan permusuhan, tapi kalo persaingan dalam belajar sangat disarankan oleh momo. Jadilah pesaing dan harus jadi orang yang banyak disaingi. Di liga-liga sepak bola aja pada bersaing tinggi buat kejuaraan bakal selamat malah juara. Yang nggak punya jiwa persaingan ya akhirnya di degradasi.

10. Ngambil ilmu mentah-mentah

Kalo dosen nyampein konsep yang mereka kasih saat belajar jangan di ambil mentah-mentah. Coba eksplorisasi lagi biar luas karena hal ini bisa mempermudah. Kalo di kasih tau A sama dosen, belum tentu di jaman kita bisa pake konsep A. Inget kalo jaman terus berubah. Tetap dalem konsep, tapi gunain konsep modern.

11. Motivasi dosen

Poin ini lebih berpaku ke dosen pengajar kalian. Inget yah kalo mengajar sama mendidik itu beda. Kalo belum tau cari sendiri yah perbedaannya. Pernah momo bahas kok. Nah kalo dosen kalian berjiwa pengajar dan bukan pendidik, hal ini bakal berimbah ke temen-temen. Makanya aktif kalo di kelas dan coba bertanya sama dosen jangan tidur ato ngerumpi.

12. Perubahan kurikulum

Kurikulum yang berubah bakal berimbas ke kita. Di jaman saya sekolah SMA aja ngerasain tuh yang namanya perubahan kurikulum. Asli bikin bingung dah program pemerintah yang satu ini. Nah kalo ada generalitas kurikulum dan akibatnya ilmu yang disampein juga general ya sulit banget pas pengerjaan skripsi yang harus ngambil judul ato tema yang lebih terperinci.

13. Motivator Institusi

Penting juga nih buat Intitusi buat numbuhin minat sama bakal para mahasiswanya. Tugas Institusi bukan cuma jadi fasilitas tempat pembelajaran. Temen-temen JB yang ngerasa Institusinya kurang berperan jadi motivator coba tanya ke dosennya yah. Inget jadilah orang yang aktif.

14. Pelayanan akademik yang ribet

Udah banyak bahan buat ngerjain skripsi dan udah sangat siap, tapi pas mau ngelakuin prosedur dari kampus malah di bawa ribet. Akhirnya timbul rasa kesel dan males. Temen-temen yang ngerasain diribetin sama pelayanan akademik coba ajuin saran dan kritik. Tapi jangan demo yah! Itu malah bikin kalian makin sulit.

Itu beberapa hal yang sering bikin para mahasiswa kesulitan saat ngelaksanain tugas akhir ato skripsi. Temen-temen JB yang udah baca silahkan koreksi diri dan coba berubah yah! Nggak mau kan jadi mahasiswa abadi. Sekian dari momo nanti bakal momo bahas lagi kelanjutannya. (iky)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak