STORY: Kisah Wanita Indonesia Terjebak Jadi Budak Seks di AS


Akhir-akhir ini banyak tawaran kerja ke Amerika Serikat atau AS dengan gaji yang menggiurkan, namun ternyata berujung penipuan. Penipuan semacam ini tak hanya menimpa mereka yang tak berpendidikan, tapi juga seorang wanita cerdas.

Salah satu orang Indonesia yang mengalami penipuan kerja semacam itu adalah Shandra Woworuntu, yang menjadi seorang budak seks di AS tahun 2001 lalu.

Sebelum berangkat ke AS, Shandra berprofesi sebagai analis keuangan di sebuah bank di Jakarta. Namun akibat krisis ekonomi di Asia, Shandra harus kehilangan pekerjaannya itu.

Beberapa saat kemudian, Shandra menemukan lowongan kerja di Chicago, AS, dan langsung tergiur. Tanpa pikir panjang, dia mengajukan lamaran, membuat visa dan berangkat ke AS.

Saat tiba di AS, bukan pekerjaan halal yang didapat, Shandra malah dipaksa bekerja sebagai pelacur dan diperlakukan seperti budak seks. Shandra yang saat itu berusia 25 tahun berpindah dari satu germo ke germo lain serta dipaksa melayani tamu di hotel-hotel dan kasino.

Dilansir Merdeka, Minggu (2/2/2014), Shandra mengingat seorang germo bernama Johnnie Wong, warga Malaysia. Ada juga germo dari Taiwan, bahkan Amerika. Dia juga mengatakan dengan nada sedih kalau telepon dari pemesan tidak pernah berhenti. Shandra menambahkan kalau kebanyakan yang menjadi korban pelacuran ini adalah remaja.

Para korban pelacuran itu disekap dalam sebuah ruang tertutup, dan beruntung Shandra bisa melarikan diri lewat jendela kamar mandi. Dia melapor ke polisi dan FBI, tapi mereka tak percaya. Akhirnya Shandra malah jatuh ke tangan mucikari lain.

Setelah melapor ke organisasi Safe Horizon, barulah Shandra bisa diselamatkan. Safe Horizon adalah sebuah lembaga yang melindungi korban perbudakan seks dan perdagangan manusia.

Shandra, yang kini aktif menentang perbudakan seks, berharap kejadian yang menimpa dirinya ini tidak terjadi lagi pada orang lain, baik di masa  kini maupun masa depan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
30
Love
OMG OMG
20
OMG
Yaelah Yaelah
50
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
40
Keren Nih
Ngakak Ngakak
70
Ngakak