3 Cara Daftar DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

DTKS Adalah syarat utama untuk Anda bisa menerima Bansos dari Pemerintah

  1. Kunjungi Kantor Desa/Kelurahan sesuai domisili dengan membawa KK dan KTP
  2. Hasil pendaftaran aktif masyarakat fakir miskin tersebut selanjutnya akan dibawa ke Musdes atau Musyawarah Desa. Musyawarah tersebut untuk membahas apakah masyarakat yang bersangkutan layak untuk masuk ke DTKS atau tidak (berdasarkan Prelist Awal dan usulan baru).
  3. Musyawarah Desa tersebut akan menghasilkan Berita Acara, terkait apakah Prelist Awal tersebut layak ditindaklanjuti atau tidak. Berita acara tersebut ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah. Selanjutnya, Berita Acara tersebut akan menjadi Prelist Akhir
  4. Lalu prelist Akhir tersebut akan digunakan oleh Dinas Sosial sebagai dasar untuk melakukan verifikasi dan validasi data. Proses tersebut menggunakan instrumen lengkap DTKS, yaitu melalui kunjungan rumah tangga
  5. Jika data sudah diverifikasi dan divalidasi, maka akan dimasukkan ke aplikasi SIKS Offline. Yang bertugas melakukan hal tersebut adalah Operator Desa/Kecamatan. Selanjutnya, data yang sudah dimasukkan ke SIKS Offline tersebut akan diekspor dalam bentuk file dengan ekstensi .siks.
  6. File tersebut selanjutnya akan dikirimkan ke Dinas Sosial, yang selanjutnya akan dimasukkan ke aplikasi SIKS Online. Hasil verifikasi dan validasi ini akan dilaporkan ke Bupati/Walikota, untuk seterusnya dikirimkan ke Gubernur dan Menteri Sosial.
  7. Penyampaian hingga ke Menteri Sosial dilakukan dengan cara mengimpor data hasil verifikasi dan validasi ke SIKS-NG, yaitu dengan mengunggah surat Pengesahan Bupati/Walikota dan Berita Acara Musyawarah Desa.

Tanya jawab seputar DTKS


Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.