Tulisan Menyentuh Hati Seorang Novelis Untuk Ridwan Kamil: Di mana anakku, sungai? Tenggelamkah?

Tangis paling mengerikan adalah tangis tak bersuara seorang ayah

Khairen 3
Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih ke Heinrich Penyelamat Zara Adik Eril (Dok. Pemprov Jabar)

Dukungan dari berbagai pihak yang ditujukan kepada Emmeril Kahn Mutadz alias Eril terus berdatangan. Salah satunya dari seorang novelis Indonesia, Jombang Santani Khairen atau JS Khairen. Ia mengunggah sebuah postingan di Instagram pribadinya yang berisikan pesan perjuangan seorang ayah dalam mencari anaknya yang hilang.

Di akun Instagram @js_khairen, JS Khairen memposting tulisan yang cukup panjang yang menggambarkan perasaan seorang ayah saat mengetahui anaknya hilang dan belum ditemukan. JS Khairen memberikan dukungannya layaknya netizen lainnya yang ikut bersimpati dan mendoakan Eril agar segera mendapatkan kabar baik.

Seperti yang jadiberita.com lansir melalui akun Instagramnya, Rabu, 1 Juni 2022, berikut adalah tulisan yang viral kemudian mendapatkan banyak respon positif dari para netizen.

BACA JUGA: Banyak yang bertanya soal nasib Eril, Ini jawaban Mbah Mijan

Tangis paling mengerikan adalah tangis tak bersuara seorang ayah.

Tangannya menyentuh permukaan sungai nan dingin itu. Di dalam hati, ia berteriak. Semoga sentuhan barusan merambat sampai ke anaknya, yang entah berada di mana sekarang. Semoga, sentuhan itu memberi pesan.

Ia coba lihat-lihat ke dasar sungai. Namun yang terlihat malah hal lain; bayangan saat ia menggendong sang putra pertama kali. Saat hari pertama ia mengantarkannya ke sekolah. Juga saat bersorak bangga saat anaknya lulus.

Masih ia percik-percikkan permukaan sungai itu. Mungkin jika boleh bertanya, ia akan bertanya.

“Di mana anakku, sungai? Tenggelamkah? Di ujung sana menanti kedinginan kah? Sudah menepi? Terduduk di rumah seseorang sambil pengobatan cidera kah? Sungai, tolong beri tahu.”

Pria topi bundar itu runtuh. Setiap hari, jutaan ayah, jutaan orang, jutaan anak, juga khawatir dan ikut berdoa diam-diam untuk mereka. Barang kali kalau boleh ikut terjun ke sana, akan ada banyak ayah yang siap ikut terjun membantu.

Hai sungai yang dingin, tak cukup hangatkah doa yang kami kirim? Yang tiap buka gawai, entah bagaimana secara insting terus mencari berita Eril, Eril, Eril.

Gak kenal Eril, gak terlalu sering ngikutin Kang Emil. Namun beberapa hari belakangan, ada banyak orang yang secara tulus berdoa agar ia segera ditemukan. Tidak cukup hangatkah itu, wahai sungai?

Broadcaster of daily happines, begitu tulisan di bio IG si pria topi bundar. Kurang lebih maknanya adalah, sang penyiar kebahagiaan. Namun, beberapa hari ini ia tengah bersedih. Melihatnya bersedih, kita ikut-ikutan remuk.

Sungai, jika tangis diam-diam seorang ayah adalah tangis paling menakutkan, maka cukupkah tangis dan doa kami, supaya kau menghangat dan mereda? Tolong beritahu ia di mana.

Salam, J.S. Khairen, seorang ayah.

BACA JUGA: Atalia Ibunda Eril: Tugasku hanya membekali dan mendoakan agar engkau siap dengan segala takdirmu itu

Tulisan JS Khairen lahir pada saat ia jauh dengan anak-anaknya
Via IG @js_khairen

Tulisan JS Khairen lahir pada saat ia jauh dengan anak-anaknya

Masih didalam postingan yang sama, JS Khairen juga sempat menuliskan pesan di dalam kolom komentarnya. Disana ia mengatakan bahwa tulisan yang ia buat sempat ia tahan untuk menyelesaikannya berharap ada kabar baik dari Eril.

“Sy menahan2 nulis ini. Sejak kejadian, aduh, setiap buka ponsel, selalu menyempatkan nyari update berita tentang Eril. Berharap ada kabar baik”, ungkap JS Khairen

JS Khairen pun tentunya mengingat anak laki-lakinya dirumah. Sementara tulisan ini lahir pada saat ia jauh dari anak-anaknya.

“Yg sy lakukan pas pertama kali pas baca beritanya adalah; meluk bocil laki2 di rumah. Tulisan ini lahir, saat hari ini sy lagi jauh dr anak2. Baru mendarat di JKT kemarin utk urusan tanda tangan dan cetak ulang bbrp novel sy”, tambah JS Khairen.

Lalu ia pun mengaku bahwa ia tidak kenal dengan Ridwan Kamil. Tapi ada perasaan khawatir sebagai seorang ayah. Dan berharap segera mendapatkan jawaban atas doa dan upaya yang sudah dilakukan.

“Gak kenal kang Emil, gak terlalu sering ngikutin jg medsosnya, tapi entah mengapa kuat bgt khawatir yg muncul. Kang, semoga doa2 kami, dan upaya2 yg dilakukan, bisa segera memberi jawaban”, tulis JS Khairen.

Netizen pun ikut merasakan apa yang dirasakan Ridwan Kamil

Postingan dari JS Khairen sontak mendapatkan respon yang cukup banyak dari Netizen. Menurut pantauan jadiberita.com, ada sebagian netizen yang menuliskan perasaan sedih saat membaca tulisan itu.

“Ya allah nangisss banget baca tulisaanmu bang ditambah fto pak emil yg tertunduk itu… ya allah permudahkan la setiap hal ygbsulit bagi kami”, tulis akun @ingedewik

Komentar yang kurang lebih senada juga disampaikan oleh seorang netizen yang juga turut merasakan kesedihan keluarga Eril.

“Ya Allah, nangis bombay baca ini tulisan yg sangat mengena di hati dan membangkitkan memori akan almarhum ayah semoga a eril segera ditemukan. Aamiin”, tulis akun @suci.nilasari

BACA JUGA: Mbak Rara: Boleh percaya boleh tidak sosok yg dicari mas Eril sudah kembali ke alam semesta-Nya

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.