3 Cara Daftar DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

DTKS Adalah syarat utama untuk Anda bisa menerima Bansos dari Pemerintah

Ilustrasi tanya jawab seputar DTKS
Ilustrasi tanya jawab seputar DTKS

Bagaimana cara mengetahui secara pasti apakah saya masuk dalam DTKS dan status kepesertaan bansos saya?

Jawab: Status DTKS Anda dapat diketahui dengan cara menanyakan langsung ke Dinas Sosial Kabutapetn/Kota terdekat yang dimana harus sesuai dengan alamat KTP Anda saat ini. Lalu persiapkan beberapa dokumen berikut seperti, KTP, KK & KKS jika ada. 

Dimana Saya dapat mengetahui informasi mengenai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)?

Jawab : Anda dapat mengunjungi laman resmi khusus pusat informasi DTKS yang disediakan Kementrian Sosial RI melalui dtks.kemsos.go.id atau KLIK DI SINI.

Apakah data DTKS dan penerima bantuan sosial tidak pernah diperbarui sehingga tidak tepat sasaran?

Jawab : Perlu Anda ketahui jika Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) selalu diperbaharui oleh Dinas Sosial Kabupaten Kota dengan melibatkan Pemerintah tingkat Desa/Kelurahan yakni melalui Musyawarah Desa atau Kelurahan. Lalu secara berkala dilakukan pengecekan di lapangan. Hasilnya lalu akan di laporkan ke Kementrian Sosial untuk segera ditetapkan sebagai DTKS. Hal ini sejalan dengan peraturan Menteri Sosial Nomor 3 Tahun 2021.

Saya sudah lama pindah rumah dan pindah kependudukan ke kota B. Tetapi mengapa data DTKS saya masih di kota A?

Jawab : Saat ini tahapan proses pengelolaan DTKS belum dapat melayani pindah penduduk secara otomatis dengan mengikuti data kependudukan. Sebab proses pendaftaran DTKS berbeda dengan pendataan kependudukan. Sebaiknya jika Anda mengalami masalah ini, laporkan kepada pihak kelurahan atau Dinas Sosial Kabutapen Kota asal.

Lalu jika ingin terdaftar di DTKS Kabupaten/Kota yang baru Anda harus melakukan proses usulanmelalui kelurahan setempat, sesuai alamat KTP yang baru.

Jadi pada prinsipnya pengusulan DTKS maupun pengusulan bansos bersifat kewilayahan, sehingga kepala daerah yang diberikan kewenangan untuk mengusulkan warganya yang layak dan perlu masuk ke dalam DTKS, atau kemudian diusulkan menjadi penerima bantuan sosial.

BACA JUGA: 6 Bansos dari Pemerintah yang akan cair tahun 2022


Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.