5 Jurusan Kuliah untuk Bisnis Online yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik Kamu

Jurusan Kuliah untuk Bisnis Online 1

Jurusan kuliah untuk bisnis online merupakan daftar jurusan di bangku perkuliahan yang dinilai cocok dalam usaha online. Hal ini karena ilmu yang didapatkan dari belajar dalam jurusan tersebut bermanfaat ketika terjun dalam model usaha satu ini.

Pada dasarnya, usaha menjadi salah satu titik tumpu ekonomi bagi semua orang yang perlu dilakukan sejak dini. Meski demikian, di era kemajuan teknologi seperti sekarang perlunya individu profesional. Di mana pihaknya memiliki basic dalam bisnis digital.

Tentunya hal ini penting di era ketatnya persaingan usaha online saat ini. Sedangkan jika kamu paham dan memiliki pengetahuan lebih banyak dibandingkan orang lain. Maka besar sekali peluang sukses yang bisa diperoleh.

Daftar Jurusan Kuliah untuk Bisnis Online untuk Diketahui

Jurusan Kuliah untuk Bisnis Online
Ilustrasi lulus kuliah (Foto: www.pexels.com)

Pada dasarnya seseorang mencari jurusan di bangku perkuliahan akan disesuaikan dengan minat serta bakatnya. Meski demikian, belum banyak orang mengetahui bahwa terdapat peluang pada beberapa prodi tertentu untuk terjun dalam bisnis digital.

BACA JUGA: 10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Akan Laris di Tahun 2023

Sebab, pada dasarnya saat inii untuk bisa menjalankan usaha online tidak selalu orang yang mengambil bidang teknologi dan komputer. Di bawah ini adalah beberapa jurusan kuliah untuk bisnis online, yang bisa diketahui, yaitu:

1. Program Studi Ilmu Komputer dan Teknologi

Usaha ini sangat erat kaitannya dengan industri digital, yang juga sering dikatkan dengan bahasa program. Sehingga bagi kamu yang hendak terjun pada bidang bisnis ini pilihan program studi tersebut bisa menjadi pilihan.

Selain itu terdapat beberapa jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan prodi tersebut seperti teknologi informasi dan teknik informatika. Selain itu ada juga sistem informasi, ilmu komputer serta teknik komputer.

Daftar jurusan tersebut menjadi salah satu pilihan jurusan kuliah untuk bisnis online yang bisa kamu ambil. Di sini mahasiswa akan diajari banyak hal seputar bahasa pemrograman dan modal untuk berkarir di bidang digital.

2. Program Studi Ilmu Bisnis

Saat ingin menjalankan bisnis tentu saja belajar mengenai hal tersebut menjadi pilihan utama. Sehingga pilihan prodi tersebut dapat kamu ambil jika ingin berkarir dalam bidang bisnis. Hal tersebut tidak lepas dari bisnis digital maupun konvensional.

Di sini individu akan diberikan bekal cukup banyak sesuai bidang tersebut. banyak sekali ilmu yang bisa kamu dapatkan salah satunya adalah pengetahuan tentang usaha berbasis digital. Setiap orang bisa juga memilih beberapa contoh jalur linier dengan bidang tersebut.

Jurusan kuliah untuk bisnis online dalam bidang ini seperti manajemen bisnis, pemasaran digital, dan bisnis digital. Ilmu yang diperoleh di sini bisa dimanfaatkan untuk penentuan target market, analisis pasar, pengembangan strategi, dan harga produk.

3. Program Studi Statistika dan Matematika Bisnis

Data merupakan salah satu poin penting dalam berbagai hal salah satunya adalah usaha secara online atau digital. Keberadaan data dilengkapi dengan sistem pengolahan mampu memberikan informasi terbaik dalam pengembangan strategi bisnis.

Bukan hanya itu saja, di sini perusahaan juga mampu meningkatkan operasionalnya melalui data tersebut. Maka dari itu prodi pada poin ketiga ini sangatlah bermanfaat dalam usaha online. 

Sebab prodi matematika bisnis dan statistika akan berguna bagi perusahaan dalam melakukan analisis data. Selain itu ilmu yang didapatkan juga sampai pada tahapan analisis pada dinamika pasar secara digital.

4. Prodi Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah untuk bisnis online selanjutnya adalah Ilkom atau Ilmu Komunikasi. Sebab di sini mahasiswa tidak hanya diajarkan cara sosialisasi dan berbincang dengan orang lain secara baik. Namun tiap orang juga akan belajar tentang pembuatan perencanaan.

Bukan hanya itu saja di sini terdapat banyak sekali ilmu yang bisa diperoleh. Beberapa di antaranya adalah penyajian konten, penentuan target pasar dan metode marketing terbaik. Maka dari itu tentu saja jurusan satu ini sangatlah penting.

Sebab tidak hanya berfokus pada kemampuan komunikasi secara baik. Namun di sini perusahaan juga dapat melakukan penyampaian produk kepada konsumen secara kreatif dan tepat sasaran.

5. Prodi (DKV) Desain Komunikasi Visual

Program studi ini merupakan ujung tombak dalam kelancaran sebuah usaha online. Sebab individu dengan jurusan ini dapat melakukan pengemasan konten dan konsep dalam wujud visual dan kreatif.

Sehingga kreativitas dan sisi menarik tersebut dapat menarik perhatian konsumen dengan tepat. Tentu saja tujuan lanjutan setelahnya adalah agar konsumen tertarik dan memutuskan untuk melakukan pembelian.

Selain beberapa prodi di atas tentunya masih ada jurusan lain yang bisa terjun dalam bidang ini. Namun pastinya jurusan kuliah untuk bisnis online memiliki kontribusi besar dalam bidang tersebut.

BACA JUGA: 5 Daftar Bisnis Online Sampingan Tahun 2023 Cuma Pakai HP