10 Bangunan Paling “hijau” di Bumi


Cor, Miami

Membangun `bangunan hijau` merupakan bagian penting untuk mendukung kebijakan lingkungan. Dunia tanpa polusi tidak mungkin dicapai hanya dengan slogan `go green` , tapi kita juga perlu untuk tindakan yang nyata untuk hidup di dalamnya. Tidak cukup hanya dengan berkoar-koar saja tanpa tindakan nyata.

Tindakan nyata pun bisa bermacam-macam. Yang paling sederhana adalah dengan menghemat penggunaan kertas dan hindari plastik kresek. Sementara, cara yang canggih adalah dengan membangun perumahan atau gedung yang dapat mengurangi “pemanasan” sekitar. Berikut ini sepuluh bangunan yang dibangun atau dirancang untuk ramah lingkungan, yang hanyalah awal dari perubahan dunia menuju lingkungan yang lebih baik.

1. Bank of America, New York

Bank of America
Bank of America

Ini mungkin adalah bangunan terhijau di dunia saat ini. Bangunan 54 lantai ini dibangun menggunakan sinar matahari sebanyak mungkin. Kemudian energi matahari disini dikumpulkan menjadi energi surya yang akan digunakan kembali ketika malam hari dimana tidak ada sinar matahari sebagai penerangan. Selain sinar matahari, air hujan pun diperdayakan kembali, bahan baku yang digunakan untuk konstruksi bangunan ini berasal dari sumber yang di daur ulang dari daerah New York. Pencakar langit ini adalah bangunan teladan yang nyata untuk praktek arsitektur berslogan `go green` di masa depan.

2. Crystal Island, Moskow

Crystal Island
Crystal Island

Pulau Crystal adalah sebuah proyek penelitian tentang daerah yang berkesinambungan dari pemerintah Rusia. Pulau ini dirancang untuk membangun rumah-rumah dari 30.000 penduduk yang tinggal hanya dalam satu bangunan. Bangunan ini menghasilkan energi sendiri, dengan menggunakan energi angin dan matahari sebanyak mungkin, sementara konstruksinya memungkinkan pengaturan yang mudah untuk suhu di dalam gedung , mengingat Rusia memiliki suhu yang ekstrim.

3. CH2, Melbourne

CH2, Melbourne
CH2, Melbourne

Terletak di salah satu negara di dunia yang ramah lingkungan, potensi bangunan CH2 telah diakui sebagai bangunan yang ramah lingkungan oleh PBB, karena bangunan ini mendaur ulang limbah, menerapkan turbin angin, pendinginan massa panas, sel fotovoltaik, dll. Kota Melbourne berharap bahwa semua fitur ini akan terbayar hanya dalam waktu sepuluh tahun. Namun yang paling penting adalah bahwa mereka telah berhasil mengirim pesan bahwa tindakan nyata mengenai `go green` bisa dilakukan dengan mudah bila memiliki upaya yang tepat.

4. Cor, Miami

Cor, Miami
Cor, Miami

Cor di Miami memiliki fasilitas yang sangat menunjang untuk mendapat julukan sebagai bangunan terhijau di dunia, dengan sel surya, turbin angin, shading untuk pendinginan alami, penggunaan energi surya, dll. Namun, bangunan ini pun memiliki nilai tambah dalam karya seni dengan design dan rancangannya yang berbeda dari gedung lainnya – sehingga menjadi green building paling indah yang pernah ada.

5. BMW Welt di Munich

BMW Welt di Munich
BMW Welt di Munich

BMW tidak melakukan `go green` dengan mobil mereka, melainkan dengan bangunan mereka di Munich. Bangunan ini menggunakan energi matahari sebanyak mungkin, berkat panel baja di atap dan fasad eksternal. Bangunan kerucut ganda menunjukkan bahwa arsitektur `hijau` tidak hanya baik untuk lingkungan, tapi juga bisa terlihat sangat indah.

6. India Tower, Mumbai

India Tower, Mumbai
India Tower, Mumbai

Negara terpadat kedua di dunia ini telah mulai mengambil langkah-langkah menuju hidup hijau. Dengan desain yang aneh, menara ini memungkinkan penggunaan kembali air hujan, tenaga surya, dan cahaya siang hari yang luar biasa dengan ventilasi alami. Bangunan ini telah mencapai penilaian yang luar biasa dalam US LEED Gold Rating.

7. Burj Al-Taqa, Dubai

Burj Al-Taqa, Dubai
Burj Al-Taqa, Dubai

Mustahil untuk menulis tentang keajaiban arsitektur terbaru tanpa menyebutkan Emirat di Semenanjung Arab. Burj Al-Taqa adalah swasembada bangunan yang menghasilkan energi matahari dan angin dengan nol emisi. Bangunan ini juga memiliki sistem pendingin udara yang luar biasa yang menarik udara dari luar dan mendinginkannya dengan air laut ,yang kemudian membagikannya ke lingkungan sekitar.

8. Masdar, Abu Dhabi

Masdar, Abu Dhabi
Masdar, Abu Dhabi

Masdar tidak hanya merupakan sebuah bangunan, tapi ini adalah kota di dalam sebuah bangunan. Orang-orang di Masdar akan memiliki kesempatan untuk tinggal di kota yang menghasilkan nol emisi dan tanpa limbah. Alasan utama mengapa bangunan ini begitu bersih adalah kenyataan bahwa Masdar akan menjadi kota tanpa mobil, serta memiliki panel surya dan turbin angin yang ramah lingkungan. Namun, walaupun tidak ada mobil di dalam Masdar, penduduk dapat mencapai transportasi umum dengan jarak tidak lebih dari 200 meter.

9. Clinton Presidential Library di Little Rock

Clinton Presidential Library di Little Rock
Clinton Presidential Library di Little Rock

Perpustakaan Presidential Clinton di Little Rock, Arkansas, menjadi salah satu pemenang LEED Platinum setelah di update kembali pada tahun 2007. Meskipun sumber penggunaan energi terbarunya biasa saja, namun kapasitas daur ulang meningkat secara signifikan. Solusi yang paling penting dari arsitektur perpustakaan ini adalah taman atap di atas, yang tujuannya adalah sebagai panen hutan hujan dan pengaturan suhu.

10. Tinggal Antilia, Mumbai

rumah-mukesh-ambani-

Selalu menyenangkan untuk melihat seseorang ketika mereka menerapkan slogan `go green` terhadap rumah tangga mereka. Taipan India Mukesh Ambani menerapkannya dengan membangun Antilia Residence. Percaya atau tidak, keluarganya tinggal di 70 gedung bertingkat yang ramah lingkungan dan dirancang sesuai dengan tradisi Vastu. Namun, rupanya bangunan 70 lantai adalah itu terlalu besar untuk sebuah keluarga, sehingga tidak semua lantai akan ditempati – kebanyakan dari mereka tinggal di taman yang terletak di atas atap.(green-buz/rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak