spot_img
spot_img
BerandaTahukah KamuJangan Disepelekan, Ini Arti Warna Bendera yang Kamu Lihat di Pantai

Jangan Disepelekan, Ini Arti Warna Bendera yang Kamu Lihat di Pantai

Berlibur di pantai merupakan salah satu tempat favorit saat kita berwisata. Namun masih banyak orang yang belum tahu bahwa ada beberapa tanda-tanda yang di pasang oleh petugas pantai ternyata menyimpan informasi penting untuk kamu.

Salah satunya adalah warna bendera yang sering kamu lihat di pantai. Ada beberapa warna bendera yang mungkin tidak kamu perhatikan saat asyik berenang di pantai, namun warna tersebut menunjukkan tingkat keamanan laut yang berbeda dan menyimpan informasi penting.

Seperti beberapa artikel yang jadiberita.com dapatkan dari berbagai sumber, ada warna bendera yang paling sering kamu temukan di pantai yakni bendera warna hijau dan merah. Namun ada juga warna ungu yang memiliki pesan tertentu jarang orang tahu.

Apa arti bendera ungu di pantai?

Jika kamu melihat bendera ungu di pantai, itu adalah indikasi bahwa ada hama laut di dalam air. Hama-hama ini termasuk ubur-ubur, pari, dan berbagai ikan berbahaya lainnya.

Meskipun bendera ungu tidak secara langsung melarang kamu untuk berenang di laut, bendera tersebut mengindikasikan bahwa siapa pun yang memasuki air perlu berhati-hati dan tetap waspada terhadap hewan laut yang berbahaya.

BACA JUGA: Kenapa Bendera Putih Identik dengan Menyerah?

Arti warna bendera lainnya selain ungu?

Selain bendera ungu di pantai, ada warna bendera pantai lain yang perlu diperhatikan. Warna bendera pantai lainnya mungkin tidak selalu menunjukkan kehadiran hama laut, tetapi warna-warna itu menunjukkan tingkat bahaya di laut.

Berikut ini adalah arti setiap warna bendera pantai:

1. Warna Kuning

yellow beach warning flag large
Warna Kuning

Bendera kuning berarti ombak menimbulkan bahaya sedang. Ini bisa berarti saat itu kondisi pantai berombak, terdapat ombak besar, atau mungkin terdapat arus balik yang kecil. Pada kondisi bendera kuning disarankan anak-anak dalam pengawasan orang dewasa sepanjang waktu dan selalu kenakan pelampung keselamatan.

Bendera kuning umumnya merupakan jenis bendera yang paling sering terlihat. Disarankan agar kamu mengambil tindakan pencegahan sebelum berenang di pantai dengan bendera kuning.

2. Warna Merah

red beach warning flag large
Warna Merah

Bendera merah menunjukkan bahwa ombak sangat berbahaya. Ini merupakan tanda di pantai tersebut ada ombak besar, arus balik yang kuat, atau kondisi berbahaya lainnya.

Kamu sebaiknya tidak memasuki laut dalam kondisi bendera merah kecuali kamu adalah perenang berpengalaman.

Jangan berenang bersama anak-anak, dan selalu berenang dengan teman jika kamu benar-benar harus masuk ke air dalam kondisi bendera merah.

3. Warna Merah Dobel

warna merah dobel
Warna Merah Dobel

Bendera merah dobel adalah tanda bahaya yang sangat tinggi. Pantai tersebut tidak boleh ada seseorang berenang atau beraktifitas di atas air. Jenis bendera ini diperuntukkan untuk kondisi ombak yang paling berbahaya.

Jadi hindari masuk ke dalam air jika kamu melihat bendera merah dobel dengan alasan apapun.

4. Warna Hijau

green beach warning flag large
Warna Hijau

Bendera hijau menunjukkan adanya kondisi ombak yang tenang. Tandanya kamu bisa dengan bebas bermain, berenang atau beraktifitas di pantai.

Dalam kondisi bendera hijau, jika tidak ada bendera lain yang terpasang, itu berarti aman untuk menggunakan papan selancar, dan segala jenis peralatan olahraga air lainnya.

5. Warna Merah & Kuning

red over yellow beach flag large
Warna Merah & Kuning

Bendera merah di atas bendera kuning tidak berarti ada bahaya tinggi. Sebenarnya, bendera ini mewakili sesuatu yang meningkatkan keamanan kamu di pantai. Bendera merah di atas bendera kuning menandakan area renang yang direkomendasikan dengan pengawasan penjaga pantai.

6. Warna Hitam & Putih

beach flag black and white large
Warna Hitam & Putih

Bendera berwarna hitam dan putih yang kamu temukan di pantai adalah untuk memberitahukan bahwa wilayah ini untuk penggunaan perahu atau alat transportasi di air, bukan untuk berenang.

Area ini secara khusus diperuntukkan untuk olahraga selancar. Kondisinya sangat cocok untuk selancar, dan bendera tersebut menandakan agar orang yang bukan peselancar tetap menjauh dari area tersebut, untuk menjaga keselamatan peselancar dan pengunjung pantai.

Penutup

Makna bendera ini digunakan di seluruh dunia untuk membantu pengunjung pantai menentukan keamanan air secara global. Bahkan, Federasi Penyelamatan Internasional menetapkan pedoman internasional mengenai bendera pantai pada tahun 2004. Semua bendera dan pedoman ini membantu kamu untuk mendapatkan informasi terkini tentang kondisi di pantai tersebut.

Sekarang setelah kamu mengetahui aturan dan makna bendera diatas, perhatikan juga aturan keselamatan pantai lainnya yang dapat menyelamatkan nyawa kamu baik di dalam dan di luar pantai.

Dan, setelah membaca artikel ini, kamu tidak perlu khawatir lagi saat bermain di pantai.

BACA JUGA: Berkunjung ke 5 Pantai di Papua yang Eksotis dan Menakjubkan

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.
Trending
close